ARTIKEL

Cara Mendirikan Klinik, Mulai dari Perizinan hingga Modalnya

ūüēź Baca 6 menit

Kesempatan untuk berbisnis kesehatan bisa dikatakan masih sangat terbuka lebar. Bisnis kesehatan ada banyak sekali jenisnya, mulai dari apotek hingga klinik. Namun, kebetulan untuk topik yang akan dibahas kali ini adalah untuk mengupas tentang bagaimana cara memulai usaha klinik kesehatan.

Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan dengan tujuan untuk menerima pasien-pasien yang datang untuk mengobati penyakitnya. Biasanya pasien yang datang adalah orang-orang yang memiliki penyakit umum dan belum membutuhkan pelayanan di rumah sakit.

Jika merujuk pada Pasal 1 Permenkes No 028/2011, ''Klinik adalah  fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis yakni dokter umum, spesialis, ataupun dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis''.

Mungkin telah diketahui juga bahwa klinik kesehatan itu ada beragam jenisnya. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih yang dianggap paling mudah, yaitu membuka klinik kesehatan umum.

Tak hanya dokter umum saja, sebenarnya untuk klinik juga bisa mempunyai dokter spesialis atau dokter gigi. Bahkan saat ini juga ada lho klinik yang dilengkapi dengan laboratorium, layanan rontgen hingga apotek sendiri. Lalu apa bedanya dengan rumah sakit?

Klinik merupakan salah satu bisnis atau usaha yang patut untuk dilirik terutama bagi seorang dokter. Bisnis ini sebenarnya tak membutuhkan modal yang besar lho. Syarat-syaratnya pun juga lebih mudah jika dibandingkan dengan pembangunan rumah sakit, terlebih lagi butuh modal yang jauh lebih besar.

Cara Dokter Buka Klinik
Cara Dokter Buka Klinik

Cara Membuka Klinik Dokter dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang mungkin perlu untuk dibutuhkan dan dilakukan oleh Anda ketika hendak membuka sebuah klinik. Berikut ini adalah beberapa hal yang dimaksud:

1. Berpengetahuan tentang Kesehatan secara baik

Seorang pengusaha tentu saja harus mengenal dengan baik tentang jenis usaha yang dijalani olehnya. Apalagi kalau usaha yang digeluti adalah spesifik seperti dunia kesehatan. Pembangunan klinik harus dilakukan dengan secara tepat agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pasien yang datang.

Jika masih dibutuhkan, pengetahuan seputar kesehatan bisa didapatkan dengan membaca buku-buku atau media terpercaya lainnya. Perlu untuk diketahui bahwa jika Anda merupakan seorang dokter, percayalah di luar sana akan masih ada banyak sekali pengetahuan di bidang kesehatan yang belum Anda ketahui.

2. Perizinan

Tentu saja untuk membangun sebuah klinik tidak bisa dilakukan begitu saja seperti membuka toko biasa. Ada prosedur yang harus dijalani terlebih dahulu untuk mendapatkan izin membangun klinik.

Mengenai kebijakan perizinan untuk mendirikan klinik akan bervariasi tergantung pada peraturan masing-masing daerah. Namun, juga ada beberapa poin utama yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

  • Pendirian Balai Pengobatan (BP) sejak bulan Februari 2012 akan dihapuskan yang kemudian diganti dengan klinik
  • Klinik ada dua jenis, yaitu Klinik Pratama yang cuma memberikan pelayanan dokter umum dan gigi saja. Sedangkan untuk Klinik Utama akan dilengkapi dengan pelayanan dokter spesialis.
  • Khususnya di kota besar, sistem dispensing atau pemberian obat langsung telah dihapuskan dengan pergantian peran untuk apotek yang menggunakan jasa apoteker serta asisten apoteker.
  • Ketika mendirikan klinik harus mempunyai perawat penanggungjawab yang mempunyai SIK.

