ARTIKEL

Tips Kelola Keuangan Klinik secara Transparan

🕐 Baca 5 menit

Persiapan untuk membuka klinik memang sangat perlu dipersiapkan secara matang. Ada banyak sekali aspek yang wajib diperhatikan, mulai dari fasilitas, perencanaan pelaksanaan pelayanan kesehatan, hingga manajemen keuangan.

Hal yang paling penting untuk mencapai kesuksesan tentu akan berkaitan erat dengan manajemen keuangannya. Klinik akan bisa berkembang dan menjadi lebih besar apabila manajemen di bidang keuangannya terkelola dengan baik.

Manajemen Keuangan Klinik

Anggaran yang terdapat di dalam klinik wajib dikelola dengan baik agar akuntabilitas dan efisiensi di dalam penggunaan anggaran tersebut bisa terlaksana.

Pengelolaan untuk keuangan klinik bisa dibilang cukup rumit karena banyak sekali poin-poin penting harus diperhatikan.

Pada waktu menjalankan klinik, dibutuhkan sejumlah persiapan yang harus diprioritaskan supaya klinik bisa berjalan dengan lancar.

Hambatan yang cukup besar dan sering menjadi sumber masalah fatal adalah mengenai manajemen keuangan klinik.

Adapun berikut ini merupakan sejumlah masalah keuangan yang biasanya terjadi di dalam pengelolaan keuangan klinik:

1. Penentuan Harga atau Tarif

Pada saat ini ada banyak sekali klinik yang memberikan penawaran harga kompetitif dan relatif murah. Bahkan juga banyak dari mereka yang muncul dengan mengandalkan teknologi terbaru agar bisa memberikan tarif pelayanan yang lebih terjangkau.

Tak cuma itu saja, bahkan juga tidak sedikit klinik yang memberikan sejumlah fasilitas atau pelayanan kesehatan tertentu secara gratis. Tentu saja apabila klinik Anda tidak memberikan persaingan harga atau tarif yang baik, maka pasien pasti akan memilih untuk datang ke klinik lain yang memungkinkan mereka mengeluarkan biaya lebih murah.

Harga yang murah pasti akan membuat pasien banyak berobat ke klinik Anda karena walau bagaimanapun, biaya murah menjadi salah satu alasan paling kuat untuk calon pasien menentukan klinik pilihannya.

Mungkin kita sering mendengar pembicaraan orang yang merekomendasikan sebuah klinik karena biaya pengobatan di sana relatif lebih murah dari lainnya.

Tapi tentu saja penentuan tarif ini tidak bisa sembarangan asal murah saja. Terdapat banyak perhitungan yang harus diperhatikan agar klinik tetap bisa mendapatkan keuntungan agar terus berkembang.

Oleh karena itu, maka dibutuhkan sebuah sistem manajemen keuangan klinik yang mumpuni, tidak boleh sembarangan.

Kalau penetapan harga tidak dilakukan dengan baik dan terjadi secara terus menerus tanpa adanya perencanaan keuangan yang matang, maka tentu saja niat untuk berkompetisi lewat harga justru akan merugikan klinik.

Selain itu, kalau tidak ditetapkan dengan tepat, mungkin saja pasien akan mempertanyakan tentang kualitas dari pelayanan kesehatan klinik Anda.

2. Budget untuk Inovasi

Sesuai dengan pesatnya perkembangan teknologi, fasilitas yang disediakan oleh klinik dituntut untuk bisa mengikutinya. Oleh karena itu saat ini ada banyak sekali inovasi-inovasi terbaru yang harus dimiliki oleh klinik.

Misalnya seperti layanan canggih dan modern berupa aplikasi atau software tertentu yang bisa mempermudah kerja pegawai serta memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk pasien.

Aplikasi yang baik akan bisa mengambil alih mayoritas kegiatan yang berlangsung di klinik, mulai dari pendataan sampai dengan manajemen. Tapi umumnya untuk memiliki aplikasi canggih ini juga membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Namun Anda tidak perlu khawatir dulu karena nanti akan ada rekomendasi terbaik untuk menggunakan aplikasi yang canggih tapi bisa didapatkan secara gratis. Kok bisa? Baca saja dulu sampai habis ya!

3. Pengelolaan Anggaran

Ini juga menjadi salah satu hal yang cukup penting dan bisa mengakibatkan masalah keuangan klinik. Bahkan permasalahan ini bisa terjadi secara berkepanjangan dengan sejumlah aspek yang ada di dalamnya.

Misal seperti perencanaan untuk pengeluaran, stok operasional, atau pembukuan dari data keuangan yang memiliki banyak kesalahan.

Maka dari itu, perencanaan serta pengelolaan anggaran harus dipersiapkan secara matang. Rencanakan semua dengan baik, jika memang diperlukan, Anda harus melibatkan seseorang yang memang ahli dalam bidang keuangan.

Hal yang sangat penting bagi Anda untuk bisa mengetahui bagaimana pengelolaan anggaran klinik agar bisa menghasilkan keuntungan yang diinginkan.

