ARTIKEL

Daftar Harga Alat EKG yang Wajib Dimiliki sebuah Klinik, Lengkap dengan Spesifikasinya

🕐 Baca 7 menit

Mesin EKG atau Elektrokardiogram (Electrocardiogram 'ECG') biasa dikenal sebagai alat yang dipakai untuk mendeteksi kondisi jantung dengan cara melihat irama atau frekuensi detak jantung.

Hasil dari pengukuran dengan menggunakan mesin EKG ini biasa disebut 'elektrokardiogram'. Untuk jantung yang normal dan sehat biasanya akan memperlihatkan hasil elektrokardiogram dengan grafik yang berulang dan teratur.

Tes elektrokardiografi mempunyai fungsi utama untuk mengetahui atau mendiagnosa berupa kondisi abnormal yang terjadi pada jantung.

Ada banyak sekali jenis mesin elektrokardiograf yang diantaranya adalah seperti ECG 12 channel, 5 channel, 3 channel, holter monitor dan juga ECG treadmill.

Untuk ECG 12 channel merupakan tipe ECG standar yang biasanya paling banyak digunakan di klinik atau rumah sakit. Sejumlah perusahaan yang mengeluarkan produk mesin EKG ini diantaranya adalah bionet, midmark, schiller, philips, dan GE Healhcare.

Sedangkan untuk beberapa kasus alat EKG juga bisa dikombinasikan dengan sejumlah teknologi kesehatan lainnya seperti alat pacu jantung atau kateter balon.

JENIS DAN HARGA ALAT EKG

Setelah mengetahui fungsi dari alat EKG tersebut di atas, sekarang kita akan coba membahas lebih dalam mengenai jenis, spesifikasi dan harga alat EKG yang telah disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Mungkin karena alatnya menggunakan bahasa Inggris, maka mereka menamakannya dengan ECG, bukan EKG.

Berikut diantaranya:

1. ECG 12 Channel EDAN SE 12

ECG 12 Channel EDAN SE 12
ECG 12 Channel EDAN SE 12

Alat EKG ini mempunyai berat 8 kg dengan fitur berupa koneksi LAN serta wifi, vcg, barcode scanner support, external USB printer support.

Sedangkan untuk harga dari ECG 12 Channel EDAN SE ini adalah Rp 28 jutaan+.

TOKOPEDIA | MEDICALOGY | SHOPEE

2. EDAN ECG SE 3A (3 Channel dan Narrow Screen)

EDAN ECG SE 3A
EDAN ECG SE 3A

EDAN ECG versi ini memiliki berat 5,9 kg dengan desain kompak dan ringan serta baterai lithium built-in yang bisa diisi ulang.

Kemudian juga dilengkapi dengan port Ethernet, USB interface, multi bahasa, lead off deteksi, dan layar LCD lipat.

Harga dari ECG ini adalah Rp 13.300.000,-.

MEDICALOGY | MADEQUIPDEPOT

3. ECG Portable Parama Tech EP 201 C

ECG Portable Parama Tech EP 201 C
ECG Portable Parama Tech EP 201 C

Mesin ini memiliki berat 1,6 kg dan bisa menyimpan 100 kali pengukuran secara berturut-turut. Baterai yang digunakan adalah AAA x 2 dengan suhu operasional 0-46 derajat celcius.

Mengenai output impedance berada di bawah ohm dengan ukuran 124 mm x 18 mm x 60 mm. Harga ECG Portable Parama ini relatif murah, yaitu Rp 3.289.000,-.

MEDICALOGY | TOKOPEDIA

4. ECG Portabel Electrod Cable

ECG Portabel Electrod Cable
ECG Portabel Electrod Cable

Dengan berat hanya 0,3 kg, ECG Portabel Electrod Cable mempunyai dimensi 124 x 18 x 60 mm. Mesi ini punyai memori 12 hasil pengukuran selama 24 detik dengan suhu operasional 0-40 derajat celcius.

