ARTIKEL

10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik

🕐 Baca 4 menit

Dunia kesehatan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Makin banyak temuan baru yang bisa mempermudah kerja tenaga kesehatan dan menjamin keselamatan para pasien.

Ada banyak penyakit yang dulunya masih sulit diobati, sekarang sudah dengan gampangnya disembuhkan. Hal ini tentu saja hal positif yang bisa dirasakan oleh pasien.

Terlepas dari teknis pengobatan medis, begitu juga dengan sistem dan proses administrasi pengobatan pasien yang terus berkembang.

Fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas, klinik hingga rumah sakit berlomba-lomba agar memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Lalu apa sih kebutuhan pasien di jaman sekarang yang harus dipenuhi oleh fasilitas kesehatan? Berikut ini adalah pembahasannya!

Pergeseran Teknologi

Saat ini hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah memiliki kebutuhan primer tambahan, yaitu berupa gadget handphone.

Mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun sangat membutuhkan handphone untuk beraktivitas. Apalagi untuk kegiatan yang dimaksud saat ini juga bukan hanya sebagai alat komunikasi.

Fungsi dari gadget handphone ini berkembang dengan sedemikian pesat dan luasnya. Anda bisa menjelajah dunia dengan sebuah handphone. Sehingga saat ini sudah banyak perkembangan yang terjadi di dunia kesehatan.

Kalau dulu fasilitas kesehatan (faskes) banyak menggunakan pencatatan konvensional. Semua data biasanya akan dicatat dengan kertas atau buku. Sekarang sudah tidak lagi!

Faskes jaman sekarang banyak menggunakan aplikasi modern yang memang sudah bisa memenuhi banyak kebutuhan yang diperlukan. Bukan hanya tentang kebutuhan pasien saja, tetapi pekerjaan dari tenaga kesehatan mulai dari perawat hingga dokter bisa dimudahkan lewat penggunaan aplikasi.

Kemudahan Penggunaan Aplikasi

Terdapat banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan oleh klinik saat menggunakan aplikasi modern baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Kemudahan ini juga bisa dirasakan oleh pasien dan tenaga kesehatan yang bakal terbantu dalam kegiatan pelayanan terhadap pasien.

Adapun beberapa kemudahan yang bisa didapatkan adalah diantaranya sebagai berikut:

1. Mendapat Informasi

Saat menggunakan aplikasi klinik modern, pasien bisa mendapatkan informasi secara mudah lewat aplikasi yang disediakan oleh klinik. Pegawai juga akan menjadi mudah saat memberikan informasi seputar pelayanan klinik.

Misalnya seperti jadwal layanan dokter yang sedang bertugas, poli-poli, dan informasi lainnya seputar dengan kebutuhan pasien.

2. Proses yang mudah

Segala macam aktivitas dan kegiatan yang berlangsung di klinik akan diatur dengan sedemikian rupa lewat sistem aplikasi yang terpasang. Kegiatan yang dimaksud adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien dari awal datang hingga kepulangannya.

Selain itu juga administrasi dan proses kegiatan yang tidak langsung kepada pasien juga menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Misalnya seperti pembuatan laporan, evaluasi, dan lain sebagainya.

3. Minim Kesalahan

Apabila klinik menggunakan aplikasi modern yang sudah memiliki sistem pengoperasian baik, maka bisa dipastikan untuk kesalahan yang sering terjadi pada pencatatan konvensional.

Data-data yang masuk akan diproses dengan sebaik mungkin agar bisa rapi sehingga mudah untuk dilihat atau dicari. Mengingat aplikasi klinik juga disertai dengan fitur pencarian yang sangat gampang digunakan.

4. Klinik Modern

Jika klinik Anda menggunakan aplikasi modern, maka klinik Anda juga akan mendapatkan kesan modern dan membuat pasien merasa percaya dengan pelayanan klinik.

Sebaliknya kalau klinik Anda masih menggunakan pencatatan konvensional yang ketinggalan jaman, sedangkan klinik lain sudah menggunakan aplikasi, maka bisa dipastikan klinik Anda akan ditinggalkan oleh calon pasien.

5. Easy Tracking

Seperti yang sudah sempat dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi klinik punya kemampuan spesial yaitu berupa pencarian yang mudah. Anda bisa mencari banyak hal di daftar riwayat medis atau data lainnya tanpa harus mencari satu per-satu.

