ARTIKEL

Mau Pasang Gigi Palsu Permanen? Ketahui Langkahnya di sini!

🕐 Baca 4 menit📅 04 October 2022 01:37

Kehilangan sebagian gigi, baik sedikit atau banyak menjadi penurunan kualitas bagi hidup seseorang. Bukan hanya dari sisi visual saja, kesehatan pun bisa terganggu karena untuk sistem mengunyah yang tidak bisa dilakukan secara sempurna.

Masalah yang biasanya terjadi adalah asupan nutrisi yang berkurang, gangguan pada sistem pencernaan lantaran makanan tidak dikunyah halus hingga membuat lambung bekerja lebih ekstra dan tentu saja hilangnya rasa percaya diri seseorang.

Oleh karena itulah, pemasangan gigi palsu permanen menjadi sangat penting untuk mengembalikan fungsi pengunyahan, visual, estetika dan kegunaan gigi lainnya.

Memasang gigi palsu permanen sebaiknya dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis yang memang mempunyai pengalaman dan terpercaya. Tak sedikit juga lho yang memasang gigi palsu permanen di tukang gigi justru mendapatkan masalah gigi yang jauh lebih parah, jadi berhati-hati ya!

GIGI PALSU PERMANEN

Tak cuma mengembalikan fungsi gigi yang sebelumnya hilang di dalam proses pengunyahan dan vokal saat berbicara. Ada sejumlah manfaat lain yang bisa didapatkan dari pemasangan gigi palsu permanen, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Daya Tahan

Jika dibandingkan dengan gigi palsu lepas pasang, gigi palsu permanen bisa bertahan hingga seumur hidup kalau dilakukan perawatan dengan baik. Adapun untuk cara perawatannya juga sangat mudah kok.

Caranya hanya dengan selalu memperhatikan kebersihan rongga mulut dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya adalah 6 bulan satu kali.

Kalau dibandingkan dengan gigi palsu yang sistemnya lepas pasang, umumnya hanya bisa tahan beberapa tahun saja. Itu pun juga pasti akan mengalami penurunan kualitas penggunaan.

Biasanya permasalahan yang dirasa adalah gigi palsu yang sudah tidak nyaman dipakai karena longgar, terasa sakit saat mengunyah, dan lain sebagainya.

Dari sisi visual juga sebenarnya gigi palsu lepas pasang kurang begitu bagus. Jarang ada gigi palsu lepas pasang yang mementingkan estetika.

2. Kenyamanan

Manfaat kedua dari gigi palsu permanen yang bisa mejadokter berikan adalah kenyamanan saat menggunakannya. Tingkat kenyamanan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan gigi palsu yang lepas pasang.

Gigi palsu permanen memang dirancang untuk bisa menyerupai gigi asli dan dipasang dalam gusi serta ditopang oleh gigi-gigi yang ada di sekitarnya sehingga tidak ada rasa mengganjal sama sekali di mulut.

Pokoknya Anda akan merasa bahwa itu bukan lagi gigi palsu, melainkan bisa dikatakan hampir 100 persen menyerupai gigi asli. Anda bisa mengunyah makanan apapun dengan mudah tanpa harus takut gigi palsunya bermasalah.

3. Estetika

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gigi palsu permanen akan sangat mementingkan estetika hingga bisa mengembalikan kepercayaan diri Anda.

Menggunakan gigi palsu permanen juga bisa menghindari terjadinya pergeseran gigi ke arah daerah yang kosong. Kemudian, kalau gigi bawah yang hilang, maka gigi atas yang berlawanan juga akan turun hingga membuat terlihat lebih panjang dari gigi sekitarnya.

Wajah seseorang pasti akan terlihat lebih tua dan nampak 'kempot' kalau gigi yang hilang cukup banyak. Nah, alasan inilah yang membuat Anda harus menggunakan gigi palsu permanen supaya bisa mengembalikan bentuk pipi dan area mulut menjadi normal kembali.

4. Jenis Gigi Palsu Permanen

Setelah mengetahui sejumlah manfaat gigi palsu permanen, sekarang kita akan menjelaskan kembali tentang beberapa jenis gigi palsu permanen.

Saat Anda memutuskan untuk memasang gigi palsu permanen, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis gigi palsu permanen yang juga disesuaikan dengan kondisi dari gigi.

Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Dental Crown

Dental Crown atau Mahkota Gigi Tiruan merupakan metode pemasangan selubung gigi palsu agar bisa memperbaiki bentuk, kontur dan juga bisa melindungi jaringan gigi yang tersisa dari kerusakan lebih lanjut.

