ARTIKEL

Aplikasi Laboratorium Klinik untuk Hasil Tes Lebih Cepat

🕐 Baca 6 menit

Tidak hanya berupa aplikasi untuk mengelola sistem dan manajemen klinik saja, tapi aplikasi yang bagus juga termasuk menyediakan fitur untuk manajemen laboratorium klinik.

Aplikasi yang akan direkomendasikan di sini bisa memudahkan untuk pengelolaan sistem administrasi dan manejemen data-data yang keluar-masuk di laboratorium sehingga membuat pemilik klinik menjadi sangat terbantu saat menggunakan aplikasi laboratorium klinik.

Sistem administrasi dan manajemen yang ada dikelola berdasarkan dengan data dan informasi yang diinput serta mengeluarkan hasil sesuai pada kebutuhan pasien.

Fitur di dalam aplikasi laboratorium klinik dirancang khusus untuk mempermudah pengguna agar bisa melakukan pengisian data dengan cepat dan tepat. Automasi juga diterapkan dalam setiap proses pengisian data.

Fitur Unggulan Aplikasi Laboratorium Klinik

Terdapat beberapa hal mengenai keunggulan dari aplikasi lab yang memenuhi standar untuk Anda gunakan. Adapun diantaranya seperti konektifitas yang sudah dipersiapkan secara matang, keamanan data yang terjamin, pembuatan laporan yang mudah dilakukan, dan lainnya.

Di dalam fitur yang tersedia itu juga memiliki sejumlah sub-fitur yang harus diperhatikan agar bisa memberikan kemudahan yang diinginkan oleh pengguna.

Mungkin selanjutnya bisa menyimak beberapa penjelasan di bawah ini!

1. Konektifitas

Aplikasi laboratorium klinik yang baik wajib memiliki sistem penggunaan 'multi-user'. Kemudian untuk data server juga dapat diakses lewat LAN (internet) sehingga pemilik otoritas bisa menggunakannya dari jarak jauh.

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan secara langsung 'on-site' di lokasi pasien. Entri data pun dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi terlebih dahulu ke server (checkup on-site).

Setelah proses checkup on-site selesai, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi data di kantor.

Hasil pemeriksaan akan menjadi lebih cepat dikeluarkan karena menggunakan Interfacing Ready, yaitu penghubungan dengan instrumen laboratorium lewat koneksi via TCP/IP dengan protokol HL7 dan via Export File. Tak hanya cepat, cara ini juga bisa menghindari kesalahan yang mungkin saja terjadi.

2.Data Master

Keunggulan lanjutan aplikasi laboratorium klinik adalah data pemeriksaan dan nilai rujukan yang telah tersedia dengan sejumlah item. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengisi satu-persatu secara manual.

Namun, Anda tetap bisa menambah item-item lain jika memang dibutuhkan. Aplikasi tidak akan memberi batasan untuk penambahan item atau bahkan menghapusnya.

Data yang ada juga telah dikategorikan berdasar dengan kelompok dan sub-kelompoknya. Terdapat kode khusus yang secara otomatis bisa digenerate berdasarkan urutan kelompok dan sub-kelompoknya. Pengguna juga bisa mengganti kode-kode tersebut sesuka hati.

Data tambahan berupa metode pemeriksaan, sample atau bahan tes, laboratorium rujukan juga bisa dimasukkan secara tersusun.

Nilai Normal atau Nilai Rujukan dimasukkan berdasar kriteria Umur dan Jenis Kelamin Pasien. Anda juga bisa menginput beberapa variasi untuk umur dan jenis kelamin. Aplikasi akan secara otomatis memilih yang sesuai dengan kriteria itu di dalam pemeriksaan.

Data untuk harga bisa terdiri dari satu data ataupun dari beberapa data. Bahkan, Anda juga bisa mengisi data harga dari kombinasinya. Lalu juga ada fitur untuk 'Fee Analis' guna mendefinisikan fee untuk para analis jika dibutuhkan.

3. Proses

Selanjutnya kita akan masuk kepada proses mulai dari pendaftaran, pemeriksaan dan hasil tes dari laboratorium klinik. Di dalam aplikasi, data yang disajikan akan berbentuk 'explore' hingga sangat mudah untuk dipakai oleh pengguna dalam mengelola data tersebut.

Mengenai printout terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu printout pendaftaran (nota pemeriksaan dan label sample test), printout pembayaran (kwitansi dan bukti pelunasan), dan printout hasil test (berbentuk angka/karakter/memo).

Sedangkan untuk entri hasil test bisa berdasarkan nomor laboratorium, kode test, kelompok test, sub kelompok test dan laboratorium rujukan.

Ada pilihan untuk Cetak Lembar Kerja yang dapat memudahkan analis bisa mengetahui test apa saja yang tersedia untuk periode nomor laboratorium tertentu.

Retur pemeriksaan bisa dilakukan dengan sangat mudah, tetapi menggunakan keamanan yang maksimal. Selain itu juga bisa melakukan pembayaran untuk beberapa pasien sekaligus.

4. Pendataan

Data dikelompokan dengan area alamat, pendidikan, dan jenis pekerjaan hingga memudahkan bagian pemasaran untuk menganalisa pasien berdasarkan kategori.

Pengisian umur pasien bisa berdasarkan tanggal lahir atau memasukkan usianya kemudian aplikasi akan menghitungnya secara otomatis untuk mengetahui tangga lahirnya

Aplikasi juga mempunyai fitur untuk mencetak ID Card pasien.

5. Laporan

Secara keseluruhan, laporan bisa dikirimkan lewat email secara langsung ke alamat email yang sudah ditentukan. Jadi untuk pemilik bisa mendapatkan laporan via email.

Selain itu hasil test dari pasien juga bisa dikirimkan lewat email ke pasien tersebut.

Modul Aplikasi Laboratorium Klinik

Berikut ini adalah beberapa modul untuk aplikasi laboratorium klinik yang biasanya tersedia, yaitu:

  • Data referensi yang berisikan data-data tentang entri data sehingga tak terjadi penulisan data berulang
  • Data pasien yang secara lengkap tercatat di dalam database hingga memudahkan penggunaan selanjutnya
  • Data dokter yang bertanggungjawab
  • Data admin atau pengguna
  • Data Master untuk Test dan Harga
  • Transaksi pemeriksaan yang sudah didasarkan data sebelumnya
  • Transaksi Entri Hasil Test yang disesuaikan dengan jenis hasil test
  • Manajemen user untuk memastikan pengguna aplikasi laboratorium klinik sudah dijalankan sesuai dengan kewenangannya
  • Pengguna yang mencetak laporan bisa dilihat riwayatnya
  • Back up dan restore data

Kenapa Aplikasi Klinik menjadi sangat Dibutuhkan?

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Berapa Harga Aplikasi Klinik?

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Mejadokter
Mejadokter

Mengenal lebih dekat dengan Aplikasi Meja Dokter

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Keunggulan dari Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

Aplikasi Klinik Gigi bisa Bikin Pasien Puas
Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik Gigi bisa Bikin Pasien Puas
Source Code Aplikasi Klinik, Awas Terjebak
Aplikasi Klinik
Source Code Aplikasi Klinik, Awas Terjebak
Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama yang Harus Diketahui
Aplikasi Klinik
Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama yang Harus Diketahui

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.