Langkah untuk Mendirikan Klinik

Berikut ini adalah lanjutan untuk Anda yang serius hendak mendirikan klinik, diantaranya adalah:

  1. Memilih lokasi dan bangunan yang sesuai dan memenuhi standar
  2. Memeriksa dokumen tanah dan bangunan lokasi ke DTK/GS/KRK
  3. Melakukan research untuk kompetitor dan peluang pasar di daerah yang akan didirikan klinik
  4. Anda harus menyediakan surat-surat yang dibutuhkan untuk perizinan, seperti SIP dan SIK
  5. Persiapkan syarat yang dibutuhkan untuk perizinan lain, seperti KRK, IMB dan HO
  6. Renovasi dan perlengkapan lain untuk izin klinik
  7. Proses pengajuan izin klinik ke BPPT Pemkot SMG
  8. Nantinya tim perizinan akan melakukan survei ke lapangan tempat lokasi pendirian klinik
  9. Perizinan diberikan

Syarat Pengajuan Izin Klinik

Sekarang kita akan membahas tentang syarat pengajuan izin klinik yang wajib untuk dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Surat Permohonan
  2. Fotocopy Akte Notaris kalau memang pemohon berbadan hukum
  3. Fotocopy KTP kalau perorangan
  4. Fotocopy Izin Gangguan (HO)
  5. Fotocopy status bangunan dan tanah
  6. Gambar denah situasi/denah lokasi
  7. Gambar denah tindakan yang termasuk juga diantaranya adalah ruang tindakan
  8. Daftar untuk ketenagaan kerja yang digunakan di klinik
  9. Surat kesanggupan serta penunjukkan seluruh tenaga kerja
  10. Daftar untuk peralatan medis dan non-medis yang dipersiapkan
  11. Daftar biaya atau tarif pelayanan kesehatan di klinik
  12. Surat pernyataan bahwa klinik tunduk pada peraturan hukum yang berlaku di negara dengan materai Rp6 ribu
  13. Rekomendasi dari puskesmas setempat
  14. Surat pernyataan bisa untuk memberikan pembinaan peran serta masyarakat di sekitar guna pembangunan kesehatan
  15. Fotocopy kerjasama pengelolaan limbah medis
  16. Surat Pernyataan IPAL
  17. Data dari dokter yang menjadi penanggungjawab
  18. Daftar Riwayat Hidup dari dokter yang bertanggungjawab
  19. Fotocopy Ijazah STR dan SIP semua dokter
  20. Surat izin dari atasan langsung apabila penanggungjawabnya adalah seorang PNS
  21. Data dari tenaga paramedik dan tenaga kerja lainnya
  22. Fotocopy ijazah  SIK dan SIA
  23. Focopy izin lama kalau perpanjangan
  24. Foto 4x6 sebanyak 2 lembar

Syarat untuk Perizinan HO

Pengisian formulir untuk permohonan Izin Gangguan (HO) yang ditandatangani oleh pemohon serta diketahui oleh Lurah dan Camat sesuai dengan lokasi tempat usaha

  1. Surat persetujuan tetangga yang diketahui oleh lurah setempat
  2. Fotocopy KTP dari pemohon dan/atau dari pemilik tanah
  3. Fotocopy Keterangan Rencana Kota atau KRK
  4. Fotocopy SK IMB dengan memperlihatkan surat aslinya yang lengkap dengan gambar IMG
  5. Fotocopy surat-surat penguasaan tanah yang sah
  6. Kalau tanah bukan milik sendiri, maka dilampiri surat pernyataan tak keberatan dari pemilik tanah serta ditandatangani di atas materai yang cukup
  7. Kalau pemohon adalah berbadan hukum, maka dilampiri fotocopy Akte Pendirian Badan Hukum
  8. Fotocopy pelunasan PBB tahun terakhir atau keterangan dari instansi yang berwenang kalau tidak terkena PBB
  9. Gambar denah tempat usaha dengan skala 10:100 / 10:200
  10. Surat pernyataan kesanggupan untuk menaati peraturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan dan ditandatangani di atas materai yang cukup
  11. Dokumen lainnya yang mungkin dibutuhkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Apakah buka klinik itu mahal?
Apakah buka klinik itu mahal?

Berapa Modal membangun klinik?

