ARTIKEL

Cara Meningkatkan Pelayanan Dokter di Klinik

🕐 Baca 4 menit

Sudah diketahui secara umum bahwa untuk sistem pelayanan dari klinik kesehatan yang ada di Indonesia masih dinilai berada di bawah standar mutu yang seharusnya. Walaupun semuanya sudah berkembang dengan begitu pesatnya, tapi kenapa tingkat pelayanan di klinik Indonesia masih dianggap kurang?

Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi alasan dari standar pelayanan klinik di Indonesia masih berada di bawah mutu standar tersebut? Yuk kita ulas!

1. Tata Laksana, Manajerial dan Pelayanan Kesehatan

Salah satu alasan kenapa standar pelayanan klinik di Indonesia masih berada di bawah mutu standar umum adalah karena dokter yang tak mendapatkan pendidikan untuk tata laksana, manajerial dan pelayanan kesehatan.

Misalnya untuk sistem kerja yang biasanya dilakukan dalam pelayanan kesehatan, mayoritas dokter akan menyerahkan semuanya ke perawat atau pegawai administrasi.

Sedangkan dokter yang mempunyai fokus pekerjaan pada pendiagnosaan penyakit pasien dan memberi obat.

2. Finansial

Selain itu, dokter biasanya juga tak mendapatkan pendidikan untuk pengelolaan finansial terutama saat ingin membuka klinik sendiri.

Dengan begini, dokter harus belajar sendiri baik dari otodidak atau menempuh pendidikan khusus untuk bisa membekali diri dengan pengetahuan bisnis.

3. Branding

Bukan hanya produk atau artis terkenal saja, tetapi banyak dokter tak mengetahui kalau klinik membutuhkan branding yang harus diciptakan sebaik mungkin.

Branding adalah sebuah citra yang terpatri di pikiran pasien. Mereka yang pernah datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik.

Ada banyak dokter yang menganggap bahwa branding ini tidak begitu penting atau mungkin telah mengetahuinya tapi justru merasa bingung.

4. Pengelolaan Fasilitas Kesehatan

Mungkin klinik bukanlah seperti rumah sakit yang mempunyai alat dan fasilitas lengkap, tetapi pasti yang namanya klinik tetap ada fasilitas yang harus dijaga.

Fasilitas klinik tersebut wajib mendapatkan perawatan yang semestinya supaya tidak mudah rusak. Tapi sayang sekali karena banyak diantara dokter yang tak terlalu memperhatikan tentang perawatan alat dan fasilitas klinik.

Hal ini membuat fasilitas klinik menjadi tidak maksimal, mungkin dampaknya adalah seperti sering error atau tidak akuratnya hasil pemeriksaan.

5. Administrasi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya kalau dokter umumnya tak mendapatkan pendidikan manajerial, terutama tentang bagaimana mengelola sebuah klinik dari sisi administrasi.

Kemudian mereka akan menggunakan cara-cara yang ditemukan tanpa mengetahui apakah itu sudah bisa dianggap sebagai solusi yang tepat atau tidak.

Ada banyak sekali dokter yang terjebak di sini, namun untuk era sekarang ini rasanya sudah tidak perlu khawatir lagi. Itu karena sekarang sudah ada banyak sekali aplikasi klinik yang dapat menyelesaikan permasalahan administrasi klinik.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah MejaDokter. Ini adalah aplikasi klinik yang terpopuler dengan segudang manfaat. Selain itu, MejaDokter juga mengutamakan keamanan informasi pasien lewat data yang sudah terenkripsi dan disimpan dengan baik.

Permasalahan di klinik
Permasalahan di klinik

Masalah klinik yang sering terjadi

Selain permasalahan yang sudah disebutkan di atas, ternyata klinik juga memiliki sejumlah masalah lain yang rasanya tidak kalah penting juga.

1. Standarisasi Tata Kelola

Oleh karena dokter yang tidak mumpuni dalam hal administrasi dan manajerial sehingga membuat standarisasi tata kelola klinik menjadi tidak baik.

2. Akreditasi yang terhambat

Kemudian juga oleh karena sistem yang ada di pemerintahan tidak memprioritaskan akreditasi klinik, maka sering terjadinya hambatan saat klinik hendak mendapatkan akreditasi.

Padahal apabila klinik berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan akreditasi yang baik, maka bisa dipastikan standarisasi pelayanan kesehatan klinik di Indonesia pasti akan meningkat dengan sendirinya.

