ARTIKEL

Apakah Pemilik Klinik Harus Dokter? Pengusaha bisa?

🕐 Baca 7 menit

Bisnis menjalankan usaha klinik masih sangat menjanjikan, tapi apakah untuk memiliki klinik harus menjadi seorang dokter? Ternyata ada lho kemitraan untuk membuka klinik agar bisa memudahkan Anda memulai bisnis klinik walau bukan seorang dokter.

Pelayanan kesehatan rasanya akan terus dibutuhkan karena banyak orang yang ingin selalu mendapatkan kebugaran.

Bahkan bisnis kesehatan bisa dikatakan tak terlalu terpengaruh oleh gejolak ekonomi yang terjadi di sebuah negara.

Namun, pengusaha akan kesulitan untuk menggarap bisnis klinik karena membutuhkan tenaga ahli kesehatan seperti dokter dan perawat.

Seperti diketahui bahwa untuk mendirikan usaha klinik, dibutuhkan persyaratan berupa tenaga kesehatan dokter dan perawat.

Pengusaha Bukan Dokter Miliki Usaha Klinik Kesehatan

Walaupun terdapat peraturan yang mewajibkan untuk klinik dikelola oleh seorang dokter dan perawat, tapi ternyata masih ada lho peluang yang bisa dilakukan.

Saat ini mulai ada banyak tawaran untuk kemitraan dalam membuka klinik kesehatan. Dengan cara kemitraan, pengusaha bisa mempunyai klinik walau bukan seorang dokter. Lalu, bagaimana caranya?

Berdasarkan artikel lawas yang ada di Kontan, jika ada pengusaha yang ingin membuka klinik kesehatan, maka bisa dengan jalur kemitraan.

Mitra dari klinik tersebut akan bisa mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang berlangsung di klinik. Meskipun begitu, jalur kemitraan ini dipastikan mempunyai tarif atau biaya yang terjangkau untuk pasien.

Berdasarkan pengalaman, omset dari klinik kemitraan ini mencapai Rp30 juta sampai dengan Rp70 juta. Sedangkan untuk porsi keuntungan bersih yang didapatkan sekitar 15 persen dari total omset tersebut.

Kemitraan ini diketahui berlaku untuk klinik dokter umum, dokter gigi dan apotek. Uniknya lagi, pengusaha hanya akan terima beres karena persiapan sudah ditanggung oleh pihak penyedia klinik.

Pihak penyedia kemitraan klinik ini akan memberikan dukungan manajemen dan pengawasan terkait standar mutu. Pengusaha bisa berkonsultasi mengenai biaya operasional, supervisi, dan layout bangunan.

Mitra pun juga akan mendapatkan alat kerja serta pasokan produk-produk yang dibutuhkan oleh klinik untuk beroperasi.

Apakah Anda bertanya tentang persyaratan utama tentang dokter dan perawat di klinik? Tenang saja karena ini sudah disiapkan oleh pihak kemitraan. Bahkan tidak hanya perawat saja, apoteker juga termasuk ke dalamnya.

Selanjutnya, pengusaha juga akan dibantu untuk melakukan pemasaran serta promosi klinik kemitraan tersebut untuk bisa mendapatkan pasien.

Persyaratan Pengusaha Miliki Klinik

Walaupun semua dimudahkan, tetap saja ada persyaratan yang harus dipenuhi agar pengusaha yang bukan dokter bisa memiliki sebuah klinik.

Salah satunya adalah untuk survei lokasi mendirikan klinik. Anjuran yang diberikan, klinik harus berada di lingkungan perumahan atau areal penduduk yang padat.

Nantinya pengusaha akan membayar biaya untuk melakukan survei sebesar Rp3 juta khusus yang berada di pulau Jawa, sedangkan Rp5 juta untuk yang di luar Pulau Jawa.

Apabila lokasi tersebut telah disetujui, pengusaha kemudian mempersiapkan modal untuk mendirikan klinik itu. Pembelian paket kemitraan dan biaya pembangunan ruangan harus dilakukan.

