ARTIKEL

Jangan Tergoda Behel Murah! Ketahui Bahaya yang Mengancam

🕐 Baca 4 menit📅 07 October 2022 03:09

Persiapan untuk menggunakan kawat gigi atau behel bukan hanya sebatas kesiapan secara mental, melainkan juga harus siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Adapun biaya yang dikeluarkan juga bukan hanya tentang pemasangan saja, tetapi juga perawatan setelah pemasangan.

Kontrol yang dilakukan secara rutin selama 1 bulan atau paling lama 2 bulan sekali harus dijalankan supaya hasil dari behel bisa menjadi maksimal.

Namun, ternyata masih banyak lho orang yang mengakali masalah biaya ini dengan menekan biaya pemasangan behel. Alhasil, Ia pun menggunakan jasa pemasangan behel yang murah.

Padahal untuk pemasangan behel punya standar khusus yang tidak bisa ditawar karena memang manfaat behel bukan hanya untuk gaya. Apalagi bagi kalian yang punya tujuan untuk memperbaiki estetika gigi, tapi menggunakan behel yang murah, hati-hati!

Nanti kalau sudah menyesal, banyak risiko yang bisa didapatkan, tentu saja terutama hasil bentuk gigi yang tidak sesuai keinginan. Selain itu, kalian juga akan membuang waktu dan biaya untuk melakukan hal yang sia-sia.

Harga behel yang murah bisa dipastikan tidak akan sesuai dengan keinginan karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pemasangan behel punya standar khusus yang tidak bisa ditawar. Ada standar harga juga yang sudah ditetapkan untuk mendapatkan kualitas behel yang memenuhi standar tersebut.

PEMASANGAN BEHEL DI TUKANG GIGI

Umumnya pemasangan behel murah akan dilakukan di tukang atau ahli gigi. Padahal mereka tidak punya kompetensi untuk melakukan pemasangan behel.

Anda harus mengetahui bahwa pemasangan behel di tukang gigi biasanya tidak akan dilakukan sesuai dengan prosedur medis yang seharusnya.

Misalnya seperti apa? Prosedur awal saja, yaitu tentang rontgen gigi, analisis gigi, percetakan gigi, penjelasan tentang perawatan gigi dan jaringan pendukung di sekitarnya, tukang gigi tidak akan melakukannya.

Apa yang dilakukan oleh tukang gigi? Langsung melakukan pemasangan behel! Padahal pemasangan itu adalah proses tengah yang harus diawali dengan beberapa tahap dan kemudian juga dilakukan pengawasan dengan sejumlah tahap lagi.

Kalau Anda menggunakan jasa tukang gigi untuk memasang behel, bisa dipastikan bahwa Anda telah melakukan kesalahan besar. So, hindari sekarang juga!

Selain itu juga mengenai alat dan bahan yang digunakan umumnya tak sesuai dengan standar operasional dari kedokteran gigi. Perawatan behel yang tak sesuai dengan prosedur ataupun indikasi tentunya akan bisa berakibat fatal pada kesehatan gigi itu sendiri.

DAMPAK PENGGUNAAN BEHEL MURAH

Risiko yang bisa didapatkan saat menggunakan behel abal-abal bukan hanya berimbas pada kesehatan gigi dan mulut saja, tetapi juga sangat mungkin untuk berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan lho.

Proses pemasangan dan pengaitan bracket harus menggunakan bahan khusus yang dipastikan aman serta tak merusak gigi. Kalau produk lem yang digunakan tidak sesuai dengan standarisasi, maka bisa merusak email gigi yang lama-kelamaan pasti akan mengakibatkan lubang pada gigi.

Pemasangan behel di tukang gigi yang juga tidak diawali dengan pemeriksaan dan analisis terlebih dahulu juga bisa mengakibatkan berubahnya susunan gigi menjadi semakin tidak beraturan. Pergeseran gigi yang tidak sesuai posisi ini akan mengakibatkan hubungan antara gigi rahang atas dan bawah tidak harmonis, sehingga tak bisa dikatupkan dan fungsi pengunyahan jadi terganggu.

Hubungan antara rahang atas dan bawah yang tidak harmonis ini juga bisa mengubah profil wajah seseorang hingga menjadi tidak simetris. Tak cuma itu saja, tekanan yang tidak terkontrol akibat dari pemasangan behel oleh tukang gigi bakal memicu terganggunya jaringan penyangga gigi sampai mengakibatkan turunnya tulang penyangga gigi hinga gigi menjadi goyang dan bahkan tanggal.

