ARTIKEL

3 Cara Ampuh Merawat Gusi yang Bengkak

🕐 Baca 4 menit📅 08 October 2022 01:02

Anda pasti pernah mengalami yang namanya gusi bengkak. Hal yang sangat mengganggu karena walaupun mungkin tidak selalu mengakibatkan rasa sakit, tetapi akan terasa tidaknyaman.

Bahkan juga banyak penderita gusi bengkak yang terganggu hingga tidak bisa tidur lantaran gusinya bengkak. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tentang bagaimana sih supaya mencegah dan mengobati gusi bengkak.

GUSI SEHAT

Gusi atau gingiva menjadi bagian tubuh yang terletak di dalam mulut dengan terdiri dari atas jaringan mukosa dan menutupi tulang alveolar di rongga mulut. Gusi biasanya akan berwarna merah muda karena menandakan adanya pembuluh darah di baliknya.

Gusi yang sehat biasanya mempunyai warna merah muda, stabil, tidak goyah saat disentuh pakai tangan dan punya tekstur berbintik seperti kulit jeruk.

Tak cuma itu saja, biasanya juga kalau gusi Anda tengah bermasalah, maka akan berwarna terang, bahkan juga mudah berdarah ketika disentuh atau dipakai makan. Kalau sudah begitu, bisa dipastikan bahwa gusi tersebut mengalami peradangan.

JENIS MASALAH PADA GUSI

Penyakit atau masalah pada gusi bisa digolongkan ke dalam 2 hal, yaitu gingivitis dan periodontitis. Gingvitis adalah masalah atau penyakit yang diderita gusi pada tingkatan yang ringan. Sedangkan untuk periodontitis menjadi penyakit yang ada di gusi dan telah memasuki tingkat yang lebih parah, umumnya disertai dengan kerusakan pada tulang di bawahnya.

Adapun salah satu massalah yang terjadi pada gusi biasanya adalah seperti gusi bengkak, gusi berdarah, gusi lembek, hingga gusi bernanah. Masalah-masalah tersebut biasanya sangat sering terjadi pada pasien yang tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Masalah bengkak pada gusi menjadi salah satu penyakit yang paling sering terjadi dan justru diabaikan saja. Gusi bengkak dianggap biasa dan dibiarkan saja dengan maksud supaya kempes sendiri.

Padahal kalau dibiarkan, gusi yang bengkak bisa mengakibatkan masalah lain pada gusi yang selanjutnya bisa menjalar hingga ke gigi dan mulut.

PENYEBAB GUSI BENGKAK

Gusi yang bengkak umumnya ditandai dengan adanya bagian gusi yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung. Kondisi seperti ini dapat menjadi tanda awal dari peradangan gusi yang sifatnya kronis.

Oleh karena itu, kalau Anda mengalami kondisi yang begini, Anda perlu untuk segera mengatasinya sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku.

Penyebab gusi bengkak sendiri umumnya diakibatkan oleh beberapa hal. Berikut diantaranya:

1. Sisa Makanan

Jika sisa-sisa makanan tidak dibersihkan dengan baik lalu tertinggal di sela-sela antara gigi dan gusi maka bisa mengundang kuman dan bakteri yang masuk.

Hal ini juga sering dialami oleh anak-anak yang jarang menyikat gigi. Kalau dibiarkan secara terus-menerus, bakteri dan kuman pun pasti akan menumpuk dan mengakibatkan gusi bengkak pada anak.

2. Hormon

Bukan hanya dari faktor eksternal saja, ternyata gusi bengkak bisa terpengaruh hormon yang biasanya terjadi pada perempuan. Biasanya sih sering terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Perubahan kadar hormon karena kehamilan ini menjadi penyebab utama dan biasanya kondisi seperti ini bersifat sementara.

3. Obat-obatan

Sejumlah jenis obat-obatan ternyata juga bisa menjadi penyebab dari gusi yang membengkak. Hal ini perlu untuk Anda perhatikan kalau Anda sudah menjaga kesehatan mulut dengan baik secara keseluruhan, tapi gusi terlihat membengkak, bisa jadi penyebabnya adalah karena obat-obatan.

Obat-obatan seperti untuk menurunkan tekanan darah menjadi salah satu yang paling sering menjadi penyebabnya karena obat ini bisa mengakibatkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi hingga mengakibatkan pembengkakkan pada gusi.

4. Iritasi

Iritasi umumnya terjadi karena reaksi alergi atas bahan-bahan tertentu yang terkandung di makanan, minuman, pasta gigi atau produk-produk mulut lainnya yang dipakai.

