ilustrasi halaman detail

ARTIKEL

Pentingnya Digitalisasi Faskes untuk Pasien

🕐 Baca 5 menit📅 15 February 2023 15:52

Digitalisasi merupakan suatu proses dimana semua proses kerja yang dulunya dilakukan secara manual kini diubah dengan cara memanfaatkan teknologi dan informasi digital.

Digitalisasi dapat diterapkan di segala bidang, termasuk di dalam dunia kesehatan. Digitalisasi faskes adalah suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan jangka panjang dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan kinerja, produktivitas, dan efisiensi.

Digitalisasi faskes terdiri dari beberapa komponen utama yang saling berhubungan satu sama lain, seperti sistem informasi kesehatan, sistem informasi manajemen, sistem informasi pelayanan, dan sistem informasi pembayaran.

Sistem informasi kesehatan berfungsi untuk memantau kesehatan pasien dan proses pelayanan kesehatan yang dilakukan di faskes. Sistem ini juga digunakan untuk mengelola data medis pasien agar dapat dicatat dengan benar dan tepat.

Sistem informasi manajemen digunakan untuk mengelola sumber daya di faskes, seperti dokter, perawat, staf administrasi, dan sumber daya lainnya. Sistem ini juga digunakan untuk mencatat data keuangan, mengelola stok obat, dan mengelola laporan pelayanan pasien.

Sistem informasi pelayanan digunakan untuk memonitor pelayanan yang diberikan kepada pasien, seperti pemeriksaan fisik, pengobatan, dan tindakan medis lainnya.

Sistem ini juga digunakan untuk mengelola informasi pembayaran, seperti biaya pemeriksaan, biaya obat, dan biaya lainnya. Sistem informasi pembayaran digunakan untuk memproses pembayaran layanan kesehatan yang dibayarkan oleh pasien.

Keuntungan dari digitalisasi faskes adalah bahwa proses pelayanan kesehatan akan lebih cepat, efisien, dan dapat diandalkan. Ini akan mengurangi biaya operasi dan memungkinkan lebih banyak waktu untuk memfokuskan pada pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

Digitalisasi akan meningkatkan pengalaman pasien, karena mereka dapat mengakses informasi medis mereka kapanpun dan dimanapun.

Digitalisasi faskes juga akan membantu meningkatkan keselamatan pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan mengurangi risiko kesalahan medis.

Kendala yang mungkin dihadapi dalam menerapkan digitalisasi faskes adalah biaya yang dibutuhkan untuk membeli perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan untuk mengimplementasikan digitalisasi.

Ini juga memerlukan sumber daya untuk mengoperasikan sistem dan mengurus pemeliharaannya. Selain itu, masyarakat juga harus diajarkan cara menggunakan sistem digitalisasi ini sehingga dapat menikmati manfaat yang ditawarkannya.

Digitalisasi faskes merupakan upaya yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Dengan menggunakan teknologi, proses pelayanan kesehatan akan lebih efisien dan dapat diandalkan.

Digitalisasi juga akan membantu meningkatkan pengalaman pasien, mengurangi biaya operasi, dan meningkatkan keselamatan pasien.

Pentingnya Digitalisasi Faskes

Digitalisasi telah menjadi salah satu topik paling hangat saat ini. Bahkan di dunia kesehatan, digitalisasi sekarang menjadi hal penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pasien.

Faskes merupakan singkatan dari fasilitas kesehatan, dan ketika seseorang berbicara tentang digitalisasi di dunia kesehatan, digitalisasi di faskes tidak boleh diabaikan.

Dengan beralih ke digital, pengelola faskes akan sangat membantu membuat proses bisnis mereka lebih efisien, serta menyediakan pelayanan yang lebih baik bagi pasien.

Di masa lalu, banyak sistem tradisional telah digunakan untuk mengelola faskes. Ini termasuk pencatatan manual dan tracking terhadap pasien, laporan rekam medis dan informasi lainnya.

Namun dengan beralih ke digital, semua proses tersebut akan lebih mudah dan cepat, menghilangkan masalah yang timbul dari pencatatan manual.

