ARTIKEL

Jenis Sarung Tangan Medis yang Wajib Diketahui

ūüēź Baca 4 menitūüďÖ 31 July 2022 06:12

Terdapat 2 jenis sarung tangan medis yang bias adigunakan, yaitu untuk sarung tangan untuk pemeriksaan dan bedah. Mengenai bentuk fisik, sarung tangan bedah punya ukuran yang lebih tebal dengan presisi dan sensitivitas lebih baik.

Sarungan tangan ini dibuat dengan standar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sarung tangan pemeriksaan.

Sarung tangan pemeriksaan juga tersedia untuk steril dan non-steril, sedangkan untuk sarung tangan bedah sudah dipastikan wajib steril.

Tak hanya obat-obatan saja, sarung tangan medis juga banyak digunakan di laboratorium kimia dan bio-kimia. Sarung tangan medis memberikan perlindungan dasar untuk korosi atau kontaminasi permukaan.

Tetapi juga  perlu diketahui bahwa sarung tangan ini terkadang sangat mudah untuk ditembus oleh pelarut khusus dan sejumlah bahan kimia berbahaya. Jadi, perlu pengetahuan dan pengalaman untuk menggunakannya.

Sarung tangan medis tidak diperuntukkan cuci piring atau tugas lain yang bersifat perendaman tangan karena memang tidak dianjurkan.

Faktor Pemilihan Sarung Tangan

Sarung tangan medis punya peran yang sangat penting untuk melindungi petugas kesehatan mulai dari perawat, dokter, hingga dokter spesialis.

Bukan hanya sekedar pelindung dari kotoran atau benda tajam saja, tetapi pencegahan penularan penyakit menjadi salah satu fungsi paling vital dari sarung tangan ini.

Oleh karena itu pemilihan sarung tangan medis harus dipikirkan secara benar dan tidak boleh terjadi kesalahan. Kalau petugas kesehatan menggunakan sarung tangan medis yang tidak sesuai dengan peruntukkan, risiko yang dihadapi bukan main-main.

Ada beberapa faktor yang perlu diketahui sebelum memilih sarung tangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Paparan Sinar Matahari

Walaupun biasanya untuk sarung tangan medis digunakan pada lingkungan indoor, tapi juga tidak jarang ada saja aktivitas medis yang dilakukan di luar ruangan.

Oleh karena itu pemilihan sarung tangan medis juga harus disesuaikan dengan seberapa banyak paparan sinar matahari yang akan didapatkan.

2. Benda yang Tersentuh

Jenis benda yang tersentuh oleh sarung tangan juga harus dipertimbangkan, apakah bersifat panas, dingin, korosif, tajam atau kasar.

Oleh karena itu untuk alat berupa sarung tangan medis akan berbeda-beda jenis bahannya. Sarung tangan medis bisa terbuat dari bahan kulit, karet, hingga kain katung. Jadi butuh pertimbangan lebih lanjut tentang kebutuhan bahan yang cocok untuk sarung tangan medisnya.

Jenis Sarung Tangan Medis

Pastikan tidak hanya bahan saja yang harus diperhatikan, tetapi ukuran dan kenyamanan saat menggunakan sarung tangan medis tersebut juga harus diperhatikan.

Anda harus bisa menggunakan sarung tangan medis tersebut dengan mudah dan semua jari bisa bergerak dengan nyaman tanpa terjepit atau terhambat. Ruang gerak jari yang berada di dalamnya juga harus bisa digerakan dengan leluasa.

Oh ya, sebaiknya juga bisa memakai sarung tangan yang menutupi hingga pergelangan tangan hingga bisa terlindungi secara maksimal.

Selanjutnya, berikut ini  adalah beberapa jenis sarung tangan medis yang disesuaikan dengan bahan pembuatannya:

a. Leather Gloves

Sarung tangan medis yang bisa melindungi dari permukaan yang bersifat kasar atau keras. Biasanya sarung tangan ini akab terbuat dari bahan kulit.

Kualitas dari kulit yang digunakan memang bervariasi karena produk alami, tapi untuk standar medis punya kualitas yang memiliki tingkat tersendiri.

Tingkat kekuatan dari sarung tangan tipe ini juga diketahui punya daya tahan yang sangat besar.

b. Latex Disposable Gloves

Pelindung tangan dari bakteri dan kuman yang berbahaya. Latex atau lateks sudah menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan oleh dunia medis.

Hal ini karena sesuai dengan yang ditulis oleh Darwin Brown pada Physician Assistant, sarung tangan lateks direkomendasikan sebagai perlindungan tangan atas patogen yang ditularkan lewat darah, misalnya seperti HIV.

