ARTIKEL

Penyederhanaan Aplikasi untuk Fasilitas Layanan Kesehatan

🕐 Baca 7 menit📅 10 June 2022 04:34

Digitalisasi dari pelayanan kesehatan mempunyai tujuan agar memudahkan masyarakat di dalam mendapatkan layanan publik dari pemerintah untuk perawatan serta pengobatan penyakitnya.

Meskipun tidak semua berasal dari pemerintah secara langsung, karena ada juga pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh swasta. Namun, tetap saja semua mengikuti regulasi atau persyaratan yang ditetapkan dari pemerintah.

Persaingan yang terjadi antara pelayanan kesehatan nasional dan swasta juga menjadi salah satu tolak ukur yang paling mudah untuk dilihat.

Ketika ada layanan kesehatan nasional yang dianggap tidak begitu baik jika dibandingkan dengan swasta, maka pihak dari pemerintah pasti akan dengan segera melakukan perubahan agar masyarakat tidak banyak yang beralih ke pihak swasta.

Begitu juga dengan pihak layanan kesehatan swasta yang terus melakukan inovasi agar tetap bisa bersaing dengan layanan kesehatan nasional.

Persaingan yang sehat diantara mereka akan menimbulkan perbaikan yang sangat baik terhadap pelayanan, perawatan serta penanganan pengobatan pasien. Ini merupakan hal yang positif, bukan?

Transformasi Digital

Penyederhanaan aplikasi kesehatan bukan berarti membuat sebuah program yang sederhana, melainkan ada banyak hal yang sebelumnya dilakukan dengan merepotkan, namun dengan menggunakan sebuah aplikasi, hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Masyarakat yang datang ke sebuah layanan kesehatan akan merasa mendapatkan penanganan yang lebih baik. Karyawan atau tenaga kesehatan yang bertugas juga bisa mendapat kenyamanan dalam bekerja.

Proses pelayanan pun bisa dilakukan dengan efisien dan efektif. Tidak hanya waktu pelayanan yang dapat dipangkas, tetapi ketepatan dalam memberikan layanan juga akan meningkat.

Pendaftaran pasien yang dulunya sangat merepotkan dan banyak celah-celah yang tidak diinginkan, sekarang bisa teratasi dengan menggunakan aplikasi yang dirancang untuk bisa mencegah serta mengatasi masalah pendaftaran.

Antrian pasien tidak lagi harus dilakukan secara manual yang tentu saja sudah ketinggalan jaman karena bukan proses yang ideal.

Pasien juga dengan sangat mudah untuk mengetahui jadwal dokter yang praktik hingga memberikan kritik dan saran kepada pihak pelayanan kesehatan. Semua dapat dilakukan dengan mudah hanya lewat aplikasi.

Selain itu untuk aplikasi yang dipakai juga memprioritaskan transparansi hingga tidak banyak lagi celah yang bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Pasien bahkan juga bisa memeriksa hingga ketersediaan kamar jika memang layanan kesehatan tersebut menyediakan rawat inap. Jadi pihak dari penyedia layanan kesehatan tidak bisa lagi bermain di sini.

Setelah mendapatkan pelayanan kesehatan, pasien juga bisa tenang karena riwayat pemeriksaan telah didata dan disimpan ke dalam server yang aman.

Pasien bisa datang kembali ke tempat layanan kesehatan tersebut tanpa harus melakukan pendaftaran ulang atau takut berkasnya tertukar dengan pasien lain. Proses membuka riwayat pemeriksaan juga menjadi sangat mudah dengan sistem terbarukan ini.

Riwayat tersebut juga sudah termasuk diagnosa, penanganan, hingga pemberian resep obat yang diberikan oleh dokter. Jadi kalau pasien membutuhkan data tentang riwayat pemberian resep obat dari dokter, tidak perlu repot lagi ketika resep fisiknya hilang.

Pasien dapat secara mudah menanyakan langsung ke pihak pelayanan kesehatan terkait mengenai obat yang diberikan. Mungkin nanti pasien hanya perlu memberikan informasi yang dibutuhkan agar tidak salah memberikan informasi.

Penciptaan aplikasi ini dilakukan karena ada banyak sekali protes dari pasien yang harus melakukan antre untuk melakukan pendaftaran di tempat sebelum bisa bertemu dengan dokter.

Proses antre yang panjang bukan lagi menjadi budaya yang harusnya dipertahankan, kita harus mengubahnya. Tentu saja tetap mengacu pada disiplin utama dari antrean, tidak boleh 'menyelak' antrean.

