ilustrasi halaman detail

ARTIKEL

Begini Cara Pasang Aplikasi Mejadokter di Klinik Anda

🕐 Baca 4 menit📅 30 August 2023 09:43

Aplikasi Mejadokter adalah sebuah program yang akan membantu pengelolaan klinik Anda menjadi jauh lebih mudah dan profesional.

Fitur yang tersedia mulai dari rekam medis, manajemen data master, generate laporan secara otomatis, hingga manfaat lainnya yang selalu diupdate sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan, jika Anda menginginkan sebuah fitur custom yang spesial disediakan untuk klinik Anda juga bisa diajukan ke pihak Mejadokter.

Wah, masa iya bisa begitu? Bisa dong! Mejadokter menyediakan layanan yang mengutamakan kebutuhan klinik agar bisa memberi pelayanan terbaik bagi pasiennya.

PERAN APLIKASI UNTUK KLINIK SECARA UMUM

Aplikasi memiliki peran yang signifikan dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi operasional klinik. Berikut adalah beberapa peran penting aplikasi dalam konteks klinik:

1. Manajemen Janji Temu

Aplikasi dapat membantu dalam mengelola jadwal janji temu pasien. Pasien dapat melakukan pendaftaran dan memilih waktu yang tersedia melalui aplikasi.

Ini mengurangi waktu tunggu dan mempermudah koordinasi antara pasien dan staf klinik.

2. Rekam Medis Elektronik (EHR)

Aplikasi bisa digunakan untuk menyimpan dan mengelola rekam medis pasien secara elektronik. Ini memungkinkan akses yang lebih cepat dan mudah bagi staf medis untuk melihat riwayat kesehatan pasien, hasil tes, dan diagnosis sebelumnya.

Pasien menggunakan aplikasi untuk mengisi formulir pendaftaran atau informasi medis awal sebelum kunjungan mereka ke klinik. Ini mengurangi waktu tunggu di klinik dan membantu dalam pengumpulan data yang akurat.

Berhubungan dengan sistem laboratorium untuk mengambil hasil tes langsung ke dalam EHR pasien. Ini memastikan informasi diakses dengan cepat oleh staf medis.

Staf medis bisa mencatat catatan kunjungan, diagnosa, dan tindakan yang diambil melalui aplikasi. Ini memastikan informasi kronologis terkait perawatan pasien.

3. Pembayaran dan Penagihan

Aplikasi bisa memfasilitasi pembayaran dan penagihan. Pasien dapat membayar tagihan mereka melalui aplikasi, mengurangi kebutuhan akan transaksi tunai atau cek.

Staf klinik juga dapat mengelola faktur dan informasi pembayaran dengan lebih efisien.

4. Pengingat Janji Temu dan Obat

Aplikasi dapat mengirimkan pengingat kepada pasien mengenai janji temu yang akan datang dan waktu konsumsi obat.

Ini membantu meningkatkan kepatuhan pasien terhadap perawatan yang direkomendasikan.

5. Integrasi Laboratorium dan Pemantauan

Aplikasi akan menghubungkan dengan sistem laboratorium untuk memfasilitasi pemesanan tes, pemantauan hasil tes, dan pengiriman hasil ke dalam EHR pasien.

6. Analisis Data dan Pelaporan

Aplikasi dapat mengumpulkan data pasien secara terpusat, memungkinkan analisis yang lebih baik terkait tren penyakit, efektivitas perawatan, dan penggunaan sumber daya. Informasi ini dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang lebih baik terkait manajemen klinik.

7. Konsultasi Jarak Jauh

Dalam beberapa kasus, klinik dapat menawarkan konsultasi medis jarak jauh melalui aplikasi. Ini bermanfaat bagi pasien yang sulit datang ke klinik secara fisik atau memerlukan saran medis darurat.

8. Pengelolaan Persediaan Obat dan Alat Kesehatan

Aplikasi dapat membantu dalam melacak persediaan obat dan alat kesehatan di klinik. Ini memastikan ketersediaan yang tepat pada saat dibutuhkan dan membantu menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan.

Aplikasi bisa digunakan untuk memantau persediaan obat dan alat kesehatan secara real-time. Staf klinik dapat menginput data saat persediaan diambil atau ditambahkan. Ini membantu dalam melacak kuantitas dan jenis obat serta alat kesehatan yang tersedia.

Lewat konfigurasi, aplikasi klinik bisa memberikan pemberitahuan otomatis ketika stok suatu item mendekati batas minimal yang ditentukan. Hal ini membantu dalam menghindari kekurangan persediaan yang dapat mengganggu pelayanan medis.

9. Pengembangan Hubungan dengan Pasien

Aplikasi dapat memberikan platform bagi klinik untuk berinteraksi dengan pasien secara lebih teratur melalui pembaruan kesehatan, informasi kesehatan, atau materi pendidikan.

