ARTIKEL

3 Prioritas Utama Kementerian Kesehatan untuk Teknologi Kesehatan Indonesia

🕐 Baca 7 menit

Kementerian Kesehatan saat ini diketahui mempunyai 3 prioritas untuk bisa memberikan dukungan penuh terhadap transformasi teknologi kesehatan di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa saat ini mengenai layanan kesehatan di Indonesia sudah meningkat dengan begitu pesatnya.

Contohnya saat penggunaan asuransi kesehatan dari pemerintah, yaitu BPJS yang dulunya terkenal dengan pengurusan ribet, pelayanan tidak baik, dan banyak hal negatif lainnya, sekarang pemerintah sudah memperbaikinya.

Ketika Anda menggunakan asuransi BPJS Kesehatan, tidak perlu takut lagi untuk mendapatkan perlakuan yang berbeda jika dibandingkan dengan mereka yang menggunakan jalur mandiri.

Begitu juga dengan kepengurusan administrasi layanan kesehatan dengan menggunakan BPJS Kesehatan yang lebih mudah. Anda tidak perlu lagi repot untuk banyak melakukan pendaftaran guna proses administrasi. Semuanya lebih ringkas sekarang!

Prioritas Kementerian Kesehatan

Mengembalikan topik pembahasan pada 3 prioritas utama yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan guna menunjang transformasi teknologi kesehatan di Indonesia, ada apa saja?

Harapan dari Kementerian Kesehatan sendiri adalah untuk bisa terciptanya sebuah kolaborasi yang hebat serta ekosistem inovasi kesehatan digital yang terjadi antara pemerintah, industri, universitas dan masyarakat.

Lalu apa sih 3 prioritas Kementerian Kesehatan yang dimaksud ini?

1. Perluasan Teknologi Telemedicine

Teknologi Telemedicine
Teknologi Telemedicine

Setelah pandemi Covid-19 memaksa kita hidup di dalam kondisi yang mungkin tidak biasa lagi. Ada banyak protokol kesehatan dan aturan pembatasan yang sepertinya masih terus dilakukan hingga saat ini. Walaupun sudah lumayan diperlonggar ya.

Kondisi seperti ini ternyata juga mendorong untuk meningkatnya penggunaan telemedicine. Adapun buat Anda yang belum mengetahui telemedicine, yaitu sebuah layanan kesehatan berbasis teknologi yang memungkinkan untuk para pengguna berkonsultasi dengan dokter tanpa bertatap muka atau jarak jauh guna memberikan konsultasi diagnostik dan tata cara pelaksanaan untuk merawat pasien.

Walaupun di Indonesia masih tergolong sangat baru, tapi penggunaan telemedicine ini sudah banyak dipakai oleh masyarakat lho.

WHO menjelaskan bahwa ada 4 elemen utama yang berhubungan dengan telemedicine, yaitu:

  • Memberi dukungan klinis
  • Bermanfaat untuk mengatasi hambatan geografis atau jarak
  • Punya tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat
  • Adanya penggunaan sejumlah perangkat teknologi informasi

Telemedicine punya potensi untuk bisa mengatasi sejumlah masalah layanan kesehatan dan bahkan bisa disebut sebagai revolusi kesehatan masyarakat Indonesia.

Permasalahan utama dari pelayanan kesehatan di Indonesia saat ini diketahui adalah jumlah dokter yang masih sangat terbatas. Penyebarannya pun juga diketahui masih belum merata.

Jumlah dokter per-kapita baru sekitar 4/10 ribu penduduk yang menurut standar WHO harus mencapai 10/10 ribu penduduk atau 1 dokter per-1.000 penduduk dalam sebuah negara.

Dengan dikembangkannya telemedicine ini tentu saja menawarkan sejumlah kemudahan bagi masyarakat dan tenaga layanan kesehatan. Terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah dengan jumlah dokter terbatas atau lingkungan geografi yang tidak menguntungkan.

Tak cuma itu saja karena harga yang lebih terjangkau membuat masyarakat bisa menikmati layanan kesehatan via telemedicine.

Setidaknya sudah ada sejumlah alasan kenapa Kementerian Kesehatan harus segera mengembangkan telemedicine sebagai salah satu upaya terbaik saat ini untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Tantangan yang saat ini harus diselesaikan adalah tentang penyedia layanan telemedicine yang bergantung pada koneksi internet. Sedangkan untuk layanan internet masih belum menyeluruh ke setiap daerah di Indonesia.

Lalu juga mengenai pembuatan telemedicine saat ini yang masih dikuasai oleh startup swasta. Seharusnya bisa dibangun langsung oleh instansi rumah sakit atau pihak terkait yang berasal dari sisi pemerintah.

2. Pengembangan Ekosistem Inovasi Produk Teknologi Kesehatan

Inovasi Produk Teknologi Kesehatan
Inovasi Produk Teknologi Kesehatan

Inovasi untuk produk teknologi kesehatan juga tidak kalah untuk diprioritaskan karena mayoritas pelayanan kesehatan masyarakat akan menggunakan sebuah produk teknologi kesehatan ini.

Perkembangan yang dimaksud tentu saja berdasarkan tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan. Misal seperti keakuratan untuk mendeteksi sebuah penyakit, melakukan penanganan terhadap sakit yang harus menggunakan alat, dan lain sebagainya.

Ketika alat yang dipakai lebih canggih, maka biasanya penanganan pasien akan lebih mudah serta minim risiko.

3. Integrasi Penelitian Biotek Kesehatan

Penelitian Biotek Kesehatan
Penelitian Biotek Kesehatan

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup atau produk dari makhluk hidup tersebut dengan tujuan untuk bisa digunakan sebagai obat bagi manusia.

Makhluk hidup yang biasanya digunakan adalah seperti bakteri, virus, fungi dan lainnya. Sedangkan untuk produk dari makhluk hidup itu biasanya seperti enzim, alkohol, antibiotik, asam organik dan lainnya.

Perkembangan biotek di dunia kesehatan pada dasarnya tak hanya serta merta berhubungan dengan biologi saja, tetapi juga termasuk ilmu murni dan terapan lainnya.

Ada banyak sekali jenis ilmu yang akan digunakan di sini, yaitu mulai dari biokimia, mikrobiologi, genetika, kimia, bahkan matematika dan lainnya.

Jadi untuk penelitian biotek kesehatan sangat penting untuk diprioritaskan agar Indonesia nantinya bisa membuat atau menciptakan banyak racikan-racikan obat tanpa harus mengandalkan import dari luar negeri.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Klinik

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Aplikasi Klinik Gratis
Aplikasi Klinik Gratis

Berapa tarif pemasangan aplikasi klinik?

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Cara Uji Klinik yang Baik Sesuai Pedoman
Teori
Cara Uji Klinik yang Baik Sesuai Pedoman
Penyimpanan, Kerahasiaan dan Pemusnahan Rekam Medis
Teori
Penyimpanan, Kerahasiaan dan Pemusnahan Rekam Medis
Apa itu Catatan Medis? Bagaimana Cara Isi Rekam Medis?
Teori
Apa itu Catatan Medis? Bagaimana Cara Isi Rekam Medis?

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.