ARTIKEL

Antara Dokter Gigi dan Dokter Umum, Pilih Mana?

🕐 Baca 5 menit📅 26 January 2023 23:28

Tidak ada jawaban yang benar atau salah dalam memilih antara dokter gigi atau dokter umum. Pilihan tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan kesehatan seseorang. Namun, ada beberapa perbedaan penting antara kedua jenis dokter tersebut yang perlu dipertimbangkan.

Dokter gigi bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut seseorang. Mereka melakukan perawatan yang terkait dengan gigi, mulut, dan rahang, termasuk pembersihan gigi, tindakan bedah, dan menangani masalah kesehatan gigi seperti caries dan periodontitis.

Sedangkan Dokter umum adalah dokter yang dapat memberikan perawatan medis umum untuk seluruh tubuh. Mereka dapat menangani masalah kesehatan yang beragam, termasuk penyakit dalam, infeksi, dan masalah kesehatan mental. Dokter umum juga dapat memberikan saran tentang cara perawatan untuk gigi dasar untuk pasien.

Dokter Gigi

Dokter gigi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Mereka melakukan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit yang terkait dengan gigi dan mulut.

Dokter gigi juga dapat melakukan tindakan bedah mulut, termasuk ekstraksi gigi, pemasangan implant gigi, dan pembuatan dentur.

Mereka juga dapat memberikan edukasi tentang cara merawat gigi dan mulut yang baik, serta membantu masyarakat dalam mengambil keputusan tentang pilihan perawatan yang tepat.

Apa saja sih keuntungan dari menjadi seorang Dokter Gigi? Berikut diantaranya:

  • Mencegah dan mengobati penyakit gigi dan mulut, yaitu dengan melakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut, serta mengobati masalah yang sudah ada
  • Meningkatkan estetika gigi seperti pemasangan behel gigi, pasangan krown, dan lain-lain yang membuat gigi terlihat lebih baik
  • Membantu meningkatkan kualitas hidup karena kesehatan gigi dan mulut yang baik dapat membantu seseorang untuk merasa lebih baik secara fisik dan mental
  • Memberikan solusi untuk masalah kesehatan gigi yang dihadapi oleh masyarakat, seperti cara untuk mengatasi masalah gigi berlubang, gigi sensitif, dan lain-lain
  • Meningkatkan kesadaran kesehatan lewat edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta cara untuk melakukannya

Cara Menjadi Dokter Gigi

Untuk menjadi dokter gigi di Indonesia, seseorang harus melakukan beberapa hal yang sudah diatur dalam persyaratan, diantaranya adalah:

  • Lulus dari sekolah menengah atas dengan nilai yang baik
  • Lulus dari program pendidikan dokter gigi yang diakui di Indonesia
  • Lulus dari ujian profesi dokter gigi yang diadakan oleh Badan Kejuruan Dokter Gigi Indonesia
  • Mendapatkan lisensi praktik dari Kementerian Kesehatan
  • Melakukan pelatihan praktik profesional dan memperoleh sertifikat dari Badan Kejuruan Dokter Gigi Indonesia

Dalam pendidikan dokter gigi diperlukan waktu 4 tahun untuk program sarjana (S1) dan selama 2-3 tahun untuk program profesional (D4). Semua proses ini memerlukan waktu yang cukup panjang dan keseriusan dalam belajar.

Saran Mejadokter adalah untuk mengejar pendidikan yang baik dan mengambil kesempatan untuk belajar dan berlatih di seluruh tahap proses pendidikan.

Berapa Gaji seorang Dokter Gigi?

Gaji dokter gigi dapat bervariasi tergantung dari beberapa faktor seperti lokasi, tingkat pengalaman, dan jenis praktik (misalnya, praktik swasta atau praktik di pemerintah).

Secara umum, gaji dokter gigi di Amerika Serikat berkisar antara $150,000 hingga $250,000 per tahun, sementara di negara lain bisa berbeda.

Jika dokter gigi bekerja di sebuah klinik atau rumah sakit, ia mungkin akan menerima gaji tetap. Namun, jika dokter gigi memiliki praktik pribadi, pendapatannya akan bergantung pada jumlah pasien yang datang dan jenis perawatan yang diberikan.

Seperti dengan profesi medis lainnya, gaji dokter gigi dapat meningkat seiring dengan pengalaman dan reputasi yang dibangun. Kalau dihitung rata-rata pendapatan seorang dokter gigi berada di kisaran angka di atas Rp 8 juta - Rp 15 juta per-bulan untuk yang praktek di daerah perkotaan.

Jika dokter gigi menjalankan prakteknya di daerah desa, maka bisa turun hingga setengahnya.

Dokter Umum

Dokter umum  adalah dokter yang menangani berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh seluruh anggota keluarga. Mereka merupakan pemberi perawatan kesehatan primer yang bertanggung jawab untuk menangani sebagian besar masalah kesehatan yang tidak memerlukan spesialisasi.

Dokter umum dapat melakukan pemeriksaan fisik, diagnosis, pengobatan, dan memberikan saran kesehatan preventif. Mereka juga dapat memberikan referensi ke dokter spesialis jika diperlukan.

Peran dokter umum di masyarakat sangat penting dalam memberikan akses perawatan kesehatan yang tepat dan cepat bagi masyarakat.

