ilustrasi halaman detail

ARTIKEL

Mengenal Fast Healthcare Interoperability Resources untuk Klinik

🕐 Baca 4 menit📅 05 April 2023 02:29

FHIR Klinik adalah sebuah platform berbasis teknologi yang dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman pasien di ruang rawat. FHIR Klinik merupakan singkatan dari "Fast Healthcare Interoperability Resources", yang merupakan standar industri yang dikembangkan oleh Komite Standar Internasional untuk Standar Kesehatan Elektronik (IHE).

Platform FHIR Klinik dirancang untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengalaman pasien dengan menyediakan alat untuk mengintegrasikan data kesehatan di antara berbagai layanan kesehatan.

Penggunaan dari FHIR mempunyai banyak kegunaan, salah satunya adalah dokter, perawat, dan pasien dapat mengakses data kesehatan secara efisien dan aman, dan mengintegrasikannya ke dalam sistem klinik yang ada. Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pelayanan kesehatan.

Selain itu, FHIR juga memungkinkan berbagai pihak untuk berbagi data kesehatan secara efektif. Hal ini memungkinkan dokter untuk berbagi informasi dengan perawat, pasien, dan ahli lainnya dengan cepat dan mudah. Ini juga membantu dokter untuk menggunakan data yang valid dan akurat untuk mengambil keputusan klinis yang tepat.

Manfaat lainnya, FHIR bisa memberikan berbagai layanan kesehatan untuk saling terhubung dan berkomunikasi. Dengan FHIR, klinik dapat mengakses data kesehatan dari berbagai layanan kesehatan lainnya, seperti rumah sakit, laboratorium, pusat kesehatan, dan banyak lagi. Hal ini membuat dokter bisa untuk mengakses informasi kesehatan pasien dari berbagai sumber yang berbeda, memberikan informasi yang lebih komprehensif tentang kondisi pasien.

Dalam jangka panjang, FHIR dapat membantu mendorong transformasi pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Dengan platform ini, pasien dapat menikmati pengalaman pelayanan kesehatan yang lebih cepat dan lebih baik.

Platform ini akan membantu meningkatkan akses ke informasi kesehatan, yang memungkinkan dokter untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

FHIR sebagai API

FHIR klinik adalah spesifikasi API yang diciptakan oleh The Health Level Seven International (HL7) untuk memfasilitasi pertukaran informasi kesehatan di antara pihak yang berbeda dalam industri kesehatan. FHIR menggunakan protokol yang dikenal sebagai FHIR (Fast Healthcare Interoperability Resources) untuk mengakses, menemukan, dan memanipulasi informasi kesehatan. Ini juga memungkinkan pihak yang berbeda untuk bekerja sama dengan mudah dengan teknologi ini.

FHIR dimaksudkan untuk membantu pihak yang berbeda untuk berbagi informasi kesehatan. Ini melibatkan penggunaan standar data yang telah ditentukan, seperti CDA (Clinical Document Architecture) dan SMART (Substitutable Medical Applications, Reusable Technologies).

Standard data ini membuat pihak yang berbeda bisa untuk berbagi informasi kesehatan dengan mudah, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi kesehatan dengan lebih cepat dan lebih efisien.

FHIR juga menyediakan beberapa fitur tambahan yang memungkinkan pihak yang berbeda untuk membangun aplikasi yang lebih baik dan lebih mudah digunakan. Fitur ini termasuk API (Application Programming Interface) yang memungkinkan pihak yang berbeda untuk mengakses informasi kesehatan dengan lebih mudah; dan OAuth (Open Authorization), yang memungkinkan pihak yang berbeda untuk membangun aplikasi yang aman dan terlindungi.

Selanjutnya, FHIR membantu meningkatkan interoperabilitas di industri kesehatan. Hal ini dimungkinkan dengan memungkinkan pihak yang berbeda untuk berbagi informasi kesehatan dengan mudah. Ini juga memungkinkan pihak yang berbeda untuk membangun aplikasi yang lebih canggih dan aman, sehingga peningkatan kualitas layanan kesehatan juga dapat diharapkan.

Dengan begitu , bisa dipastikan bahwa FHIR akan menjadi solusi yang efektif untuk memfasilitasi pertukaran informasi kesehatan di industri kesehatan.

FHIR sebagai Model Data

FHIR adalah model data yang digunakan untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi informasi kesehatan pasien. Ini adalah pengembangan standar terbuka yang dikembangkan oleh Health Level Seven International (HL7).

FHIR dirancang untuk memfasilitasi interoperabilitas antara sistem kesehatan, memungkinkan untuk membuat, mengambil, mengubah, dan membagikan informasi kesehatan pasien secara efisien. FHIR bisa digunakan oleh semua sistem kesehatan, termasuk EMR, PAM, sistem pembayaran dan sistem luar ruangan.

