ARTIKEL

Cara Kelola Klinik di Era Digital yang Serba Modern

🕐 Baca 6 menit

Era digital telah menguasai seluruh aspek kehidupan manusia, mulai dari yang berhubungan dengan bisnis hingga masuk ke ranah kebutuhan yang paling mendasar masyarakat. Terdapat banyak sekali perubahan yang terutama terjadi setelah tahun 2010 hingga sekarang.

Begitu pula dengan kebutuhan pengelolaan klinik yang juga harus mengikuti jaman dan serba digital. Jika klinik tidak melakukan upgrade maka bisa dipastikan pasien akan beralih ke tempat lain. Tentu sebagai pemilik klinik, kita tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Mengelola Klinik di Era Digital Modern

Apabila sebelumnya pengelolaan klinik bisa dilakukan hanya dengan manajemen biasa, banyak menggunakan pencatatan manual. Hal ini tidak akan bisa lagi dilanjutkan kalau tidak ingin pasien lari ke klinik lain yang lebih canggih.

Sebenarnya sistem yang digunakan jaman sekarang juga tak hanya serba otomatis, tetapi juga saling terkoneksi hingga bisa mempermudah banyak hal.

Maka dari itu untuk pengelolaan klinik di era digital modern seperti sekarang ini yang semuanya sudah serba canggih tidak bisa lagi menggunakan metode lama. Anda harus mengetahui sejumlah hal penting yang sudah banyak berubah dan tidak bisa lagi ditolerir dengan sistem kerja sebelumnya.

Lalu, bagaimana sih cara mengelola klinik di jaman modern seperti sekarang ini? Simak artikelnya sampai habis ya!

1. Aplikasi Klinik yang canggih

Aplikasi klinik
Aplikasi klinik

Hal pertama yang wajib untuk dimiliki oleh klinik modern adalah aplikasi yang canggih dan serta automasi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa untuk sistem kerja dari klinik harus serba terhubung dan otomatis agar segala kegiatan bisa terlaksana dengan cepat dan tepat.

Bila hendak melaksanakan evaluasi atau koreksi pun juga wajib mudah untuk dilakukan supaya bila ada kesalahan dapat segera diperbaiki.

Kecanggihan teknologi aplikasi klinik yang digunakan minimal mempunyai fitur seperti rekam medis, manajemen data master, point of sale, dan laporan secara otomatis. Kebetulan semua fitur yang disebutkan di atas dimiliki oleh salah satu penyedia aplikasi klinik Mejadokter.

Mungkin saja Mejadokter bisa dimasukkan ke dalam referensi Anda untuk menggunakan aplikasi klinik terbaik.

2. Situs Website

Situs website klinik
Situs website klinik

Pembuatan situs website rasanya sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh klinik. Sebuah media yang bisa dijadikan tempat untuk memberikan informasi awal seputar klinik. Misalnya seperti nomor telepon, jadwal dokter, daftar penanganan medis, dan lain sebagainya.

Anda harus memprioritaskan akses website agar bisa dijelajahi oleh pasien dengan mudah. Jangan sampai ada kesalahan atau tampilan yang buruk serta loading lambat di website tersebut.

3. Sosial Media

Sosial media klinik
Sosial media klinik

Mulai dari facebook, twitter, instagram sampai dengan tik tok menjadi salah satu platform yang bisa Anda gunakan sebagai cara memberikan informasi.

Bukan hanya sekedar informasi tentang klinik saja, tetapi Anda juga bisa memberikan edukasi tentang kesehatan di sana. Tapi jangan lupa sertakan nama klinik Anda pada bagian pojok atau sisi gambar.

Dengan begini, klinik akan mendapatkan nilai plus di mata orang-orang yang mungkin saja bisa menjadi calon pasien di klinik Anda.

4. Konsultasi Online

Konsultasi online dengan dokter
Konsultasi online dengan dokter

Anda bisa menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Line atau aplikasi chating lainnya untuk dapat memberikan fitur konsultasi online. Tentu saja untuk penerapan fitur ini biasanya tak dikenakan biaya.

Adapun harapannya Anda bisa tetap menjaga engagement kepada para calon pasien atau pasien yang sudah pernah berobat ke klinik.

Mungkin sih Anda akan membutuhkan sedikit effort untuk ini tapi percayalah bahwa ini menjadi salah satu fitur yang sangat disukai oleh pasien.

5. Rating

Dapatkan rating yang tinggi
Dapatkan rating yang tinggi

Kini semua orang rata-rata akan mencari informasi terkait banyak hal lewat internet. Mulai dari restoran, tempat nongkrong, wisata liburan, hingga klinik akan dilihat pada rating yang tertera di sana.

Oleh karena itu rasanya Anda sangat perlu untuk meminta orang agar memberikan rating untuk meningkatkannya.

Tidak perlu orang lain, cukup dengan meminta para pegawai serta pasien-pasien yang datang ke klinik. Jika mereka puas dengan pelayanan klinik Anda, maka rasanya mereka pun akan loyal untuk memberikan rating.

Tapi ingat bahwa ini berlaku sebaliknya lho! Jadi harus berhati-hati!