Ruang tindakan dan alat-alat yang digunakan tidak higiens bisa memindahkan bakteri ke dalam tubuh hingga mengakibatkan infeksi pada gusi dan jaringan lunak lainnya di rongga mulut.

Infeksi ini bisa semakin menyebar lewat aliran darah melewati area yang terluka kemudian berakibat pada organ vital. Bahkan, yang terbutuk bisa menularkan virus-virus berbahaya seperti HIV dari pemakaian alat medis yang tidak melewati proses sterilisasi yang tepat.

Anda memasang behel untuk bisa terlihat lebih baik kan? Bukan ingin menambah penyakit!?

PROSEDUR PEMASANGAN BEHEL

Pemasangan behel sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional dengan prosedur yang sesuai dengan aturan berlaku. Satu-satunya profesi yang berhak melakukannya adalah dokter gigi, bukan tukang atau ahli gigi.

Pemasangan behel juga membutuhkan keahlian khusus yang sangat penting untuk penanganannya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti, lantaran ada teknik dan prosedur lanjutan yang wajib untuk dipenuhi agar prosesnya aman.

Tentunya juga dengan hasil yang optimal supaya biaya dan waktu yang Anda keluarkan sesuai dengan keinginan.

Lalu, berapa sih untuk biaya yang umumnya dikeluarkan oleh pasien untuk bisa mendapatkan behel sesuai dengan standar kedokteran gigi?

Kalau berbicara tentang harga, sebenarnya mejadokter sudah pernah membuat artikelnya, yaitu berkisar antara Rp1,5 juta ke atas untuk yang versi termurah, Rp2,5 juta ke atas untuk yang menengah dan yang mahal tentu saja Rp5 juta ke atas.

Tapi di sini perlu dipahami bahwa untuk harga akan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jangan fokus pada seberapa mahal biayanya.

Kalau Anda memang tidak terlalu membutuhkan behel yang mahal, Anda bisa menggunakan behel yang Rp1,5 juta saja. Sebaliknya, kalau Anda membutuhkan behel yang harganya mencapai Rp5 juta ke atas, kalau uangnya kurang, sebaiknya Anda menabung terlebih dahulu hingga bisa mendapatkan behel yang dibutuhkan.

Hal ini karena kalau Anda membutuhkan behel dengan harga Rp5 juta dengan spesifikasi khusus dan sesuai pada apa yang Anda butuhkan. Lalu, Anda justru menggunakan behel Rp1,5 juta, walaupun pemasangannya di dokter gigi, tetap saja hasilnya pasti tidak akan maksimal.

Dokter gigi hanya bisa membantu proses pemasangan dan perawatan behel sesuai dengan prosedur, kalau untuk hasil yang maksimal juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau tidak, dokter pun tidak bisa membantu banyak.

KESIMPULAN

Garis besar dari artikel yang ditulis mejadokter ini adalah tentang perbedaan yang sangat besar pada pemasangan behel di tukang gigi dan dokter gigi.

Anda tidak boleh berpikir bahwa pemasangan di tukang gigi menjadi pilihan yang dapat dipilih karena itu adalah kesalahan.

Betapa pun murah biaya pemasangannya, ingat bahwa itu bukan sesuai dengan prosedur yang seharusnya. Sebaiknya dihindari!

Walaupun mungkin untuk biaya pemasangan dan perawatan behel di dokter gigi harganya jauh lebih mahal, tapi sudah sesuai dengan ketentuan. Anda tidak boleh mempertaruhkan risiko masa depan gigi dan mulut Anda ke pihak yang tidak bertanggungjawab.

Kenapa? Percayalah walau Anda sudah membayar ke tukang gigi, ketika ada masalah di masa depan, mereka tidak akan bisa berbuat apa-apa.

Kalau bisa dibilang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi soal gigi yang cukup sensitif dan berbahaya karena mengandung banyak syaraf-syaraf penting yang terhubung langsung ke otak.

Bacaan Lainnya

Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Tips
Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Diterbitkan: 01 November 2022 01:56
Cara menjadi Perawat, Mulai Jenjang Pendidikan hingga Sertifikasi
Tips
Cara menjadi Perawat, Mulai Jenjang Pendidikan hingga Sertifikasi
Diterbitkan: 04 November 2022 01:02
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Aplikasi Klinik
Tips
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Diterbitkan: 06 February 2022 05:13

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.