Dengan menggunakan sistem dari FHIR, maka klinik akan bisa melakukan sesuatu agar informasi kesehatan pasien dapat diakses, diubah, dan dibagikan dengan cara yang lebih aman dan efisien.

Model data ini juga menyediakan struktur standar untuk mengklasifikasikan informasi kesehatan pasien, seperti informasi medis, keuangan, dan administratif.

Dengan menggunakan FHIR, informasi kesehatan pasien bisa diakses, diubah, dan dibagikan secara langsung antara sistem kesehatan, membantu untuk mengurangi kesalahan dan meningkatkan efisiensi.

Selain itu, FHIR memiliki manfaat untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan klinis. Penggunaan FHIR, informasi kesehatan pasien dapat dengan mudah diakses dan diubah. Hal ini memungkinkan dokter untuk membuat keputusan yang lebih informatif dan akurat sesuai dengan informasi kesehatan pasien yang disimpan dalam model data ini.

Integrasi informasi kesehatan pasien ke sistem kesehatan lain bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cara ini memungkinkan untuk meningkatkan interoperabilitas dan mengurangi masalah duplikasi data. Hal ini juga memudahkan untuk membuat, mengakses, dan membagikan informasi kesehatan pasien secara aman dan efisien.

FHIR menjadi model data yang sangat berguna untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi informasi kesehatan pasien. Model data ini dirancang untuk memfasilitasi interoperabilitas antara sistem kesehatan, memudahkan untuk membuat, mengakses, dan membagikan informasi kesehatan pasien secara aman dan efisien.

Nantinya, informasi kesehatan pasien dapat diakses, diubah, dan dibagikan dengan cara yang lebih aman dan efisien. Ini juga memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan klinis.

Keamanan FHIR Klinik

FHIR adalah protokol komunikasi berbasis web untuk mengintegrasikan berbagai sistem kesehatan dan mengirimkan informasi kesehatan. FHIR menetapkan keamanan yang ketat untuk mengamankan informasi kesehatan. Ini memastikan bahwa informasi kesehatan hanya dapat diakses oleh yang berwenang, dan untuk tujuan yang tepat.

Ketika menggunakan FHIR di klinik, sejumlah langkah keamanan harus diambil. Pertama, semua sistem yang digunakan harus mematuhi standar keamanan yang telah ditetapkan. Sistem juga harus dilengkapi dengan enkripsi yang kuat untuk melindungi informasi kesehatan.

Selain itu, klinik harus memastikan bahwa semua orang yang memiliki akses ke sistem kesehatan memiliki akses ke informasi kesehatan secara tepat. Akses terbatas harus diberikan kepada orang yang benar-benar berwenang untuk mengakses informasi kesehatan.

Pengelolaan identitas dan akses juga penting. Klinik harus memiliki proses untuk mengidentifikasi dan mengizinkan akses ke informasi kesehatan. Ini memastikan bahwa hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses informasi kesehatan.

Ketika menggunakan FHIR, sebuah klinik juga harus menggunakan audit log. Audit log mencatat semua akses yang diberikan kepada informasi kesehatan. Ini memungkinkan klinik untuk memonitor akses informasi kesehatan dan mengidentifikasi tindakan yang tidak sah.

FHIR memungkinkan klinik untuk mengintegrasikan sistem kesehatan mereka secara efektif. Namun, penting untuk memastikan bahwa sistem kesehatan tersebut aman dan hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang. Dengan mengikuti langkah-langkah keamanan yang telah disebutkan di atas, klinik dapat menjamin bahwa informasi kesehatan mereka tetap aman dan terlindungi.

Apakah klinik Anda sudah menggunakan FHIR?

Bacaan Lainnya

Kenapa Manajemen Data Klinik harus Pakai Aplikasi?
Aplikasi Klinik
Kenapa Manajemen Data Klinik harus Pakai Aplikasi?
Diterbitkan: 09 August 2023 04:07
Memahami tentang Pentingnya Fitur Point of Sales di Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik
Memahami tentang Pentingnya Fitur Point of Sales di Aplikasi Klinik
Diterbitkan: 09 August 2023 00:00
Tingkatkan Pelayanan Klinik dengan Aplikasi, Ini Rekomendasinya
Aplikasi Klinik
Tingkatkan Pelayanan Klinik dengan Aplikasi, Ini Rekomendasinya
Diterbitkan: 06 June 2023 01:31
Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.
  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Rekam medis elektronik untuk Fasyankes, terintegrasi satusehat, bridging BPJS PCARE dan antrean online mobile JKN, akreditasi paripurna dengan mejadokter