Kemudian, apa saja keunggulan yang akan didapatkan dengan menjadi seorang dokter umum? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Dokter umum bisa memberikan perawatan medis dasar untuk berbagai jenis penyakit dan kondisi medis
  • Dokter umum akan menangani berbagai masalah kesehatan pada pasien dari berbagai usia
  • Dokter umum menyediakan pelayanan prim care yang dibutuhkan oleh pasien sehari-hari
  • Dokter umum bisa membuat diagnosis awal dan merujuk pasien ke spesialis jika diperlukan
  • Dokter umum berkemampuan untuk membantu dalam pencegahan penyakit dan promosi kesehatan

Cara Singkat menjadi Dokter Umum

Untuk menjadi dokter umum di Indonesia, seseorang harus menyelesaikan pendidikan di fakultas kedokteran dan lulus ujian nasional dokter (UNDANG).

Kemudian, mereka harus menjalani masa praktek sebagai dokter calon dan lulus ujian kompetensi dokter (UKD).

Setelah itu, dokter tersebut harus terdaftar di Kementerian Kesehatan dan mendapatkan sertifikat keahlian dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Menjadi seorang dokter umum dapat dianggap cukup sulit. Pendidikan medis adalah salah satu program studi yang paling intensif dan memakan waktu yang cukup lama.

Program sarjana kedokteran biasanya berlangsung selama 4-6 tahun, diikuti oleh residensi atau pelatihan klinis yang berlangsung selama 2-7 tahun. Selama pendidikan dan pelatihan ini, calon dokter harus belajar materi yang sangat komprehensif dan mengikuti pelatihan di berbagai bidang medis, seperti anatomi, fisiologi, farmakologi, patologi, dan bedah.

Selain itu, menjadi seorang dokter umum juga memerlukan keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk bekerja dalam tim, serta harus dapat mengatasi tekanan dan tanggung jawab yang besar.

Selain itu, dokter umum harus mengikuti perkembangan teknologi dan perkembangan ilmu medis untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan.

Dalam beberapa negara, persyaratan untuk menjadi seorang dokter umum juga ditentukan oleh otoritas medis setempat dan mungkin memerlukan tes medis yang diakui secara nasional, serta lisensi praktik dari otoritas medis setempat.

Berapa Gaji Dokter Umum?

Gaji dokter umum di Indonesia bervariasi tergantung pada faktor seperti lokasi, pengalaman, dan jenis praktek. Namun, rata-rata gaji dokter umum di Indonesia adalah sekitar Rp 20 juta - Rp 30 juta per bulan.

Untuk menjadi seorang dokter, seseorang harus menyelesaikan pendidikan medis yang memenuhi syarat yang ditentukan oleh otoritas medis setempat, lulus dari tes medis yang diakui secara nasional, dan memperoleh lisensi praktik dari otoritas medis setempat.

Pendidikan medis biasanya terdiri dari program sarjana (S1) di fakultas kedokteran, yang diikuti oleh program residensi atau pelatihan klinis. Setelah lulus, dokter harus terus belajar dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya melalui pelatihan berkelanjutan.

Apakah Dokter Umum boleh menjadi Dokter Gigi?

Dokter umum dan dokter gigi adalah profesi yang berbeda dan memerlukan pendidikan dan pelatihan yang berbeda. Seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan sebagai dokter umum tidak dapat langsung menjadi dokter gigi.

Namun, seseorang yang telah lulus sebagai dokter umum dapat melanjutkan pendidikan dan pelatihan untuk menjadi dokter gigi melalui program pendidikan spesialisasi di bidang kedokteran gigi.

Itu artinya, jika seseorang ingin menjadi dokter gigi setelah menjadi dokter umum, maka harus mengambil program pendidikan spesialisasi di bidang kedokteran gigi dan lulus ujian kompetensi spesialis.

Apakah Dokter Gigi bisa menjadi Dokter Umum?

Sama seperti halnya seorang dokter umum yang ingin menjadi dokter gigi, seorang dokter gigi juga harus mengambil program pendidikan spesialisasi di bidang kedokteran umum dan lulus ujian kompetensi spesialis untuk dapat menjadi dokter umum.

Maka dari itu, seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan sebagai dokter gigi tidak dapat langsung menjadi dokter umum tanpa mengambil program pendidikan spesialisasi di bidang kedokteran umum.

Itu menandakan bahwa kedua profesi tersebut memiliki kompetensi dan keahlian yang berbeda, jadi untuk menjadi dokter umum setelah menjadi dokter gigi, harus mengambil pendidikan spesialisasi dan lulus ujian kompetensi spesialis.

Bacaan Lainnya

Antara Dokter Gigi dan Dokter Umum, Pilih Mana?
Dokter
Antara Dokter Gigi dan Dokter Umum, Pilih Mana?
Diterbitkan: 26 January 2023 23:28
Prospek Profesi Dokter Gigi dan Gajinya
Dokter
Prospek Profesi Dokter Gigi dan Gajinya
Diterbitkan: 25 January 2023 02:34
Bawalah Anak ke Dokter Gigi Spesialis Anak, Kenapa?
Dokter
Bawalah Anak ke Dokter Gigi Spesialis Anak, Kenapa?
Diterbitkan: 19 July 2022 11:04

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.