Bukan hanya sebatas keuntungan secara pribadi, tetapi perencanaan anggaran yang matang juga mempunyai dampak secara langsung pada kemajuan klinik, kesejahteraan pegawai, dan pelayanan kesehatan terhadap pasien.

4. Return on Investment

Return on Investment atau ROI adalah posisi di mana keuntungan yang didapatkan belum dapat menutupi biaya investasi yang telah dikeluarkan.

Masalah keuangan dari klinik biasanya adalah rendahnya return on investment ini yang kemudian bisa mengakibatkan pada kerugian jika berlangsung secara terus-menerus.

Kalau hal ini terjadi pada klinik Anda, maka bisa dipastikan ada kesalahan yang cukup serius di dalam pengelolaan keuangan klinik. Anda harus melakukan evaluasi pengelolaan anggaran di sana!

Sejumlah faktor yang dapat mengakibatkan rendahnya return on investment ini adalah karena tidak cukupnya revenue cycle, kinerja administrasi yang tak optimal, serta pelayanan kurang menyenangkan bagi pasien.

5. Earning Management

Manipulasi data akuntansi atau yang biasa disebut sebagai earning management masih sering terjadi. Hal ini juga bisa terjadi dengan tanpa disadari.

Walaupun jika di dalam dunia akuntansi, earning management tak selalu merugikan, tetapi Anda wajib merasa waspada atas adanya penerapan earning management ini supaya tak menimbulkan masalah bagi klinik di kemudian hari.

6. Pembukuan

Poin ke 6 untuk tips kelola keuangan klinik adalah pembukuan yang tidak jelas. Pembukuan ini masih berhubungan erat dengan manajemen anggaran.

Padahal untuk pembukuan ini menjadi sangat penting guna merinci stok yang dibutuhkan oleh klinik. Harusnya pembukuan bisa didata dengan sedetil mungkin agar tidak terjadi kesalahan.

Estimasi anggaran pembelajaan juga akan bergantung pada pembukuan ini. Kalau tidak memiliki data yang jelas, maka bisa dipastikan untuk anggaran tersebut akan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Pembukuan yang baik akan sangat membantu Anda dalam mengetahui setiap transaksi yang akan atau telah dilakukan oleh klinik.

Membuat pembukuan klinik yang baik tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri karena butuh kemampuan akuntansi dan manajemen yang mumpuni.

Tapi sekali lagi Anda tidak perlu khawatir karena ternyata pembukuan yang baik tidak harus dilakukan secara manual lagi. Saat ini teknologi sudah sangat jauh berkembang, Anda bisa mendapatkan pembukuan yang terdata dengan akurat hanya lewat menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasi Klinik Modern
Aplikasi Klinik Modern

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Standar Pengelolaan Keuangan Klinik

Walaupun sudah menggunakan aplikasi, tetap saja untuk pimpinan klinik harus memperlihatkan profesionalismenya dalam mengelola keuangan klinik.

Anggaran yang sudah didata dengan baik, tetap harus mendapatkan pengawasan secara berkala agar manajemen bisa melakukan akuntabilitas serta efisiensi di dalam penggunaan anggaran klinik.

Jika diperlukan, pimpinan klinik bisa menunjuk seseorang untuk menjadi pemangku jabatan dan pelaksana untuk pengelolaan anggaran klinik.

Kewajibannya mencakup perencanaan, penggunaan atau monitoring anggaran. Mungkin beberapa poin yang termasuk diantaranya adalah:

  1. Tanggungjawab sebagai pengelola keuangan klinik
  2. Memantau mekanisme penggunaan anggaran di dalam pelaksanaan program dan kegiatan klinik
  3. Memeriksa pembukuan keuangan klinik
  4. Audit penilaian tentang manajemen dan efisiensi keuangan di klinik
  5. Mengevaluasi hasil audit kinerja keuangan

Supaya bisa menegakkan akuntabilitas keuangan, maka untuk pengelolaan dari keuangan itu sendiri perlu dilakukan secara transparan. Semua harus disesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Bagaimana cara mengelola keuangan klinik secara transparan?

Untuk bisa menentukan apakah keuangan klinik bisa dikategorikan menjadi transparan atau tidak, mungkin Anda dapat melihat sejumlah poin berikut ini:

  • Ada atau tidaknya penanggungjawab untuk pengelola keuangan
  • Uraian tugas serta tanggungjawab pengelola keuangan yang jelas
  • Pembukuan disusun sesuai dengan rencana operasional
  • Laporan serta pertanggungjawaban keuangan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Adanya audit dan evaluasi untuk pengelolaan keuangan

Bacaan Lainnya

Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Tips
Klinik
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Strategi Marketing untuk Meningkatkan Omset Klinik Anda
Tips
Strategi Marketing untuk Meningkatkan Omset Klinik Anda
Tips Kelola Keuangan Klinik secara Transparan
Tips
Tips Kelola Keuangan Klinik secara Transparan

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.