Aplikasi memungkinkan klinik untuk berkomunikasi dengan pasien secara lebih cepat dan efisien. Informasi penting, pengingat janji temu, atau perubahan jadwal dapat dikirimkan melalui notifikasi dalam aplikasi, SMS, atau email.

Klinik dapat menggunakan aplikasi untuk memberikan informasi kesehatan kepada pasien, seperti tips pencegahan penyakit, perubahan gaya hidup yang dianjurkan, atau informasi tentang kondisi medis tertentu.

Dalam beberapa kasus, klinik dapat menggunakan aplikasi untuk memantau kondisi kesehatan pasien jarak jauh. Pasien dapat memasukkan data seperti tekanan darah, kadar gula darah, atau gejala tertentu, yang dapat diamati oleh tenaga medis dalam klinik.

Pasien dapat mengakses riwayat medis mereka, hasil tes, dan resep obat melalui aplikasi. Ini memungkinkan pasien untuk lebih aktif terlibat dalam pengelolaan kesehatan mereka sendiri.

10. Pengelolaan Tim Medis

Aplikasi bisa membantu koordinasi antara anggota tim medis, termasuk dokter, perawat, dan staf pendukung, untuk memastikan perawatan yang terkoordinasi dan komprehensif.

Penting untuk memilih atau mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan khusus klinik Anda. Pastikan bahwa aplikasi tersebut aman, mudah digunakan, dan dapat diandalkan agar dapat memberikan manfaat maksimal dalam operasional sehari-hari klinik.

KEUNGGULAN APLIKASI MEJADOKTER

Mungkin Anda akan bertanya tentang apa saja sih keunggulan dari Mejadokter sehingga sangat disayangkan kalau klinik Anda tidak menggunakan aplikasi dari kami. Adapun berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Dipercaya 33 Klinik

Hingga saat ini, mejadokter sudah dipercaya sebanyak 33 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi klinik mejadokter telah dipercayakan untuk membantu 33 klinik yang mudah-mudahan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

2. Keamanan Data

Hal ini menjadi salah satu yang terpenting bagi setiap sistem manajemen. Data yang masuk harus dipastikan keamanannya. Namun, Anda tenang saja karena untuk aplikasi mejadokter telah menyediakan proteksi yang sangat aman untuk menjaga data-data klinik dan pasien.

Semua data dan file terenkripsi dan tersimpan dengan sangat aman.

3. Automasi

Apa sih automasi? Automasi adalah sebuah kegiatan yang mengurangi proses manual dalam operasional kegiatan, terutama pelaporan.

Anda tidak perlu lagi membuat laporan secara manual yang dimasukkan satu per-satu, ini jadul sekali. Dengan menggunakan mejadokter, Anda bisa membuat laporan sesuka hati. Baik itu dilakukan dengan sistem harian, mingguan, bulanan, kuartal atau tahunan.

Laporan juga dapat dikirim ke alamat email Anda secara langsung.

4. Fitur Bermanfaat

Mejadokter akan menyediakan fitur-fitur lain atau tambahan yang bermanfaat dalam proses pengelolaan klinik Anda. Jika Anda telah menjadi user dari Mejadokter, tentu Anda bisa mendapatkan fitur terbarunya dengan gratis.

5. Terintegrasi dan Terdaftar

Sekedar informasi tambahan kalau aplikasi Mejadokter juga sudah terintegrasi dengan BPJS Pcare dan Antrean Online serta terdaftar di PSE Kominfo Domestik.

BAGAIMANA CARA PASANG APLIKASI KLINIK MEJADOKTER

Saat Anda sudah yakin dan atau ingin mencoba pasang aplikasi klinik Mejadokter, tenang saja karena admin Mejadokter siap untuk melayani Anda.

Silakan hubungi admin Mejadokter pada kontak di bawah ini:

Email: yein@mejadokter.com
WhatsApp: +6285174349193

Bacaan Lainnya

12 Kemudahan Klinik kalau Menggunakan Aplikasi
Aplikasi Klinik
12 Kemudahan Klinik kalau Menggunakan Aplikasi
Diterbitkan: 06 September 2023 19:17
Kenapa Manajemen Data Klinik harus Pakai Aplikasi?
Aplikasi Klinik
Kenapa Manajemen Data Klinik harus Pakai Aplikasi?
Diterbitkan: 09 August 2023 04:07
Tips Memilih Aplikasi Klinik yang Baik dan Tepat
Aplikasi Klinik
Tips Memilih Aplikasi Klinik yang Baik dan Tepat
Diterbitkan: 23 August 2023 02:54
Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.
  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Rekam medis elektronik untuk Fasyankes, terintegrasi satusehat, bridging BPJS PCARE dan antrean online mobile JKN, akreditasi paripurna dengan mejadokter