Selanjutnya untuk output impedance di bawah 100 ogm dengan sumber daya internal DC. Harga yang dipatok adalah Rp 897.000,-.

TOKOPEDIA | EBAY

5. EDAN ECG SE 1 Channel 1

EDAN ECG SE 1 Channel 1
EDAN ECG SE 1 Channel 1

Memiliki berat 5,6 kg, EDAN ECG versi ini memiliki LCD lipat dengan resolusi yang cukup tinggi berupa thermal printer. Selanjutnya untuk baterai yang dipakai adalah baterai lithium built-in yang bisa diisi ulang.

Keyboard membran juga diliputi dengan input dan output port. Adanya digital penyaringan dan auto atau manual operation.

Harga dari alat ini adalah Rp 10 jutaan,-.

MEDICALOGY | GLORYAMEDICA

6. EDAN ECG SE 1515 (PC ECG Wireless)

EDAN ECG SE 1515
EDAN ECG SE 1515

Mesin ECG 1515 memiliki berat 4,5 kg dengan kotak sampel nirkabel DX12, perangkat lunak yang komprehensif, software interpretatif algoritma SEMIP serta aritmia deteksi yang sudah otomatis.

Software yang digunakan juga kompatible dengan Windows XP, Vista dan 7. Harganya adalah Rp 22.000.000,-.

MEDICALOGY | EDAN

7. EDAN ECG SE 3A (3 Channel & Narrow Screen)

EDAN ECG SE 3A

Alat ECG ini mempunyai berat sektiar 5,9 kg dengan layar LCD lipat serta USB Interface, Lead Off deteksi dan peringatan. Bahkan juga sudah dilengkapi dengan multi bahasa, modus copy salinan, serta printer thermal resolusi tinggi.

Untuk port Ethernetnya menggunakan RS232. Lalu untuk baterai memakai lithium built-in yang bisa diisi ulang. Mengenai harga, alat ini dibanderol Rp14.080.000,-.

MEDICALOGY | VENTURE

8. EDAN ECG SE 601B (6 Channel)

EDAN ECG SE 601B
EDAN ECG SE 601B

Memiliki 5,7 inci untuk layarnya lalu untuk berat hanya sekitar 7,6 kg saja. ECG versi SE 601B mempunyai desain yang relatif ringan.

Kemudian juga memiliki analisa otomatis, baterai lithium bulit-in (dapat diisi ulang), pendeteksi alat pacu jantung yang telah memenuhi persayaratan dari ANSI atau AAMI EC11.

Adapun untuk harga ECG ini adalah Rp22.000.000,-.

MEDICALOGY | TOKOPEDIA

Selanjutnya juga ada mesin ECG lainnya seperti Medi ECG 1106L (Rp31,4 jutaan), Carewell Medi ECG 12 Channel (Rp58 jutaan), Mesin EKG Merk Aspel (Rp44 jutaan), dan Carewell Medi ECG 12 Channel (Rp85 jutaan).

Setelah ini, Anda hanya perlu memilih untuk menentukan hendak menggunakan alat ECG yang seperti apa. Selain mempunyai alat yang bagus untuk klinik, Anda juga dapat melengkapinya dengan menggunakan aplikasi klinik guna membantu segala macam aktivitas yang terjadi di dalamnya.

Kenapa sih Klinik butuh Aplikasi?

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Berapa Harga Aplikasi Klinik

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

Daftar Harga Alat EKG yang Wajib Dimiliki sebuah Klinik, Lengkap dengan Spesifikasinya
Alat Kesehatan
Daftar Harga Alat EKG yang Wajib Dimiliki sebuah Klinik, Lengkap dengan Spesifikasinya
Harga dan Spesifikasi Tensimeter Manual dan Digital untuk Klinik
Alat Kesehatan
Harga dan Spesifikasi Tensimeter Manual dan Digital untuk Klinik

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.