ARTIKEL

Pengembangan Klinik agar punya Kualitas Terbaik

🕐 Baca 6 menit

Memiliki klinik dengan kualitas terbaik membutuhkan banyak sekali faktor utama yang harus diperhatikan. Mulai dari bagaimana rencana pembuatannya, tempat, pengelolaannya, hingga hal kecil lain yang tidak bisa disepelekan.

Apalagi untuk klinik bisa dikatakan sebagai bisnis yang berhubungan secara langsung dengan masyarakat berupa pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, pemilik klinik wajib untuk mengetahui banyak hal termasuk perkembangan kliniknya dari waktu ke waktu.

Walaupun mungkin terlihat sederhana, namun percayalah bahwa memperhatikan perkembangan kualitas tidak bisa dilakukan dengan mudah. Anda membutuhkan banyak sekali indikator yang bisa menghasilkan output evaluasi terbaik dan akurat.

Kualitas klinik dipercaya akan berpengaruh secara langsung pada keberlangsungan operasional klinik di masa depan. Paling tidak, Anda harus mengetahui tentang apa saja yang harus diperbaiki dan dipertahankan dari setiap kondisi dan kegiatan yang terjadi di klinik.

1. Kepuasan Pasien

Satu hal yang berhubungan langsung dengan tingkat kualitas klinik adalah kepuasan pasien. Oleh karena itu ini menjadi faktor pertama yang wajib untuk Anda ketahui.

Bagaimana caranya? Ada banyak strategi yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah tingkat kepuasan pasien baik atau tidak.

Mulai dari yang secara langsung membuat questioner singkat dan diberikan kepada sejumlah pasien tertentu dengan metode-metode yang bisa Anda buat sesuai ketentuan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat data dari pasien yang sudah datang. Apakah pasien tersebut menjadi langganan klinik atau tidak. Mungkin cara melihat data pasien ini akan mudah dilakukan saat Anda sebagai pemilik klinik menggunakan aplikasi.

Aplikasi klinik yang bisa membantu banyak proses kegiatan di klinik, salah satunya adalah dengan melihat data riwayat pasien.

Ketika Anda melihat banyak pasien yang terdata hanya datang satu kali saja, tanpa kembali datang dalam kurun waktu beberapa bulan, maka bisa dicurigai bahwa tingkat kepuasan pasien rendah saat berkunjung ke klinik.

Apalagi kalau banyak pasien merupakan orang yang mempunyai penyakit tertentu dan sebenarnya mempunyai jadwal periksa rutin, namun Ia justru tidak pernah datang, hampir bisa dipastikan terdapat masalah serius di dalam tingkat pelayanan klinik hingga membuat mereka tidak puas dan enggan untuk kembali lagi.

Dengan menggunakan aplikasi klinik, Anda sepertinya bisa mengesampingkan cara lama untuk membuat survei lewat questioner. Anda bisa melihatnya secara langsung lewat data-data yang valid dan tidak perlu diragukan lagi kebenarannya.

2. Memenuhi Kebutuhan Klinik

Kepuasan pasien akan berhubungan langsung dengan kebutuhan klinik yang tersedia atau tidak. Bukan hanya dari sisi peralatan saja, tetapi juga termasuk pelayanan dan sistem yang berjalan di klinik.

Mengenai kebutuhan peralatan, pemilik harus mengetahui tentang anggaran serta modal pengembangan selanjutnya. Peralatan dan perlengkapan harus dipersiapkan dengan matang. Apabila masih ada kekurangan, maka selanjutnya harus segera direncanakan apakah kekurangan itu harus segera dipenuhi atau tidak.

Selanjutnya, pemilik klinik juga harus memperhatikan tentang bagaimana kesejahteraan petugas agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien. Percayalah ketika Anda sebagai owner tidak memperlakukan petugas klinik dengan baik, maka mereka akan enggan untuk bekerja dengan baik dan secara langsung akan mempengaruhi pelayanan mereka kepada pasien.

Kualitas klinik akan terlihat sangat jelas dari pelayanan para petugas, semakin baik pelayanannya maka bisa dipastikan bahwa Anda sudah memberikan kesejahteraan yang cukup bagi mereka.

Kembali membahas tentang peralatan yang dibutuhkan oleh pasien, Anda harus mempertimbangkan apakah alat tersebut memang sangat dibutuhkan oleh klinik atau bisa dirujuk ke rumah sakit. Tentu saja kalau klinik Anda mempunyai peralatan yang memadai akan menjadi nilai plus bagi pasien.