6. Konten website dan sosmed

Konten menarik dan bermanfaat
Konten menarik dan bermanfaat

Tadi sudah disinggung tentang website dan sosial media yang dijadikan sebagai media untuk memberikan informasi seputar klinik ataupun edukasi kesehatan.

Anda harus memastikan bahwa konten-konten yang disediakan dalam website dan akun sosial media klini mempunyai kualitas yang baik. Tentu saja harapannya agar citra dari klinik bisa mendapatkan penilaian yang bagus dari pengunjung.

7. Konektivitas BPJS

Asuransi BPJS terkoneksi
Asuransi BPJS terkoneksi

BPJS menjadi salah satu yang paling penting karena asuransi dari pemerintah dan mayoritas pasien pasti akan menggunakan ini. Kalau klinik tidak terhubung secara online dengan BPJS, maka ini bisa menjadi penghambat untuk penanganan pasien.

Klinik harus mempunyai aplikasi yang sudah bisa terhubung dengan akun BPJS setiap pasien secara online. Hal ini akan mempercepat proses penanganan pasien yang menggunakan BPJS sebagai alat pembayarannya.

8. Efisiensi Proses Administrasi

Pelayanan terbaik untuk pasien
Pelayanan terbaik untuk pasien

Ada juga klinik yang menggunakan sistem kerja dengan membebani pasien lewat proses administrasi yang merepotkan. Biasanya hal ini terjadi pada klinik yang tak menggunakan aplikasi klinik terbaru.

Mereka masih mempergunakan aplikasi 'jadul' yang belum bisa menggunakan sistem kerja automasi dalam praktiknya. Oleh karena itu mereka tak punya pilihan lain selain memaksa pasien untuk mengikuti proses yang menyulitkan.

Pada era yang serba modern seperti ini, klinik dituntut untuk bisa mengedepankan efisiensi proses pelayanan agar membuat pasien menjadi nyaman saat berobat ke klinik.

9. Apotek Online

Pembelian obat dari resep dokter di apotek online
Pembelian obat dari resep dokter di apotek online

Ketika pengobatan selesai dilakukan, maka biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk pasien. Terkadang ini menjadi masalah saat pasien harus mencari apotek terdekat guna menebus resep tersebut.

Namun permasalahan ini akan segera selesai bila klinik mempunyai fitur apotek yang terhubung secara online. Pasien tidak perlu repot melakukan penebusan ke apotek, namun bisa langsung pulang dan menunggu obatnya diantar oleh 'delivery man' dari pihak apotek yang sudah kerjasama dengan klinik.

Tentu saja ini membutuhkan aplikasi canggih yang menjadi solusi paling menguntungkan baik untuk pasien ataupun klinik. Kalau rekomendasi dari kami, Anda bisa menggunakan aplikasi dari Mejadokter.

10. Pelayanan

Pelayanan klinik
Pelayanan klinik

Mulai dari awal datang ke klinik sampai dengan pasien hendak pulang setelah pengobatan, klinik harus memberikan pelayanan yang prima.

Perasaan terlayani dengan baik harus bisa didapatkan oleh pasien karena perlu diketahui bahwa masyarakat jaman sekarang sangat memperhatikan pelayanan.

Ketika ada pelayanan yang kurang baik, maka pasien biasanya akan memutuskan untuk tidak kembali ke klinik atau bahkan bisa menyebarkan isu-isu negatif tentang klinik.

Ini menjadi salah satu hal yang harus kita hindari. Tentu saja kita tidak ingin ada citra buruk yang tertuju pada klinik hingga banyak orang yang enggan untuk datang berobat.

Aplikasi Klinik Rekomendasi

Aplikasi klinik Mejadokter
Aplikasi klinik Mejadokter

Dari sejumlah poin yang sudah disebutkan di atas, beberapa membutuhkan bantuan dari aplikasi klinik untuk bisa mewujudkannya. Oleh karena itu sekarang akan direkomendasikan aplikasi klinik yang bisa menjadi pilihan Anda.

Adapun alasan dari rekomendasi ini juga bukannya tanpa alasan, tetapi memang karena sudah terbukti menjadi aplikasi yang mampu menyelesaikan ragam masalah dasar pengelolaan klinik dengan sistem lama.

Mejadokter

Aplikasi klinik yang direkomendasikan adalah Mejadokter dengan berbagai macam fitur tersedia untuk sejumlah kebutuhan. Adapun keunggulan dari Mejadokter adalah:

  • Keamanan Data: Mejadokter menjamin keamanan seluruh data pasien yang tercatat dengan baik. Semua tersimpan dan terenkripsi agar tidak ada satupun orang yang dapat mengakses secara ilegal.
  • Automasi: Mengurangi kegiatan operasional yang sifatnya manual
  • Fitur canggih: Mulai dari rekam medis, asuhan keperawatan, manajemen data master, dan lain sebagainya

Jika Anda berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang Mejadokter maka bisa menghubungi kontak yang tertera di bawah ini:

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Telepon: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah Aplikasi Pencatatan History Rekam Medis Pasien Yang Terintegrasi.

Tautan Cepat