Terdapat indikator yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian. Misalnya seperti nama, nomor pasien, tanggal lahir, dan lain sebagainya.

6. Real-time

Semua data yang ada di dalam aplikasi klinik merupakan informasi real-time yang bisa melihat kondisi secara up-to-date. Jadi Anda bisa melihat segala hal atau kondisi yang ada di klinik secara nyata.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan tertentu.

7. Dashboard Simpel

Tampilan dari aplikasi yang digunakan juga sangat sederhana sehingga bisa digunakan oleh petugas yang bahkan baru mulai bekerja sekalipun. Petugas tidak perlu banyak belajar untuk tata cara penggunaan aplikasi dengan waktu lama.

Cukup satu atau dua kali pemberitahuan saja, maka petugas bisa menggunakannya secara benar. Kalau ada yang tidak dipahami, petugas juga bisa mencari tahu caranya sendiri tanpa perlu bantuan dari orang lain. Sangat mudah untuk digunakan!

8. Teknisi Profesional

Ketika berbicara tentang aplikasi, tidak mungkin rasanya kalau aplikasi tersebut digunakan tanpa adanya teknisi khusus yang menanganinya. Misalnya seperti aplikasi bernama Mejadokter yang selalu memberikan pelayanan spesial kepada kliennya.

Apabila ada masalah yang terjadi pada aplikasi maka pihak dari Mejadokter akan menurunkan teknisinya agar bisa memperbaiki problem tersebut.

Namun, tenang saja karena soal permasalahan teknis dalam aplikasi akan sangat jarang terjadi. Mungkin hanya akan ada kendala-kendala kecil yang sangat mudah untuk diselesaikan.

9. Laporan

Ketika membuat laporan, Anda tidak perlu lagi repot mengumpulkan banyak catatan dan buku untuk melakukan peninjauan dan evaluasi.

Jika Anda menggunakan aplikasi klinik Mejadokter, maka Anda hanya perlu melakukan pembuatan laporan dengan beberapa klik 'mouse' saja.

Secara otomatis, semua laporan bisa dikirimkan dalam bentuk file excel ke email yang Anda miliki. Sangat mudah bukan?

10. Rekam Medis

Biasanya untuk hasil dari rekam medis akan dimiliki oleh klinik dan tidak bisa dilihat secara gamblang oleh pasien. Tapi dengan teknologi aplikasi modern, pasien bisa dengan mudahnya melihat catatan rekam medis miliknya.

Dengan begini, pasien bisa mengetahui apa saja yang terjadi pada kesehatannya. Jika lupa, pasien hanya perlu membukanya kembali untuk mencari tahu banyak hal terutama soal penyakti yang sedang diderita olehnya.

Cara Pasang Aplikasi Klinik Mejadokter

Setelah mengetahui tentang bagaimana kebutuhan pasien akan aplikasi klinik, maka selanjutnya Anda juga harus mengetahui tentang gimana sih cara menggunakan aplikasi klinik Mejadokter?

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa untuk mejadokter merupakan aplikasi klinik yang gratis. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memilikinya.

Anda hanya perlu melakukan kontak dengan pihak dari mejadokter agar bisa segera dilakukan pemasangan terhadap klinik Anda.

Selanjutnya biarkan pihak dari mejadokter yang menyelesaikan seluruh rangkaian pemasangan aplikasi di klinik Anda.

Untuk kontak yang dapat dihubungi adalah sebagai berikut:

  • PT DLN Karya Bangsa
  • Email: yein@mejadokter.com
  • Telepon/WA: +6285163639192
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Anda tidak perlu ragu dengan kualitas yang dimiliki oleh Mejadokter karena aplikasi yang dirilis sudah teruji dan memang mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk menyelesaikan permasalahan di klinik Anda.

Buruan hubungi sekarang, jangan tunda lagi!

Bacaan Lainnya

Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Aplikasi Klinik
Tips
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik
10 Kebutuhan Pasien di Jaman Modern untuk Aplikasi Klinik
Aplikasi Apotek Klinik yang Bisa Anda Gunakan Gratis
Aplikasi Klinik
Aplikasi Apotek Klinik yang Bisa Anda Gunakan Gratis

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.