Selain itu, dengan menggunakan teknologi digital, pengelola faskes dapat mengakses data secara real time dan berkomunikasi dengan pasien dengan lebih mudah.

Ini memungkinkan pengelola faskes untuk lebih cepat merespons permintaan atau pertanyaan yang dimiliki oleh pasien.

Selain itu, melalui digital, Faskes juga dapat mematuhi standar industri dan regulasi yang berlaku.

Beralih ke digital juga membantu pengelola faskes untuk meningkatkan keselamatan pasien; terutama jika berbicara tentang catatan medis, karena data dapat dikunci atau di tangani dengan lebih aman.

Untuk memastikan keselamatan data pasien, faskes dapat mengimplementasikan standar keamanan yang komprehensif, seperti unggahan data yang terenkripsi, pengesahan otentikasi multi-level dan lainnya.

Ketika faskes bergerak menuju digital, hal tersebut juga akan memudahkan pasien untuk mengakses informasi kesehatan mereka dan meningkatkan keterlibatan pasien dalam proses kesehatan mereka.

Pasien dapat dengan mudah mengakses informasi kesehatan mereka-mendaftar untuk mendapatkan layanan, memeriksa jadwal dokter, melanjutkan layanan rutin atau sekedar mencari informasi yang relevan.

Selain itu, pasien juga dapat secara langsung berinteraksi dengan dokter melalui chat, email atau telepon sehingga mengurangi banyak biaya yang tidak perlu.

Dengan demikian, faskes akan lebih mudah dalam mengelola pasien, memberikan personil dan sumber daya yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

Lewat semua manfaat yang ditawarkan oleh digitalisasi di faskes, jelas bahwa hal tersebut benar-benar membantu faskes meningkatkan efisiensi bisnis, menawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pasien dan meningkatkan keselamatan data pasien.

Oleh karena itu, digitalisasi di faskes memang merupakan aspek penting di dunia kesehatan saat ini.

Keunggulan Digitalisasi Faskes

1. Mempermudah komunikasi antara dokter dengan pasien

Digitalisasi klinik dapat membantu dokter dan pasien untuk berkomunikasi dengan lebih efisien. Ini dapat dilakukan dengan menyediakan platform elektronik untuk mendiskusikan masalah kesehatan, mencari informasi dan interaksi antara dokter dan pasien.

Teknologi ini juga dapat memungkinkan dokter untuk mengirimkan rincian diagnosa secara langsung ke pasien sehingga memudahkan pengobatan.

Digitalisasi dapat digunakan untuk menganalisa data pasien dan memberikan saran terbaik Untuk keputusan klinis.

2. Memungkinkan pasien untuk mengakses informasi medis secara online dan memudahkan dokter untuk mengakses data pasien secara cepat dan mudah

Membantu dalam proses diagnosis, menyediakan langsung informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan proses perawatan, dan menyediakan akses informasi pasien yang dapat diakses secara online.

Hal ini memungkinkan dokter untuk menyediakan layanan yang lebih cepat dan efisien kepada pasien. Selain itu, digitalisasi faskes juga dapat membantu mengurangi biaya keseluruhan dan meningkatkan produktivitas perawat.

3. Memudahkan dokter untuk memeriksa rekam medis pasien secara online

Bukan cuma melihat saja, tetapi dokter juga bisa langsung melakukna pemeriksaan rekam medis pasien secara online dengan dilakukannya digitalisasi klinik.

Oleh karena itu, pembaca Mejadokter.com disarankan untuk bisa terus melakukan digitalisasi terhadap kliniknya lantaran inilah yang dibutuhkan oleh pasien.

4. Memungkinkan dokter untuk berkonsultasi dengan dokter lain secara online

Mempermudah proses komunikasi antara dokter dan pasien. Ini berarti pasien dapat berbicara langsung dengan dokter melalui platform online seperti video chat.

Ini memungkinkan dokter dan pasien untuk menjaga jarak physical tetapi tetap terhubung secara efektif.

5. Memungkinkan pasien untuk memesan obat-obatan secara online

Digitalisasi klinik adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan pasien untuk memesan obat secara online. Ini memiliki banyak manfaat bagi pasien dan klinik di seluruh dunia.