Tapi juga jangan memaksakan karena pengadaan alat harus diimbangi dengan perhitungan yang matang. Tentu Anda tidak mau mengadakan alat yang mahal tapi jarang digunakan, ini tidak baik.

Kualitas pelayanan klinik menjadi sangat penting di sini, oleh karena itu maka Anda sangat membutuhkan penggunaan aplikasi klinik agar bisa dengan mudah mengevaluasinya.

Oh ya, jangan pernah lupa untuk memberikan inovasi terbaik yang bisa diberikan agar pasien bisa mendapatkan pelayanan super dari klinik hingga membuatnya puas.

3. Evaluasi Berkala

Perkembangan klinik tidak bisa hanya dari satu titik ke titik lainnya, melainkan selalu menuju titik-titik baru pada setiap waktunya.

Oleh karena itu bahan evaluasi menjadi indikator yang harus diperhatikan di sini. Jika Anda menggunakan aplikasi klinik, maka akan menjadi sangat mudah untuk menganalisa. Anda tidak perlu lagi mencatat satu per-satu secara manual, ini sangat merepotkan!

Dengan menggunakan aplikasi klinik, Anda bisa mendapatkan data-data yang hendak dievaluasi dengan mudah. Selanjutnya, Anda hanya perlu mempelajarinya lalu jika dibutuhkan, Anda bisa mengadakan rapat dengan para petugas klinik untuk mendapatkan hasil evaluasi terbaik.

Ingat bahwa klinik merupakan tempat pelayanan kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Sumber pendapatan yang didapatkan klinik murni dari pasien-pasien yang datang berobat. Maka kalau pasien yang datang merasa tidak puas, Ia tidak akan mungkin kembali lagi ke klinik Anda.

Apalagi mengingat saat ini sudah ada banyak sekali dokter yang memiliki kliniknya sendiri. Pilihan masyarakat menjadi sangat beragam, jadi Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja.

Evaluasi yang dilakukan bisa dilakukan secara berkala mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Tentu saja materi evaluasi pada setiap waktunya tidak sama.

4. Kualitas Alat dan Bangunan

Jika berbicara tentang kualitas klinik, maka juga akan berhubungan dengan kualitas alat dan bangunan. Perawatan alat yang digunakan harus dilaksanakan dengan baik agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang baik untuk pasien.

Kalau memang ada alat yang rusak, maka segera diperbaiki atau jika dibutuhkan, beli yang baru. Begitu juga dengan bangunan, kalau cat sudah mulai kusam, maka bisa dilakukan pengecatan kembali agar klinik bisa terlihat bersih dan cerah.

Kebersihan alat dan tempat juga menjadi prioritas yang tidak boleh dikesampingkan. Pasien akan merasa tidak nyaman saat berobat ke klinik yang tidak bersih.

Kalimat 'klinik yang tidak bersih' bukan berbicara tentang klinik yang kotor karena tentu saja kita tahu bahwa tidak mungkin ada klinik yang 'jorok'. Namun, kebersihan yang dimaksud adalah sebuah lingkungan yang benar-benar bersih dan rapi.

Bahkan kalau perlu, tidak boleh ada sampah sedikitpun, walau hanya sepotong kertas atau plastik kecil yang tergeletak di lantai. Buat klinik Anda menjadi cermin lingkungan yang bersih dan higienis.

5. Standard Operating Procedure (SOP)

Setiap klinik pasti mempunyai Standard Operating Procedure (SOP) yang berbeda-beda, namun tetap berdasarkan kaidah yang berlaku.

Walau di dalam teori sudah diketahui secara pasti, namun dalam prakteknya kadang ada ketidaksesuaian di sana. Nah, hal seperti ini harus Anda ketahui sejak dini agar kebiasaan yang tidak sesuai SOP dapat dihindari.

Kalau ada petugas klinik yang melakukan sesuatu di luar SOP, maka Anda bisa segera menegurnya supaya tidak melakukan hal tersebut kembali.

Pentingnya Aplikasi Klinik

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Aplikasi Mejadokter
Aplikasi Mejadokter

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Ingin Klinik Ramai? Ini yang Harus Dilakukan Dokter Gigi
Tips
Ingin Klinik Ramai? Ini yang Harus Dilakukan Dokter Gigi
Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Klinik dengan Mudah
Tips
Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Klinik dengan Mudah
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit
Tips
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.