ARTIKEL

Ini yang Dibutuhkan Dokter sebelum Buka Klinik sendiri

🕐 Baca 4 menit

Dokter menjadi pioner utama untuk membangun sebuah klinik kesehatan. Tapi perlu untuk diketahui kalau tidak semua dokter mempunyai kemampuan untuk membuka sebuah klinik. Bukan hanya soal materi berupa modal biaya yang harus dikeluarkan, tetapi juga ada sejumlah aspek lainnya yang dibutuhkan.

Lalu apa saja sih hal-hal yang sekiranya dibutuhkan oleh dokter sebelum membuka klinik? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Persiapan

Rencana untuk membuat sebuah klinik wajib dipersiapkan dengan matang mulai dari awal penentuan lokasi hingga sistem kerja dan masa depan dari klinik itu sendiri.

Memilih tempat klinik biasanya tidak terlalu harus yang berada di lokasi strategis, namun hal terpenting adalah tempat parkir yang nyaman, pintu masuk yang terlihat jelas, dan tidak banyak tangga.

Kemudian untuk lokasi juga tetap harus berada di pinggir jalan yang mudah dilalui oleh kendaraan bermotor, terutama mobil. Biasanya orang yang sakit akan menggunakan mobil, baik itu pribadi, sewa ataupun taksi online.

Kalau akses ke klinik sulit untuk dilalui pakai mobil, maka bisa dipastikan bahwa ini akan menjadi nilai buruk bagi klinik.

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah tentang bagaimana dari isi klinik tersebut. Mulai dari pelayanan apa saja yang diberikan, alat-alat, pegawai, dan lain sebagainya.

Setelah itu, Anda juga harus menentukan standar pelayanan kesehatan yang diterapkan dalam klinik. Mulai dari tata krama dari pegawai, penanganan perawatan pasien, sampai dengan pulang. Bagaimana caranya supaya pasien bisa mendapatkan kepuasan saat berobat ke klinik Anda.

2. Pembagian Waktu

Sebagai dokter yang mempunyai klinik tentu saja akan mempunyai masalah untuk pengaturan jadwal prakteknya. Seperti diketahui kalau umumnya dokter memiliki jam kerja di beberapa rumah sakit. Apabila ditambah dengan klinik, maka tentu saja akan menyita sejumlah waktu dengan kemungkinan ada kejadian tak terduga yang menyita waktu.

Misalnya seperti ada penanganan pasien dengan urgensi tertentu sehingga membutuhkan tenaga dan waktu Anda di luar jadwal. Baik dari sisi jam kerja di rumah sakit ataupun klinik, nantinya pasti akan ada momen di mana saling bentrok satu sama lainnya.

Hal ini tentu saja perlu preparasi yang cukup untuk Anda agar bisa mempersiapkan rencana guna bisa mendapatkan solusi terbaik untuk keduanya.

Tak jarang lho ada dokter yang tak ingin memusingkan ini dengan cara berhenti untuk mengambil jam kerja di rumah sakit dan memfokuskan diri untuk bisa menangani pasien hanya di klinik saja.

3. Mental yang kuat

Siapa sangka kalau ternyata mental menjadi salah satu faktor yang paling dibutuhkan dokter sebelum membuka sebuah klinik. Bukan berbicara tentang mental sebagai dokter saja, tetapi saat ini Anda sudah masuk ke dalam ranah bisnis.

Mau berbicara tentang klinik yang berfokus pada pelayanan kesehatan sedalam dan sekental apapun, perlu disadari bahwa tetap saja pembukaan klinik akan berkaitan erat dengan yang namanya bisnis.

Jika Anda membuka klinik dengan tanpa adanya keuntungan, lalu untuk apa? Apakah Anda akan berpikir bisa mempertahankan idealis untuk memberikan layanan bagi masyarakat, darimana uangnya?

Kami tidak mempermasalahkan niat baik Anda untuk memberikan pelayanan gratis dengan tarif atau biaya yang murah, tapi Anda juga harus memperhatikan cash flow klinik agar tetap mendapatkan keuntungan untuk bisa memajukan klinik.

Nantinya apabila klinik berkembang, tentu saja jangkauan penanganan kesehatan yang Anda lakukan juga pasti akan meningkat.

4. Kemampuan untuk Manajemen Klinik

Permasalahan yang paling sering dialami oleh klinik adalah manajemen yang tidak begitu baik. Terdapat banyak sekali hal-hal yang membuat sistem kerja dari klinik menjadi tidak ideal. Oleh karena itu saat ini klinik akan sangat membutuhkan aplikasi guna membantu kinerja dari pegawai klinik.