Misalnya juga dengan membantu pasien menghemat uang. Memesan obat online dapat menghemat biaya transportasi yang dibutuhkan untuk pergi ke toko obat.

Ini juga memungkinkan pasien untuk membandingkan harga obat di beberapa toko obat sehingga mereka dapat membeli obat yang paling hemat.

6. Mempermudah dokter untuk membuat laporan medis secara cepat dan akurat

Digitalisasi klinik dapat membantu dalam pembuatan laporan dengan menggunakan teknologi yang sudah terkomputerisasi. Dengan menggunakan komputer,Anda dapat digunakan untuk mengumpulkan data pasien dan menganalisis data untuk membuat laporan yang akurat.

7. Memudahkan dokter untuk menyimpan data pasien secara aman dan terenkripsi

Digitalisasi klinik adalah proses mengubah data pasien dan informasi klinis lainnya menjadi bentuk digital. Dengan digitalisasi klinik, dokter dapat dengan mudah memantau data pasien dan memastikan bahwa informasinya tersedia secara real-time.

Digitalisasi klinik juga bisa membuat dokter untuk berbagi informasi pasien dengan kolaborator lainnya, seperti spesialis atau dokter lain, dengan cepat dan mudah.

Digitalisasi klinik juga memungkinkan dokter untuk menyimpan dan mengakses data pasien secara aman. Data pasien yang tersimpan dalam sistem digital dapat dilindungi dengan berbagai cara, seperti enkripsi, autentikasi multi-faktor, dan lainnya. Ini memastikan bahwa data pasien hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang.

Digitalisasi klinik juga dapat membantu dokter untuk memantau, menganalisis, dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mengelola kesehatan pasien secara efisien, aman, dan tepat waktu.

8. Memungkinkan dokter untuk mengatur jadwal kunjungan pasien secara online

Digitalisasi klinik dapat membantu mengatur jadwal kunjungan pasien secara online dengan bantuan teknologi komputer. Sistem dapat memahami data pasien dan membuat jadwal kunjungan yang cocok dengan kebutuhan pasien.

9. Mempermudah dokter untuk memberikan edukasi pasien tentang perawatan yang tepat

Dokter dapat memberikan informasi tentang cara mencegah penyakit, menjelaskan pentingnya mengikuti perawatan, dan memberikan saran tentang cara-cara untuk menjaga kesehatan.

Dokter juga bisa menginformasikan tentang berbagai intervensi kesehatan, termasuk pola makan sehat, olahraga, dan mengikuti perawatan medis yang diperlukan.

Lalu, dokter juga dapat mengajari pasien cara mengenali gejala-gejala penyakit dan mendorong mereka untuk berbicara dengan dokter jika mereka merasa ada sesuatu yang salah.

10. Memungkinkan dokter untuk memantau kesehatan pasien melalui aplikasi mobile

Dengan menggunakan sistem digitalisasi, maka dokter akan dimungkinkan untuk memantau kesehatan pasien lewat aplikasi.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan oleh dokter dan pasien agar bisa berkomunikasi dan melaporkan kondisinya.

Bacaan Lainnya

Mengenal Profesi Pegawai Administrasi Rumah Sakit
Tips
Rumah Sakit
Mengenal Profesi Pegawai Administrasi Rumah Sakit
Diterbitkan: 16 February 2023 00:00
Car mengetahui Data Penyakit di Masyarakat Sekitar Klinik
Klinik
Tips
Car mengetahui Data Penyakit di Masyarakat Sekitar Klinik
Diterbitkan: 14 February 2023 03:16
Kebutuhan Klinik Jaman sekarang yang Harus Dipenuhi
Teori
Tips
Kebutuhan Klinik Jaman sekarang yang Harus Dipenuhi
Diterbitkan: 25 January 2023 10:46
Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.
  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Rekam medis elektronik untuk Fasyankes, terintegrasi satusehat, bridging BPJS PCARE dan antrean online mobile JKN, akreditasi paripurna dengan mejadokter