Jangan salah persepsi tentang prinsip antrean yang ada di aplikasi bukan memberikan kesempatan untuk orang bisa mengambil daftar antrean yang lebih duluan. Melainkan mengurangi proses antrean pendaftaran di tempat dalam satu ruangan hingga membuat sesak dan membuang waktu.

Pasien bisa mendapatkan nomor antrean tanpa harus berlama-lama menunggu di satu ruangan karena juga dapat memperkirakan kapan gilirannya akan dipanggil untuk mendapatkan perawatan oleh dokter.

Ketika pasien memang terlewati dalam daftar antreannya juga biasanya pihak dari pelayanan kesehatan punya kebijakan untuk menunda pasien yang terlambat itu sebanyak 2 kali nama antrean. Jadi pasien tersebut akan dipanggil setelah ada 2 pasien yang dipanggil sesuai urutan, lalu Ia akan dipanggil.

Apalagi saat menggunakan asuransi BPJS Kesehatan maka untuk pendaftaran pasien bisa dipastikan bakal semakin lama karena prosesnya yang memang agak berbeda.

Hal ini juga bisa dipangkas oleh penggunaan aplikasi yang sudah terintegrasi langsung dengan kantor BPJS Kesehatan. Jadi semuanya bisa terlaksana dengan baik hanya dengan menggunakan satu aplikasi yang canggih

Aplikasi ini akan menjadi jembatan data pasien mulai dari identitas pribadi, fasilitas layanan kesehatan hingga kantor BJPS Kesehatan.

Pelayanan yang cepat dari fasilitas layanan kesehatan akan berdampak bukan hanya pada proses yang efieisn saja, tetapi juga diharapkan bisa membantu penyembuhan pasien. Penanganan yang lebih cepat tentu saja akan membuat penyakit pasien bisa terobati dengan lebih cepat.

Ketepatan dalam penanganan pengobatan juga menjadi terbantu dengan penggunaan aplikasi layanan kesehatan ini. Petugas akan mudah melakukan diagnosa, mencatat, dan hal lainnya yang dibutuhkan.

Sekarang juga telah banyak sekali fasilitas layanan kesehatan yang menggunakan aplikasi untuk bisa meningkatkan pelayanan mereka. Kalau dulu mungkin hal seperti ini masih tabu karena persiapan dan konektivitas yang sangat terbatas, sekarang semua telah berubah dan bisa dinyatakan siap.

Ketika ada tempat layanan kesehatan yang masih belum menggunakan aplikasi, maka bisa dipastikan bahwa tempat tersebut akan ditinggal oleh sebagian besar pasien.

Meningkatkan Jumlah Pasien

Bukan hanya sebatas omongan belaka, fasilitas layanan kesehatan yang menggunakan aplikasi dalam sistem pengelolaannya lebih dipercaya oleh pasien.

Dengan kemudahan yang telah diberikan oleh layanan kesehatan, kunjungan pasien pun meningkat karena memang mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh tempat layanan kesehatan yang menggunakan aplikasi.

Pasien merasa lebih nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan karena bukan hanya efisien saja, tetapi juga efektif. Semua hal yang ingin dilakukan terasa jadi jauh lebih mudah tanpa harus banyak proses yang dilalui.

Apalagi mengingat setelah kejadian pandemi virus covid-19 kemarin. Semakin banyak pasien yang selalu mengutamakan kecanggihan teknologi kesehatan.

Mereka lebih memilih untuk melakukan banyak hal lewat jarak jauh, instan, dan tentu saja tidak merepotkan karena harus selalu bergantung pada fisik.

Keberhasilan penggunaan aplikasi juga tidak hanya sebatas wacana saja tetapi saat ini sudah memasuki tahap pelaksanaan dan pengembangan.

Semakin hari akan ada pengembangan yang dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien agar mereka semakin puas.

Jadi buat Anda yang mempunyai fasilitas layanan kesehatan, berupa klinik ataupun rumah sakit, alangkah baiknya bisa memilih aplikasi yang tepat.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Klinik

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Berapa tarif pemasangan aplikasi klinik?

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Aplikasi Klinik Modern
Aplikasi Klinik Modern

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Aplikasi Klinik
8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Diterbitkan: 10 August 2022 16:11
Akreditasi Klinik Sesuai dengan Surat Edaran Menkes
Aplikasi Klinik
Akreditasi Klinik Sesuai dengan Surat Edaran Menkes
Diterbitkan: 27 February 2022 16:00
Aplikasi Klinik Berbasis Web, Sempat Banyak Digunakan Tapi sekarang?
Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik Berbasis Web, Sempat Banyak Digunakan Tapi sekarang?
Diterbitkan: 03 June 2022 09:04

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.