Reaksi alergi ini bakal mengakibatkan jaringan gusi menjadi merah, lalu berujung pada kondisi bengkak. Bahkan untuk bengkak yang serius, bahkan bisa mengakibatkan gusi berdarah hingga bernanah.

5. Karang Gigi

Plak, Karang Gigi atau Kalkukus juga bisa menjadi salah satu penyebab yang sering membuat gusi menjadi bengkak. Plak adalah sebuah lapisan lunak yang tidak terlihat kasat mata. Melekat erat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri pada mulut.

Plak bisa menjadi terlihat kalau Anda tidak rajin menjaga kesehatan mulut Anda. Ini tandanya, kesehatan gigi dan mulut Anda sudah buruk.

Plak tersebut nantinya akan menimbulkan zat berwarna kuning pada gigi. Pasti Anda pernah lihat kan, orang yang giginya kuning karena jarang sikat gigi, nah itu!

Sedangkan untuk karang gigi adalah plak yang terkalsifikasi atau mengeras dan kalau dibiarkan menumpuk dan tidak dibersihkan maka bisa mengakibatkan radang pada gusi.

6. Vitamin

Kekurangan vitamin C juga bisa mengakibatkan gusi Anda menjadi bengkak karena vitamin akan membantu memperkuat jaringan ikat, salah satunya adalah gusi.

CARA MENGATASI GUSI BENGKAK

Sekarang Anda sudah mengetahui sejumlah penyebab utama dari pembengkakkan pada gusi. Maka Anda juga perlu memahami beberapa cara untuk mengatasi gusi bengkak.

Adapun beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kompres

Kalau gusi menjadi bengkak tanpa disertai nyeri yang berdenyut, Anda bisa melakukan kompres pada gusi dengan menggunakan es batu. Rasa dingin dari es batu akan membantu Anda mengurangi pembengkakkan pada gusi.

Sedangkan kalau gusi Anda membengkak disertai dengan nyeri berdenyut, Anda bisa mengompres gusi Anda dengan air hangat.

2. Kumur

Air garam menjadi salah satu bahan yang dipercaya bisa membantu pengatasi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang mengakibatkan gusi menjadi bengkak.

Larutkan garam pada air yang kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur selama beberapa detik. Ulangi secukupnya, maka dalam waktu beberapa menit, efeknya akan mulai terasa.

3. Hindari Iritasi

Kalau Anda mengalami gusi yang bengkak, maka sangat disarankan untuk Anda bisa menghindari yang bisa mengakibatkan iritasi, misalnya seperti minuman beralkohol atau merokok. Dengan menghindari hal-hal seperti ini, maka Anda bisa mengurangi tingkat iritasi yang terjadi pada gusi dan membantu Anda dalam mengatasi pembengkakkan gusi.

Cara-cara tersebtu di atas menjadi sejumlah cara yang dapat Anda lakukan agar bisa membantu dalam mengatasi gusi yang bengkak. Tetapi juga harus didukung dengan kesehatan mulut, khususnya gusi dengan usaha pencegahan supaya gusi Anda senantiasa sehat.

Anda harus rajin menjaga kesehatan dan kebersihan mulut Anda secara keseluruhan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari.

Waktu yang ideal adalah pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Ingat untuk sikat gigi dengan kurun waktu sekitar 1 menit ke atas dengan cara menyikat yang baik dan benar.

Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride dan sejumlah protection lainnya untuk melindungi mulut dari penyakit gigi dan mulut, terutama gusi.

Tak cuma itu saja, menjadi hal yang sangat penting bagi Anda untuk secara rutin berkunjung ke dokter gigi paling tidak selama 6 bulan sekali.

Nantinya penanganan dokter gigi akan bisa dilanjutkan dengan proses scalling agar membersihkan plak dan karang gigi yang bisa mengakibatkan gusi menjadi bengkak.

Terakhir, Anda juga harus memperhatikan nutrisi sehari-hari. Seperti yang sudah mejadokter sebutkan tadi kalau salah satu faktor penyebab gusi bengkak adalah kurangnya vitamin. Jangan sampai hanya karena Anda tidak memperhatikan asupan harian, maka gusi Anda mengalami masalah.

Bacaan Lainnya

Kenapa Perawat banyak yang Nganggur? Apakah kurang Loker?
Tips
Kenapa Perawat banyak yang Nganggur? Apakah kurang Loker?
Diterbitkan: 11 November 2022 05:52
Ketahui Prospek Jurusan Teknik Biomedis di Masa Depan
Tips
Ketahui Prospek Jurusan Teknik Biomedis di Masa Depan
Diterbitkan: 15 November 2022 05:54
Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Tips
Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Diterbitkan: 01 November 2022 01:56

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.