Salah satu aplikasi klinik yang direkomendasikan saat ini adalah MejaDokter karena memang telah terbukti bisa membantu sistem kerja di klinik menjadi jauh lebih mudah.

Adapun untuk keunggulan dari MejaDokter adalah bisa menjamin keamanan data yang dimiliki oleh pasien karena semua tersimpan dengan baik dan terenkripsi.

Kemudian juga mengenai sistem kerja dari aplikasi MejaDokter yang serba automasi. Hal ini akan membuat operasional pelaporan secara manual bisa dikurangi secara drastis.

5. Dukungan Keluarga

Jika Anda hendak membuka klinik, alangkah baiknya untuk meminta restu dari keluarga, terutama orangtua beserta keluarga yang dituakan.

Jangan merasa angkuh untuk bertanya tentang wejangan atau pesan dari mereka. Walaupun mungkin mereka bukan berasal dari tenaga kesehatan, tapi Anda harus ingat bahwa mereka juga termasuk menjadi salah satu pasien yang pernah mendapatkan pengobatan baik itu di klinik atau rumah sakit.

Mereka pasti akan mempunyai cara pandang tersendiri yang bisa Anda jadikan referensi dalam menentukan sikap saat membuka klinik nanti.

Persiapan dokter sebelum membuka klinik
Persiapan dokter sebelum membuka klinik

Pantangan Dokter

Seorang dokter yang ingin membuka klinik harus memenuhi sejumlah hal agar klinik yang dibuka bisa berjalan dan berkembang. Ini hal yang pantang untuk dilakukan dokter saat membuka klinik:

a. Jutek

Ketika melayani pasien, dokter wajib memberikan senyuman agar pasien bisa merasa nyaman saat diperiksa. Ada banyak lho permasalahan dari pasien tidak ingin datang kembali ke klinik lantaran pelayanan dari dokter yang kurang baik.

Mereka biasanya tidak akan kembali ke klinik apabila dokter menanganinya dengan wajah yang jutek, jawaban ketus, atau hanya sekedar intonasi yang datar.

Pasien lebih menyukai dokter yang bisa berinteraksi dengan lebih friendly, sedikit berbasa-basi, dan tentu saja hal yang paling penting adalah 'tersenyum'.

b. Kasar

Dokter yang kasar juga menjadi salah satu permasalahan paling sering terjadi di klinik. Pasien akan menjadi trauma saat ingin datang kembali ke klinik.

Mereka pun juga pasti akan memberikan pengalamannya kepada orang lain, bahwa dokter yang ada di klinik Anda kasar.

Budayakan untuk mengucapkan kalimat permohonan maaf ketika memberikan penanganan kesehatan ke klinik.

c. Orientasi Keuntungan

Walaupun klinik harus mendapatkan keuntungan, tetapi Anda juga harus memastikan orientasinya bukan tentang mendapatkan banyak keuntungan demi kepentingan pribadi.

Pasien pasti akan merasa keberatan saat Anda mematok harga yang relatif tinggi atau mungkin banyak biaya yang harus dibayarkan oleh pasien.

d. Pelit bicara

Satu hal yang paling penting dan juga dibutuhkan oleh pasien adalah saran-saran yang diberikan oleh dokter. Apabila seorang dokter tidak banyak memberikan informasi tentang penyakit pasien, tentu saja ini akan menjadi masalah bagi pasien nantinya.

Pasien tidak mengetahui tentang banyak hal yang mungkin saja dibutuhkan mengenai informasi penyakitnya. Di sini peran dokter sangat penting untuk memberitahukan secara detail agar pasien bisa memahami kondisi kesehatannya.

Kalau Anda pelit bicara untuk menjelaskan, tentu saja akan menjadi nilai negatif bagi pasien. Apalagi kalau biaya konsultasi yang pasien bayar lumayan mahal, tapi mereka tidak mendapatkan kepuasan saat berkonsultasi, pasti akan menimbulkan rasa kecewa yang mendalam.

Itulah tadi tentang sejumlah hal yang dibutuhkan oleh dokter sebelum membuka klinik. Jika semua dilakukan dengan baik, percayalah bahwa klinik Anda pasti akan bisa berkembang.

Bacaan Lainnya

Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Tips
Klinik
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Klinik dengan Mudah
Tips
Cara Membuat Surat Keterangan Sehat di Klinik dengan Mudah
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Aplikasi Klinik
Tips
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.