Namun, pada waktu popularitasnya meningkat, terdapat sebuah kasus yang kurang mengenakkan, yaitu soal alergi.

Oleh karena itu alternatif yang paling sering dilakukan adalah penggunaan sarung tangan lateks yang hanya satu kali pakai saja.

c. Rubber Gloves

Sarung yang melindungi tangan ketika bekerja dengan yang sifatnya tegangan arus listrik. Terbuat dari karet yang juga diklaim tahan terhadap bahan kimia.

Tidak hanya untuk sarung tangan medis saja, tetapi jenis ini juga bisa digunakan untuk mencuci piring karena memang tidak tembus air.

Tapi sarung tangan seperti ini biasanya tidak terlalu digunakan untuk pemeriksaan medis yang sifatnya mendalam. Lebih cocok untuk pekerjaan yang berhubungan dengan alat atau bahan eksternal lainnya.

d. Padded Cloth Gloves

Sarung tangan yang mempunyai fungsi untuk bisa melindungi tangan dari benda yang tajam dan bergelombang. Jenis sarung yang menggunakan desain khusus mulai dari jari hingga pergelangan tangan.

Tak hanya itu saja, sarung tangan ini juga mempunyai kemampuan untuk digunakan dalam lingkungan yang kotor.

e. Heat Resistant Gloves

Fungsinya adalah untuk melindungi tangan dari panasnya api. Dirancang secara khusus untuk perlindungan dari suhu tinggi yang ditemukan di laboratorium.

Mereka umumnya terbuat dari bahan yang tahan panas atau api. Sarung tangan dengan tahan api ini digunakan misalnya seperti mengeluarkan benda panas atau hal lain yang berhubungan dengan api./panas.

Perlindungan sarung tangan ini juga mempunyai tingkat kepanasan tertentu sesuai dengan bahan yang digunakan. Pastikan Anda juga telah mengetahui batas-batas yang bisa digunakan oleh Heat Resistant Gloves ini.

Jangan sampai melebihi batas yang sudah ditetapkan karena bisa berbahaya untuk kulit Anda.

f. Vinyl dan Neoprene Gloves

Perlindungan tangan dari bahan kimia yang beracun atau berbahaya. Manfaat utama dari sarung tangan jenis ini adalah karena harganya yang relatif murah, meski tetap hanya dianjurkan satu kali pakai buang.

Sarung tangan ini juga diklaim sebagai jenis yang ramah lingkungan, hal ini sudah dibuktikan oleh Health & Safety International.

Walaupun untuk biayanya relatif rendah, tapi sarung tangan jenis ini biasanya dipakai pada lingkungan yang tidak berbahaya atau dengan kata lain adalah rendah infeksi.

g. Metal Mesh Gloves

Fungsinya adalah untuk melindungi tangan dari benda-benda yang sangat tajam serta pencegahan agar tidak terpotong oleh benda tajam tersebut.

Metal Mesh Gloves berfungsi untuk melindungi tangan dari benda-benda tajam juga memberikan pencegahan agar tidak terpotong oleh benda yang tajam.

Bahan

Ada beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk sarung tangan medis, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Polyvinyl Clorida dan Plastik PBC

b. Karet (pohon karet)

c. Sintetis

d. Tekstil

Perlu diketahui bahwa untuk sarung tangan yang dibuat dari bahan sintetis biasanya punya daya tahan yang lebih lama jika dibandingan dengan bahan lainnya.

Sarung tangan dengan bahan sintesis memberikan perlindungan yang cukup baik terhadap bahan kimia dan biohazard.

Selanjutnya untuk kelebihan lain dari sarung tangan sintetis adalah juga bisa tahan terhadap objek yang tajam serta tidak mudah sobek.

Sarung tangan sintetis menjadi bahan yang bio-degredable, yaitu sampah yang tidak bisa diuraikan dengan sempurna oleh proses biologi aerob ataupun anaerob.

Bacaan Lainnya

Daftar 7 Pabrik Alat Kesehatan Terbaik saat ini
Alat Kesehatan
Daftar 7 Pabrik Alat Kesehatan Terbaik saat ini
Diterbitkan: 05 July 2022 08:48
Jenis Sarung Tangan Medis yang Wajib Diketahui
Alat Kesehatan
Jenis Sarung Tangan Medis yang Wajib Diketahui
Diterbitkan: 31 July 2022 06:12
Daftar Sarung Tangan Medis Terbaik Lengkap Harga
Alat Kesehatan
Daftar Sarung Tangan Medis Terbaik Lengkap Harga
Diterbitkan: 04 August 2022 04:19

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.