Modal untuk mendirikan sebuah klinik kesehatan memanglah cukup besar oleh karena peralatan medis yang tidak murah. Bukan itu saja, pemilik klinik juga harus mempersiapkan biaya operasional serta fasilitas yang wajib ada di klinik.

Adapun berikut ini adalah gambaran biaya yang dikeluarkan untuk membangun klinik dokter umum atau spesialis:

1. Alat Praktek

Alat-alat di sini dapat bermacam jenisnya, mulai dari alat penunjang di tempat praktik, misalnya seperti tempat tidur, kursi, dispenser, meja, tv, ac, lemari, kipas angin, plang nama, tempat sampah dan lain sebagainya.

Alat-alat lainnya adalah seperti peralatan medis, yaitu alat monitor, nebulizer, palu refleks, senter, stetoskop, couter untuk sirkumsisi, minor set, comb, dan lainnya. Ada pula alat penunjang kerja lainnya, yaitu seperti komputer, printer, internet, dan lainnya.

2. Obat-obatan

Persiapan selanjutnya adalah obat-obatan. Sebenarnya para dokter tak perlu bekerjasama dengan retailer atau perusahaan obat terlebih dahulu, Anda hanya perlu membeli obat-obat generik yang mempunyai merek dan telah dijual bebas.

Selain harganya yang murah, mutu serta khasiatnya pun tak kalah hebat dengan obat-obat paten yang dijual di apotek

3. Biaya Operasional

Selanjutnya adalah untuk mempersiapkan biaya rutin seperti listrik, air, pajak, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan bahwa ini merupakan sebuah porsi untuk biaya operasional.

Mungkin ini menjadi salah satu biaya yang patut untuk diprioritaskan hingga membutuhkan angka yang dilebihkan dari kebutuhan lantaran nominalnya yang tak menentu.

4. Komputerisasi

Saat ini untuk penggunaan teknologi komputer sangat bermanfaat serta membantu pekerjaan di dunia kesehatan. Oleh karena itulah sebuah klinik wajib mempunyai komputer guna mempermudah dokter dan perawat untuk memonitor kesehatan dari para pasien.

Komputer bahkan bisa menjadi alat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan basis teknologi informasi serta komunikasi. Misalnya dengan menggunakan aplikasi klinik yang contohnya seperti MejaDokter.

Aplikasi klinik MejaDokter ini dipercaya mampu untuk mengatasi segala macam permasalahan yang terjadi di klinik yaitu dengan tiga keunggulan berupa keamanan data, automasi dan mempermudah kerja klinik.

Selanjutnya, Jika Anda menginginkan untuk punya klinik yang canggih, maka juga bisa menyediakan alat-alat seperti System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR), System Computerized Axial Tomography (CAT), Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT), Nuclear Magnetic Resonance (NMR), Position Emission Tomography (PET), Ultra Sonography (USG), Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan Helical CT-SCAN.

5. Periklanan

Walaupun mungkin jika klinik umumnya tak terlalu membutuhkan jasa periklanan yang berlebihan, tapi percayalah bahwa klinik tetap membutuhkan iklan untuk memperkenalkan atau memberitahukan tentang apa saja pelayanan yang klinik Anda miliki.

Saat ini mungkin periklanan yang cukup efektif akan membutuhkan internet. Periklanan di sosial media, forum, atau platform lainnya menjadi target yang paling potensial.

Selanjutnya, untuk mengetahui berapa biaya pembuatan klinik, Anda hanya perlu melakukan perhitungan atas unsur-unsur yang telah disebutkan di atas. Sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda masing-masing.

Itulah tadi untuk penjelasan mengenai bagaimana cara mendirikan klinik mulai dari perizinan sampai modal biaya yang dibutuhkan.

Bacaan Lainnya

Tips agar Bleaching Gigi Tahan Lama, Ternyata ini yang Tidak Boleh
Tips
Tips agar Bleaching Gigi Tahan Lama, Ternyata ini yang Tidak Boleh
Cara Pindah Klinik BPJS Kesehatan, Faskes Tingkat Pertama
Tips
Cara Pindah Klinik BPJS Kesehatan, Faskes Tingkat Pertama
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit
Tips
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.