ARTIKEL

Berapa Biaya Modal Mendirikan Klinik Gigi?

🕐 Baca 6 menit

Pada waktu memutuskan untuk membuka bisnis praktek gigi maka muncul sebuah masalah yang membutuhkan tekad kuat baik dari diri pribadi ataupun keluarga terdekat.

Masalah ini biasanya juga tak hanya berkaitan dengan modal atau anggaran saja, tetapi juga pilihan untuk bekerja secara penuh (full-time) atau part-time dengan tetap membuka jadwal praktek di rumah sakit/klinik gigi yang lain.

Mungkin pada kesempatan kali ini, Mejadokter.com akan membahas terlebih dahulu tentang anggaran yang sekiranya dibutuhkan untuk membuka klinik gigi serta bagaimana persiapan harus direncanakan agar klinik gigi yang didirikan bisa berjalan dengan lancar.

Pertama-tama kita akan membahas tentang permodalan yang tentu saja akan berhubungan dengan biaya untuk mendirikan klinik gigi.

Mulai dari biaya pembangunannya, peralatan, hingga biaya operasional yang harus dipersiapkan. Permodalan juga turut mencakup jumlah penghasilan yang ditargetkan agar modal yang sudah dikeluarkan bisa kembali dan mendapatkan keuntungan.

Sedikit gambaran untuk persiapan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Penyewaan tempat minimal selama 2 tahun (jika sudah punya tempat sendiri maka ini tidak perlu)
  • Renovasi baik dari sisi interior ataupun eksterior
  • Biaya untuk pengurusan izin mendirikan klinik
  • Pembelian alat praktek full-set yang sudah termasuk dental unit, semakin lengkap maka akan semakin mahal
  • Pembelian dental supply untuk starter karena belanja selanjutnya mungkin akan bisa dihandle oleh tarif klinik
  • Gaji pegawai klinik selama beberapa bulan mendatang

Selanjutnya kita akan bahas satu per-satu mengenai rincian biaya yang mungkin akan Anda keluarkan untuk bisa mendirikan sebuah klinik gigi.

1. Sewat Tempat

Mulai dari tempat penyewaan, jika berlokasi di tempat yang strategis, satu lantai, maka akan berkisar antara Rp15 juta – Rp25 juta per-tahunnya. Kalau lokasi klinik masih berada di tempat yang tidak terlalu ramai, mungkin masih akan bisa sekitar Rp8 juta – Rp15 juta per-tahunnya.

Jika dikalikan 2 tahun, maka untuk kisarannya sekitar Rp30 juta – Rp50 juta dan Rp16 juta – Rp30 juta untuk penyewaan tempat.

Tentu saja perkiraan tempat sewa ini juga akan berpengaruh besar dengan luas tanah dan bangunan dari tempat tersebut. Disarankan untuk Anda yang baru saja mendirikan klinik, tidak harus menggunakan ruko sewa yang terlalu besar atau dua lantai.

Anda bisa menggunakan ruko sewa yang standar, tidak terlalu lebar, satu lantai saja cukup, mengingat bahwa untuk kebutuhan pelayanan kesehatan klinik gigi tak membutuhkan space yang terlalu besar.

Hanya saja mungkin Anda harus mencari lokasi ruko sewa yang mudah untuk parkir motor dan mobil. Ini menjadi masalah yang sering membuat pasien malas untuk datang ke klinik karena repot saat memarkirkan kendaraannya.

2. Renovasi

Mengenai biaya renovasi, rasanya ini akan kembali kepada keinginan dari Anda sebagai pemilik klinik. Mungkin hanya sekedar saran, klinik gigi tidak membutuhkan interior atau eksterior yang terlalu mewah karena bagi pasien yang utama adalah pelayanan, kebersihan, serta nominal tarif yang masih terjangkau.

Jadi buat Anda yang mempunyai rencana untuk membuat renovasi berlebihan di klinik mungkin perlu dipikirkan kembali.