3. Kapitasi BPJS

Klinik juga mempunyai masalah berupa tidak mampu untuk mengatur kapitasi BPJS. Padahal saat ini seperti diketahui kalau BPJS menjadi salah satu metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Mengingat bahwa memang pemerintah sudah menggaungkan kalau masyarakat sudah bisa mengandalkan BPJS sebagai alat pembayaran berupa asuransi pelayanan kesehatan yang resmi dari pemerintah.

Kemudian pemerintah pun saat ini bersamaan dengan menghadapi tantangan berupa pemberian kualitas mutu pelayanan kesehatan yang baik dengan biaya murah.

Apa yang kemudian harus dilakukan?

Sebenarnya solusi terbaik sudah disinggung sedikit sebelumnya, yaitu tentang penggunaan aplikasi klinik yang memberikan inovasi terbaru dalam pengelolaan klinik di era modern.

Aplikasi yang dapat mempermudah kerja dari pegawai dan memberikan pelayanan terbaik untuk pasien. Mulai dari antrian, pemeriksaan, hingga pemberian obat yang bisa dilakukan secara automasi dan terkoneksi langsung lewat jaringan atau internet.

Penggunaan aplikasi klinik ini diyakini dapat memberikan perubahan besar di dalam industri klinik kesehatan yang ada di Indonesia.

Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia saat ini, MejaDokter menjadi salah satu yang terbaik dan patut untuk dijadikan pilihan.

Fitur MejaDokter

Ada sejumlah alasan yang bisa dijadikan referensi kenapa MejaDokter disarankan sebagai aplikasi klinik yagn patut untuk Anda pilih.

Beberapa alasan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Sekarang Anda tidak perlu lagi pusing dengan rekam medis untuk pemeriksaan awal pasien yang dimulai dari keluhan, diagnosa, rencana rujukan, rawat inap, dan lain sebagainya.

Semua history dari pasien akan bisa dicatat dengan baik lewat data yang dimasukkan ke dalam aplikasi. Sistem kerja pun menjadi jauh lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini.

2. Manajemen Data Master

Mengelola semua data yang mungkin saja tak tertata rapi di sebuah platform terutama untuk menambah data, yaitu:

  • Dokter
  • Perawat
  • Pegawai
  • Pasien
  • IKS
  • Rumah Sakit
  • Poli
  • Obat
  • dan lainnya

3. Point of Sale

Ini merupakan sebuah fitur pembukuan dan pelaporan akuntan usaha yang dimiliki oleh klinik supaya tidak lagi merepotkan karena banyaknya aplikasi yang terpisah.

a. Pengembalian barang

Dengan menggunakan aplikasi klinik Mejadokter, Anda bisa melakukan proses refund atau pengembalian barang yang dapat dihitung secara otomatis.

b. Sistem Pencarian

Menu pencarian yang didasarkan dengan nama obat atau bahkan juga bisa menggunakan scan pakai barcode. Sebuah sistem pencairan yang sangat User-Friendly. Klinik Anda akan menjadi terlihat sangat modern dengan menggunakan aplikasi ini.

c. Pergantian Resep

Jika ada perubahan resep atau anjuran obat serta dosis yang disesuaikan dengan ketersediaan stok kemudian dicatat ke dalam rekam medis dari pasien apabila transaksi itu adalah resep dokter dari hasil rekam medis.

4. Pelaporan Otomatis

Sebuah pekerjaan yang sangat merepotkan saat harus menarik data manual satu per-satu dari platform hanya untuk sekedar memohon ajuan BPJS atau mungkin seperti membuat laporan ke pemilik klinik hingga membuat pelaporan pajak.

Apabila Anda menggunakan aplikasi klinik Mejadokter maka masalah itu tidak akan menjadi sesuatu yang mengganggu lagi karena bisa mengeluarkan laporan dalam bentuk Excel dalam sekejap.

Selain itu, Anda juga bisa membuat auto-report yang disesuaikan dengan pengaturan. Penerbitan laporan harian atau disesuaikan dengan pengaturan yang secara otomatis lalu dikirim ke alamat email pemilik klinik.

Itulah tadi untuk sejumlah tips yang bisa diberikan agar dapat meningkatkan pelayanan dokter di sebuah klinik. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.

Bacaan Lainnya

8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Aplikasi Klinik
8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Digitalisasi Kesehatan Indonesia
Aplikasi Klinik
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Digitalisasi Kesehatan Indonesia

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.