ARTIKEL

Cara Buat Antrian Pasien Klinik lebih mudah pakai Aplikasi

🕐 Baca 4 menit

Klinik adalah salah satu penyedia layanan kesehatan yang menggunakan jasa tenaga kesehatan. Pelayanan kesehatan bisa dianggap baik apabila infrastruktur serta pelayanan bisa membuat pasien merasa puas saat berobat ke klinik.

Untuk bisa mendapatkan pelayanan dari klinik, biasanya pasien harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, kemudian nantinya pastien akan mendapatkan nomor antrian.

Selanjutnya, petugas akan memanggil pasien berdasarkan nomor urut antrian yang telah diberikan pada waktu pendaftaran awal tadi.

Cara Membuat Antrian Pasien jadi lebih mudah

Seiring dengan berjalannya waktu, proses pendaftaran antrian pasien bisa menjadi lebih mudah dan minim dari kesalahan. Adapun cara yang dimaksud adalah dengan menggunakan 'Aplikasi Klinik'.

Aplikasi klinik sendiri merupakan sebuah program yang biasa digunakan dalam klinik modern untuk mempermudah pengelolaan.

Sistem antrian pasien di klinik modern dipercaya bisa memudahkan petugas kesehatan dalam memanggil pasien.

Tak hanya itu saja, sistem ini juga membuat kesalahan yang mungkin saja terjadi dalam proses antrian pasien bisa dihindari. Kemudian juga ada data yang bisa dikumpulkan karena nomor antrian pasien dicatat ke dalam sebuah platform khusus.

Nanti pemilik bisa mengetahui data-data yang mungkin saja bermanfaat agar memiliki informasi seputar jumlah pasien yang datang. Pengembangan sistem pun nantinya akan terus dilakukan dengan tujuan agar pendaftaran antrian pasien bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Manfaat Antrian Pasien di Aplikasi Klinik

Apa sih perbedaan antara pendaftaran antrian pasien yang manual dan aplikasi? Tentu saja akan ada banyak sekali kemudahan yang didapatkan ketika Anda menggunakan aplikasi klinik.

Misalnya adalah seperti:

1. Data Antrian

Pada tahap ini yang termasuk diantaranya adalah waktu kedatangan dari pasien ke klinik. Anda bisa mengetahui waktu kedatangan pasien sehingga mungkin saja bisa menetapkan jadwal-jadwal praktik agar bisa lebih efektif.

Jadwal praktik juga bisa dimanfaatkan sebagai strategi untuk mengatur daftar antrean agar pasien tidak berkumpul secara serentak di waktu yang sama.

Tentu saja aplikasi klinik pun pasti tidak akan mampu menahan laju antrian apabila pasien yang datang terlalu banyak.

2. Data User

Di sini merupakan pendataan informasi dasar dari pasien yang didapatkan saat pertama datang ke klinik sebagai data pasien.

Ketika dua kali datang dan seterusnya maka pasien tersebut sudah mempunyai data dan tentu saja tidak perlu lagi melakukan pendaftaran atau wawancara ulang untuk data pribadi pasien.

Nantinya pasien tersebut hanya perlu menunggu setelah melakukan pendaftaran tanpa banyak proses yang harus dilewatinya.

3. Laporan Kunjungan

Pada tahap ini Anda bisa membuat laporan kunjungan yang bisa dijadikan komparasi berdasarkan data yang sudah dikumpulkan.

Berdasarkan data antrian dan data user yang telah didapatkan, Anda bisa mengetahui sejumlah fakta-fakta mengenai pasien yang datang ke klinik.

Berdasarkan laporan ini, Anda dapat membuat strategi atau solusi atas masalah-masalah yang mungkin telah, sedang, atau akan dihadapi

Antrian Pasien di klinik
Antrian Pasien di klinik

Antrian

Pertama-tama mungkin Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu tentang antrian yang bisa terjadi lantaran disebabkan oleh ketidakmampuan pelayanan klinik sehingga pasien harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan.

Tapi dengan adanya antrian ini, pasien juga akan dipanggil berdasarkan dengan nomor antrian yang telah didapatkan hingga membuat kegiatan klinik bisa berlangsung dengan teratur.

Sistem antrian pasien yang dilakukan dengan cepat sangat penting karena bila ada penumpukkan pasien juga bisa menyebabkan terjadinya penularan penyakit antara pasien yang menunggu di satu tempat atau ruangan.

Kalau antrian pasien menumpuk, maka bisa dipastikan Anda pasti membutuhkan tempat atau ruangan yang lebih besar untuk dijadikan tempat menunggu pasien.

Jadwal Dokter

Berdasarkan informasi yang didapatkan, ternyata informasi mengenai jadwal dokter juga berpengaruh besar pada jumlah antrian pesian.

Dengan begini, para pasien bisa menentukan waktu yang mungkin dianggap paling baik untuk dirinya. Tentu saja apabila penyakit yang diderita bukan sesuatu yang urgent.

Biasanya pasien yang sudah mempunyai langganan akan memiliki waktu kedatangan sendiri dengan berdasarkan pengalaman saat berkunjung ke klinik.

Selain itu juga mungkin Anda bisa menambah jadwal praktik apabila memang jumlah pasien yang tidak terkendali kalau Anda hanya membuka jadwal praktik seperti sekarang ini.

Hubungan antara Antrian dan Pelayanan Pasien

Pelayanan yang prima dari klinik tentu saja akan berkaitan erat dengan antrian pasien. Fase ini merupakan awal sebelum pasien mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter di klinik.

Semakin cepat pelayanan antrian pasti akan membuat pasien merasa puas karena menganggap bahwa mereka telah mendapatkan prioritas di klinik.

Proses-proses yang mungkin dulunya masih manual dan merepotkan, kini sudah tidak lagi karena terbantu oleh fitur yang disediakan oleh aplikasi klinik.

Antrian pasien dengan menggunakan aplikasi juga turut membantu dokter untuk memberikan pelayanan yang baik. Data-data awal pasien yang didapatkan tidak perlu lagi dipertanyakan oleh dokter yang tentu saja bisa menghemat waktu serta memaksimalkan pada tahap selanjutnya, yaitu pemeriksaan, diagnosa dan penanganan yang diperlukan.

Selanjutnya, apa sih rekomendasi untuk aplikasi klinik yang bisa memenuhi kebutuhan dari klinik terutama dari aspek antrian pasien. Coba deh baca rekomendasi di bawah ini!

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

Aplikasi Klinik Berbasis Web, Sempat Banyak Digunakan Tapi sekarang?
Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik Berbasis Web, Sempat Banyak Digunakan Tapi sekarang?
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Aplikasi Klinik
8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.