Hal mendasar yang dibutuhkan oleh klinik gigi hanyalah sebatas papan nama klinik gigi yang terpampang jelas di depan klinik. Selain itu mungkin Anda bisa menambahkan jenis pelayanan, kontak yang bisa dihubungi, atau materi promosi lainnya yang sekiranya bisa membuat pasien tertarik untuk datang.

Kemudian untuk bagian interior, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pasien lebih memperhatikan kebersihan ketimbang desain interior ruangan yang mewah.

3. Biaya Perizinan

Terdapat sejumlah syarat yang wajib untuk dipenuhi sebelum Anda bisa mendapatkan surat izin mendirikan klinik. Diantaranya adalah seperti:

  • Surat Izin Praktik Dokter (SIP) Specialis dan SIP Dokter Umum dan Apoteker
  • Mempunyai izin lingkungan berupa SPPL atau UKL UPL yang disahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota atau Kabupaten
  • IMB Fungsi Klinik
  • Mendapatkan Izin Tata Ruang
  • Persetujuan tetangga kiri dan kanan yang diketahui dan kemudian disahkan oleh Kelurahan serta Kecamatan sesuai dengan domisili klinik
  • Dilengkapi dengan profil dan denah klinik secara lengkap
  • Telah mempunyai Sertifikat Laik Fungsi
  • Punya persetujuan Sarana dan Prasarana Klinik
  • NIB yang ada harus meliputi KBLI Klinik
  • Mempunyai rekomendasi dari Kecamatan
  • Punya bukti sertifikasi keahlian bidang kedokteran gigi

Oleh karena banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi, maka sebaiknya Anda mencari tahu berapa biaya-biaya yang sekiranya dibutuhkan lewat instansi terkait. Hal yang pasti sih akan butuh biaya transport dan waktu yang cukup banyak di sini.

4. Pembelian Alat Praktek

Untuk yang satu ini juga lumayan beragam biayanya, tergantung dari jenis alat dan budget yang Anda siapkan untuk pengadaan alat praktek.

Namun sebagai bahan acuan saja, untuk harga Dental Unit set yang standar, harganya mencakup Rp25 juta sampai dengan Rp50 juta.

5. Gaji Petugas Klinik

Menyesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk petugas klinik, jumlah pegawai dan berapa gajinya, silakan Anda tentukan sendiri.

Pastikan semua pegawai yang Anda pekerjakan punya fungsi yang sesuai dan sepadan dengan job desknya. Namun juga harus selalu diingat untuk tidak membayar pegawai dengan gaji yang di bawah rata-rata karena ujung-ujugnya pasti akan berakhir pada tingkat pelayanan yang kurang baik kepada pasien.

Buatlah pegawai Anda mendapatkan kesejahteraan bersama klinik yang sedang dibangun. Percayalah mereka akan memberikan kemampuan terbaiknya untuk klinik Anda yang kemudian membuat klinik mendapatkan kepuasan dan kepercayaan dari pasien.

Jika ditotal secara keseluruhan maka sepertinya biaya untuk membangun sebuah klinik gigi akan membutuhkan biaya sekitar Rp150 juta - Rp200 jutaan.

Apakah ini sudah termasuk sistem manajemen dan pengelolaannya? Nah, untuk yang satu ini, tenang saja! Karena sekarang sudah ada aplikasi klinik yang bisa Anda gunakan secara gratis!

Serius? Ya! Kalau tidak percaya, silakan baca lebih lanjut di bawah ya!

Tujuan Klinik menggunakan aplikasi

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Aplikasi Mejadokter
Aplikasi Mejadokter

Kenal Lebih dekat dengan Meja Dokter

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Berapa Biaya Modal Mendirikan Klinik Gigi?
Biaya
Berapa Biaya Modal Mendirikan Klinik Gigi?
Berapa Biaya Praktek Dokter Umum? Siapkan Kocek Segini ya!
Biaya
Berapa Biaya Praktek Dokter Umum? Siapkan Kocek Segini ya!

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.