ARTIKEL

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama yang Harus Diketahui

🕐 Baca 4 menit

Apabila Anda merupakan seorang dokter, maka kemungkinan besar sudah mengetahui tentang adanya perbedaan antara Klinik Pratama dan Klinik Utama. Tapi ternyata masih banyak juga lho yang belum mengetahui secara jelas tentang perbedaan antara kedua jenis klinik tersebut.

Apa itu Klinik?

Pertama-tama sebelum kita masuk ke dalam pembahasan apa saja perbedaan antara klinik pratama dan klinik utama. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu klinik? Apa perbedaan antara klinik, puskesmas dan rumah sakit?

Klinik adalah sebuah tempat yang menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan perorangan. Umumnya klinik akan memberikan pelayanan medis dasar atau spesialis sesuai dengan ketersediaan tenaga medis di dalamnya.

Biasanya klinik akan dikelola oleh beberapa jenis tenaga kesehatan, yang terdiri dari perawat atau bidan dan dipimpin oleh dokter. Adapun untuk dokter yang dimaksud termasuk diantaranya dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi atau dokter gigi spesialis.

Sedangkan untuk manajemen dan pengelolaannya, klinik jaman sekarang mayoritas sudah menggunakan aplikasi klinik yang sangat mudah untuk digunakan.

Klinik Pratama dan Klinik Utama

Setelah mengetahui sedikit tentang klinik, sekarang saatnya Anda untuk mengetahui apa saja sih perbedaan antara klinik pratama dan klinik utama. Jangan sampai salah lho ya!

Perlu diketahui bahwa untuk kedua jenis klinik ini bisa dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah ataupun masyarakat pribadi.

1. Klinik Pratama

Klinik Pratama adalah sebuah klinik yang dikelola untuk menyediakan pelayanan medik dasar. Klinik Pratama bisa mengkhususkan pelayanannya pada satu bidang yang didasarkan pada disiplin ilmu, golongan umur, organ atau jenis penyakit tertentu.

Klinik Pratama dapat diselenggarakan sesuai dengan penetapan dari Menteri.

2. Klinik Utama

Setelah mengetahui tentang klinik pratama, sekarang kita akan bahas tentang klinik utama. Klinik Utama adalah klinik yang menyediakan layanan medik dasar dan spesialistik.

Kemudian untuk pelayanan kesehatan yang disediakan oleh klinik utama juga bisa meliputi, rawat jalan, rawat inap, home care dan one day care.

Persis seperti klinik pratama, klinik utama juga bisa diselenggarakan sesuai dengan adanya penetapan dari Menteri.

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Klinik Pratama hanya menyediakan pelayanan medis dasar saja, sedangkan untuk Klinik Utama meliputi pelayanan medis dasar dan spesialis

Pimpinan klinik pratama merupakan seorang dokter atau dokter gigi sedangkan untuk klinik utama dipimpin oleh dokter spesialis atau dokter gigi spesialis.

Pada klinik pratama, minimal terdiri dari 2 orang dokter atau dokter gigi sebagai tenaga medis, sedangkan untuk klinik utama minimal terdiri dari 1 orang dokter spesialis dari masing-masing spesialisasi untuk jenis pelayanan

Salah satu perbedaan selanjutnya, yaitu klinik utama diperbolehkan untuk mengangkat dokter atau dokter gigi sebagai tenaga kesehatan di pelaksanaan pelayanan medis dasar.

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama
Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Pelayanan Kesehatan Klinik Pratama

Adapun untuk salah satu contoh sejumlah pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Klinik Pratama adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan Pemeriksaan Umum
  2. Pemberian Surat Sehat
  3. Pemeriksaan Gigi
  4. Pelayanan Gawat Darurat
  5. Kesehatan Ibu dan Anak
  6. Keluarga Berencana (Suntik, implant atau IUD)
  7. Pelayanan Laboratorium (Cek darah, urin, kimia klinik)
  8. Farmasi/Apotek
  9. Inkubator
  10. Ambulance
  11. Home Visit

Apakah Klinik Pratama bisa Rawat Inap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, klinik pratama merupakan klinik yang menyediakan pelayanan medik dasar. Tapi apakah bisa untuk menyelenggarakan rawat inap?

Untuk sifat dari pelayanan kesehatan yang tersedia di klinik pratama dapat berupa rawat jalan, one day care, home care hingga rawat inap. Tapi tentu saja semua akan kembali kepada fasilitas yang dipilih oleh pemilik klinik.

Klinik pratama diperbolehkan untuk menyediakan fasilitas berupa rawat inap, namun dengan catatan bahwa untuk klinik sudah berbentuk badan usaha. Tapi semua akan tergantung dari kebijakan pemilik klinik.

Lebih lanjut, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar Klinik Pratama diperbolehkan mempunyai fasilitas rawat inap, diantaranya adalah:

  • Minimal bersedia untuk menyediakan sebanyak 5 bed, sedangkan maksimal sebanyak 10 bed
  • Lama perawatan maksimal selama 5 hari saja
  • Tenaga medis dan keperawatan juga sudah sesuai dengan jumlah serta kualifikasi
  • Adanya dapur gizi dan laboratorium klinik
  • Peralatan medis dan non-medis yang lengkap serta memenuhi standar mutu dan sesuai dengan jenis pelayanan yang akan diberikan kepada pasien
  • Peralatan medis yang dipakai juga wajib mempunyai izin edar sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan
  • Alat Kesehatan atau Alkes yang dipakai oleh klinik harus diuji serta dikalibrasi secara berkala oleh pihak institusi pengkalibrasi agar bisa mendapatkan surat kelayakan alat

Kesimpulan

Kalau disimpulkan dari beberapa penjelasan di atas. Perbedaan antara klinik pratama dan klinik utama terletak pada pelayanan dasar dan spesialis.

Kalau klinik pratama menjangkau banyak pelayanan kesehatan namun hanya bersifat medis dasar, sedangkan untuk klinik utama akan jauh lebih luas karena tak hanya memberikan pelayanan medis dasar saja, tetapi juga termasuk yang bersifat spesialis.

Sedangkan jika dilihat secara garis besar, keduanya dibedakan dengan beberapa kategori yaitu jenis pelayanan, pimpinan, perawatan hingga tenaga medis.

Aplikasi Klinik Modern
Aplikasi Klinik Modern

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Itulah tadi sejumlah perbedaan yang bisa MejaDokter.com berikan untuk klinik pratama dan klinik utama. Sekarang Anda sudah bisa memahaminya dengan jelas ya!

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Penyederhanaan Aplikasi untuk Fasilitas Layanan Kesehatan
Aplikasi Klinik
Penyederhanaan Aplikasi untuk Fasilitas Layanan Kesehatan
Aplikasi Laboratorium Klinik untuk Hasil Tes Lebih Cepat
Aplikasi Klinik
Aplikasi Laboratorium Klinik untuk Hasil Tes Lebih Cepat

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.