Biasanya Dental Crown ini akan terbuat dari bahan logam, komposit, akrilik, porcelain atau juga kombinasi dari bahan logam dan porcelain.

Dental Bridge

Dental Bridge atau Gigi Palsu Jembatan adalah sebuah cara yang dipakai saat adanya kebutuhan untuk penggantian satu atau lebih gigi yang hilang dengan meletakannya secara permanen pada gigi-gigi sebelahnya sebagai penyangga.

Misalnya ada satu gigi geraham yang hilang, maka untuk Dental Bridge akan berbentuk tiga gigi yang sejajar di sebelahnya.

Satu gigi pada bagian tengah akan berbentuk gigi utuh sebagai pengganti gigi geraham yang hilang. Sedangkan dua gigi di kanan dan kirinya bakal direkatkan secara permanen dengan gigi yang ada di sekitar gigi geraham asli yang hilang.

Gigi palsu permanen jenis ini membutuhkan gigi penyangga yang masih kuat agar bisa menopang gigi palsu tetap berada pada tempatnya dan jaringan gusi di sekitarnya juga harus masih sehat.

Dental Implant

Dental Implant atau Implan Gigi menjadi salah satu alat prostetik berulir yang bentuknya seperti baut dan terbuat dari bahan titanium atau keramik.

Akar gigi buatan ini ditanam pada tulang alveolar sebagai pengganti akar gigi yang sudah tanggal dengan fungsi untuk menahan mahkota gigi tiruan yang berada di bagian atasnya.

Implan gigi ini nantinya akan menyatu dengan tulang setelah beberapa bulan. Jika dibandingkan dengan gigi palsu permanen ljenis lainnya, implan gigi ini membutuhkan biaya yang jauh lebih besar karena memang bahan, proses dan tindakannya cukup rumit.

Tentu saja ini berbanding lurus dengan tingkat kenyamanan saat menggunakannya, tampilan jauh lebih natural dan daya gigitan yang akan jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

PROSEDUR PEMASANGAN

Pemasangan gigi palsu permanen sangat dianjurkan oleh Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia yang memang ahli dalam hal menentukan gigi palsu seperti apa yang paling tepat dan terbaik untuk pasien.

Tentu saja Anda tidak ingin hal-hal yang mengecewakan terjadi setelah pemasangan gigi palsu permanen ini. Apalagi mengingat nama dari pelayanan ini adalah gigi palsu 'PERMANEN', maka bisa dibilang tidak boleh ada kesalahan di sini.

Proses pemasangan akan diawali dengan pemeriksaan rongga mulut secara visual dan juga didukung oleh pemeriksaan radiografik atau rontgen gigi agar bisa melihat posisi gigi dan tulang secara lebih detail.

Kemudian, percetakan gigi dilakukan yang menggunakan bahan khusus. Nanti, percetakan ini akan menjadi panduan di dalam proses pembuatan gigi palsu di laboratorium.

Kalau gigi palsu sudah selesai dicetak, dokter gigi bisa melakukan pemasangan yang tergantung jenis gigi palsu permanen pilihan pasien.

Dalam proses pemasangan Gigi Tiruan Jembatan, gigi-gigi yang bakal menjadi penopang sebelumnya bakal dikikis terlebih dahulu sebelum pada akhirnya dilakukan pencetakan dan pemasangan gigi palsu.

Sedangkan untuk Implan Gigi, butuh dilakukan tindakan penanaman skrup implan di tulang alveolar sebelum mahkota dari gigi palsu permanen dipasang.

Mahkota gigi tiruan ini baru bisa disatukan usai jaringan sembuh dengan sempurna dari operasi penanaman implan.

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya bahwa Anda sebaiknya melakukan pemasangan gigi palsu permanen ini pada ahlinya, yaitu dokter gigi spesialis prostodonsia.

Dokter yang memang memiliki keahlian khusus di bidang estetika gigi dan punya pengalaman di dalam memberikan penanganan dan penindakan untuk pemasangan gigi palsu permanen.

Tujuan Anda untuk melakukan pemasangan gigi palsu permanen ini adalah untuk mengatasi permasalahan gigi yang tanggal, tapi Anda tidak perlu menggantinya dengan masalah-masalah baru pada gigi palsu permanen.

Bacaan Lainnya

Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Tips
Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Diterbitkan: 01 November 2022 01:56
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Aplikasi Klinik
Tips
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Diterbitkan: 06 February 2022 05:13
Ketahui Prospek Jurusan Teknik Biomedis di Masa Depan
Tips
Ketahui Prospek Jurusan Teknik Biomedis di Masa Depan
Diterbitkan: 15 November 2022 05:54

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.