Paket Klinik Kemitraan

Terdapat 3 paket klinik kemitraan yang tersedia, dimulai dari biaya sebesar Rp100 juta, Rp160 juta, dan Rp250 juta.

1. Paket Klinik Rp100 juta

Kalau Anda mengambil paket ini, Anda dapat mendirikan klinik standar yang buka selama 8 jam dalam satu hari dengan 1 dokter praktik.

Anda harus mempersiapkan ruangan minimal 35 meter untuk ruang tunggu atau pendaftaran, ruang periksa dan toilet.

Nominal itu belum termasuk desain ruangan klinik yang diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp50 jutaan. Kemudian, Anda juga harus mempersiapkan AC, komputer, internet, dan wastafel.

Perangkat interiornya adalah seperti satu meja dokter, satu kasur pemeriksaan, satu meja administrasi, satu lemari obat, kursi tunggu untuk sekitar 10 orang dan satu lemari untuk arsip.

2. Paket Klinik Rp160 juta

Paket yang tersedia selanjutnya adalah kemitraan dengan biaya Rp160 juta. Anda bisa memiliki klinik dengan fasilitas berupa 2 dokter praktik dan apotek yang buka selama 12 jam dalam satu hari.

Selain itu, Anda juga wajib menyediakan lahan dengan luas minimal 60 meter untuk ruang tunggu sekaligus pendaftaran, farmasi, ruang periksa dan toilet.

Fasilitas lainnya yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan tipe klinik yang Rp100 juta. Mengenai biaya yang kemungkinan dibutuhkan terkait renovasi adalah sekitar Rp75 juta – Rp90 juta dengan perlengkapan interior yang mirip dengan paket sebelumnya.

3. Paket Klinik Rp250 juta

Klinik ini memiliki dua dokter praktik, apotek yang buka selama 12 jam, serta laboratorium. Anda bisa menjalankan klinik dengan 2 dokter yang bekerja secara shift, laboran, apoteker, tenaga administrasi, dua asisten apoteker dan pegawai di bagian umum.

Lahan yang dibutuhkan untuk paket ini adalah sebesar 90 meter dan dana renovasi sekitar Rp100 juta. Tentu saja Anda juga harus menyediakan tempat untuk dibangun ruang laboratoriumnya.

Dengan menggunakan jasa kemitraan klinik, Anda tidak hanya mendapatkan pasokan tenaga kerja medis saja, manajemen serta resep, obat dan kebutuhan laboratorium juga akan ditanggung secara penuh.

Namun, bila Anda mempunyai pemasok obat-obatan tertentu, maka bisa dikoordinasikan kepada pihak terkait agar bisa saling menyesuaikan.

Selanjutnya penyedia kemitraan akan menarik biaya atau fee beberapa persen dari total omset per-bulan klinik. Sedangkan untuk masa berlaku kemitraan biasanya mencapai 5 tahun. Apabila masa kemitraan selesai, maka pengusaha wajib membayar biaya untuk penggunaan merek sebesar Rp75 juta.

Lalu, bagaimana dengan sistem manajemen dan pengelolaan yang berlangsung di klinik? Tenang saja karena saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi klinik yang dapat diandalkan.

Pengusaha tidak perlu lagi khawatir dengan pendataan dan terutama transparansi keuangan klinik. Semuanya bisa terlihat jelas dengan menggunakan aplikasi klinik.

Kenapa Klinik butuh aplikasi?

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Mengetahui Harga Aplikasi Klinik Sebenarnya

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Mejadokter Aplikasi
Mejadokter Aplikasi

Apa sih Meja Dokter itu?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Keunggulan Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

21 Alat Kesehatan Medis yang Wajib Tersedia di Klinik Berstandar Baik
Klinik
21 Alat Kesehatan Medis yang Wajib Tersedia di Klinik Berstandar Baik
Persyaratan Pendirian Klinik Utama atau Pratama, Dokter Wajib Tahu Sih
Klinik
Persyaratan Pendirian Klinik Utama atau Pratama, Dokter Wajib Tahu Sih
Apakah Pemilik Klinik Harus Dokter? Pengusaha bisa?
Klinik
Apakah Pemilik Klinik Harus Dokter? Pengusaha bisa?

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.