ARTIKEL

Teknologi Gigi Terbaru: Clear Aligner Ratakan Gigi dengan Cepat dan Praktis

🕐 Baca 4 menit

Pada jaman sekarang ini siapa sih yang tidak ingin punya gigi rata dan rapi? Pasti semua orang menginginkan punya gigi seperti ini. Tapi apakah kamu tahu caranya?

Tidak perlu khawatir lagi karena ternyata sekarang sudah ada cara yang dapat dilakukan agar membuat gigi menjadi rata dan rapi. Bahkan, semakin pesatnya perkembangan teknologi yang ada membuat dunia perawatan gigi menjadi semakin maju.

Salah satu cara yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah 'Clear Aligner'. Sebuah metode yang bisa membuat gigi kamu menjadi rata dan rapi. Gimana caranya?

MENGENAL CLEAR ALIGNER

Clear Aligner menjadi inovasi terbaru untuk merapikan gigi dengan mudah. Metodei ini juga dianggap sebagai alternatif terbaik dari penggunaan behel yang mahal dan merepotkan.

Clear aligner menjadi solusi untuk memperbaiki masalah gigi tanpa harus mengurangi rasa percaya diri karena tampilan dari clear aligner yang transparan.

Hal ini tentu saja akan membuat penggunanya menjadi lebih nyaman ketika menggunakannya jika dibandingkan saat memakai behel.

Metode perawatan gigi clear aligner punya bentuk tray transparan dengan menggunakan teknologi 3D modelling. Plastik yang dipakai sudah tentu aman karena telah tersertifikasi oleh BPA-Free.

Alat ini juga sangat mudah untuk dilepas dan dipasang kembali ataupun saat hendak mencucinya dengan air. Tentu ini sangat jauh berbeda dengan kawat gigi yang butuh jangka waktu serta perawan yang relatif lama dan merepotkan.

Clear aligner ini juga dapat merapikan gigi dalam waktu cukup cepat, yaitu sekitar 5-10 bulan dengan frekuensi kontrol yang jauh lebih sedikit.

Sejumlah keuntungan lain dari penggunaan clear aligner ini adalah:

1. Praktis

Di dalam hal perawatan, clear aligner akan sangat lebih mudah jika dibanding dengan penggunaan kawat behel yang sudah diketahui secara umum bahwa perawatannya sangat merepotkan.

Kamu tidak perlu lagi harus merasakan banyak proses ketika menggunakan kawat behel. Clear alignes benar-benar menjadi alternatif terbaik untuk merapikan gigi.

Ketika kamu harus melakukan kontrol minimal 1 bulan 1 kali saat menggunakan metode kawat behel, jika memakai clear aligner, kamu hanya perlu melakukan kontrol apabila diperlukan saja.

2. Visual

Seperti yang tadi sudah disinggung bawah saat kamu menggunakan clear aligner, maka tidak akan terlihat lantaran bahannya yang transparan.

Kalau kamu tidak memberitahukan bahwa menggunakan clear aligner, maka bisa dipastikan tidak ada orang yang menyadari kalau kamu menggunakannya.

Soalnya ada banyak juga lho orang yang merasa tidak nyaman saat dilihat orang menggunakan kawat behel atau sedang menjalani metode perawatan gigi. Mereka biasanya merasa insecure karena takut dianggap punya bentuk gigi yang jelek, sehingga harus bersusah payah untuk memperbaikinya.

Jika kamu termasuk salah satu yang tidak merasa nyaman saat menggunakan kawat behel, pemakaian clear aligner menjadi solusi terbaik yang bisa diberikan.

Dengan menggunakan clear aligner, maka kamu bisa memperbaiki bentuk gigi tanpa orang mengetahui bahwa kamu sedang melakukannya. Orang bisa saja berpikir bahwa kamu memang mempunyai bentuk gigi yang rata dan rapi sejak dulu.

3. Lebih Bebas

Ini menjadi salah satu alasan yang lumayan penting karena pengguna clear aligner akan mempunyai keunggulan tidak perlu banyak aturan saat menggunakan gigi terutama saat mengunyah. Misalnya kalau saat menggunakan kawat behel, ada sejumlah makanan yang tidak dianjurkan, misalnya seperti daging-daging keras yang berserat.

Tentu saja alasannya sudah bisa diketahui karena dapat mengakibatkan daging yang nyangkut, kerusakan kawat atau aksesoris di behelnya, dan permasalahan lainnya.

4. Percaya Diri

Oleh karena visual yang lebih baik daripada kawat behel dan tidak terlihat, maka kepercayaan diri kamu bisa meningkat saat menggunakan clear aligner.

Ini bisa menjadi salah satu keunggulan terbesar dari penggunaan clear aligner jika dibandingkan dengan pemakaian kawat behel gigi.

KEKURANGAN CLEAR ALIGNER

Walaupun tadi untuk clear aligner sudah dijelaskan memang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan kawat behel gigi biasanya. Tapi perlu diketahui bahwa clar aligner punya satu kekurangan yang sangat membebani, yaitu masalah harganya.

Selain opsi pemasangan behel, kamu bis amenggunakan clear aligner untuk meratakan gigi yang lebih praktis. Kamu tidak perlu lagi khawatir saat makan atau membersihkan pakai sikat gigi karena bisa dilepas dengan mudah.

Sebuah solusi yang sangat praktis bukan? Lalu berapa sih harga clear aligner ini?

Jangan terkejut karena ternyata untuk pemasangan clear aligner tidak bisa didapatkan dengan harga murah. Di Indonesia sendiri harga clear aligner mencapai hingga Rp60 juta.

Tadi kan sudah dibilang, jangan terkejut! Ya! Clear aligner punya tarif pemasangan yang luar biasa mahal. Maka dari itu untuk kepraktisannya memang sangat menggiurkan.

Siapa sih yang tidak ingin punya gigi rata dan rapi tanpa harus merasakan rasa sakit dan perawatn yang merepotkan. Harga yang dibayar tentu saja harus mahal!

Untuk sementara ini harga dari clear aligner yang paling murah adalah sekitar Rp30 juta. Tapi tentu saja mengenai kualitasnya juga masih jauh di bawah clear aligner yang seharga Rp60 juta.

APAKAH ADA CLEAR ALIGNER YANG MURAH?

Setelah mengetahui bahwa untuk clear aligner ternyata mahal banget, tentu kamu kembali bertanya apakah tidak ada yang versi murahnya?

Apa sih yang tidak ada versi low budget di jaman sekarang ini, jawabannya adalah ada! Kamu bisa mendapatkan clear aligner dengan harga di bawah Rp1 juta lho.

Clear aligner yang murah ini bisa kamu temukan di toko e-commerce langganan-mu. Silakan cari saja untuk penjualan clear aligner murah di sana.

Namun perlu untuk dicatat juga bahwa karena harga yang ditawarkan relatif murah, maka kamu harus pintar-pintar dalam memilih seberapa bagus clear aligner yang akan kamu beli. Jangan sampai kamu membeli barang yang tidak layak untuk digunakan atau tidak mempunyai dampak apapun terhadap gigi kamu.

Walau kamu hanya membelinya dengan harga di bawah Rp1 juta, tetap saja, jika tidak bermanfaat sama sekali, kamu sudah buang-buang uang saat membelinya.

Pastikan kamu membeli clear aligner yang memiliki testimoni baik dari pada penggunanya. Lakukan konsultasi kepada penjual toko, silakan lihat komentar dari para pengguna yang sudah membeli barangnya, lakukan research secara jeli agar tidak tertipu.

Tapi perlu diketahui juga bahwa untuk clear aligner yang murah ini dipercaya punya khasiat tak jauh berbeda dengan yang harganya puluhan juta lho.

Yang penting kamu bisa memilih merek dengan kualitas baik. Sehingga dalam kurun waktu 6 bulan ke depan, kamu sudah mempunyai bentuk gigi yang rata.

Oh ya, tidak jarang juga lho penjual clear aligner yang memberikan bonus berupa gratis ongkir kepada para pembeli. Ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa penjual itu merupakan salah satu yang laris karena berani memberikan fitur free ongkir kepada pelanggannya.

Tapi diingatkan sekali lagi ya, kalau mau beli clear aligner yang murah ini, Do Your Own Risk (DYOR)!

Kalau kamu ingin memasang clear aligner pada gigi maka bisa langsung mencari lokasi dokter gigi terdekat di rumahmu.

Bacaan Lainnya

Layanan Sumber Daya dan Pembiayaan Kesehatan di Indonesia
Teori
Layanan Sumber Daya dan Pembiayaan Kesehatan di Indonesia
Mengenal Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia
Teori
Mengenal Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia
Alur Layanan Telemdicine yang Dikembangkan Kemenkes
Teori
Alur Layanan Telemdicine yang Dikembangkan Kemenkes

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.