ARTIKEL

Cara Pindah Klinik BPJS Kesehatan, Faskes Tingkat Pertama

🕐 Baca 7 menit

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah Badan Hukum Publik yang mempunyai tanggungjawab langsung kepada Presiden dan punya tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional untuk seluruh rakyat Indonesia, terutama kepada mereka Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta dengan keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa. Lengkap sekali ya!

BPJS Kesehatan adalah penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan yang menjadi salah satu dari 5 program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yaitu:

a. Jaminan Kesehatan

b. Jaminan Kecelakaan Kerja

c. Jaminan Hari Tua

d. Jaminan Pensiun

e. Jaminan Kematian

Hal ini telah diatur ke dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

BPJS Kesehatan bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (dulunya Jamsostek) adalah program pemerintah di dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013 silam.

Untuk BPJS Kesehatan sendiri mulai beroperasi secara nyata sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan untuk BPJS Ketenagakerjaan beroperasi sejak 1 Juli 2015.

BPJS Kesehatan juga menjalankan fungsi pemerintahan di bidang pelayanan umum yang sebelumnya banyak dijalankan oleh Badan Usaha Milik Negara dan sejumlah lainnya oleh Lembaga Pemerintahan.

Gabungan antara kedua fungsi badan usaha dan fungsi pemerintahan ini yang tercermin dalam status BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik yang menjalankan fungsi pelayanan umum di bidang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Nasional.

BPJS Kesehatan dapat dibentuk dengan modal awal yang dibiayai dari APBN dan kemudian mempunyai kekayaan tersendiri yang meliputi aset-aset BPJS Kesehatan dan aset dana jaminan sosial dari sumber-sumber sebagiamana telah ditentukan dalam undang-undang.

Kewenangan dari BPJS Kesehatan juga meliputi semua wilayan Republik Indonesia dan bisa mewakili Indonesia atas nama negara di dalam hubungan dengan badan-badan Internasional.

Kewenangan tersebut menjadi karakteristik sendiri yagn berbeda dengan badan hukum atau lembaga negara lainnya. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan adalah salah satu bentuk Badan Hukum Milik Negara (BHMN), sehingga untuk pelaksanaan tugasnya dipertanggungjawabkan langsung kepada Presiden sebagai Kepala Pemerintahan Negara.

Pindah Fasilitas Kesehatan (FASKES) BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan terkadang punya permasalahan untuk pindah fasilitas kesehatan atau fasket untuk bisa berobat. Biasanya sih terkait dengan pindah domisili hingga perlu lokasi faskes yang lebih dekat dengan rumah.

Adapun alasan lain untuk peserta pindah faskes adalah karena adanya urusan pekerjaan atau kuliah di luar kota yang mengharuskan Ia untuk melakukan pemindahan faskes.

Lalu, apa saja sih persyaratan dan cara pindah faskes BPJS Kesehatan yang wajib untuk Anda ketahui?

Sebelum melakukan pindah faskes, perlu diketahui juga kalau perpindahannya hanya dapat dilakukan untuk faskes tingkat I. Misalnya seperti puskesmas, praktik dokter umum/dokter gigi, klinik pratama dan rumah sakit dengan kelas D.

Faskes tingkat I akan menjadi pelayanan kesehatan pertama untuk pasien ketika mengalami keluhan sakit. Kalau sarana dan prasarana di faskes tingkat I tidak memadai untuk memberikan pelayanan pengobatan kepada pasien, maka peserta BPJS Kesehatan bakal dirujuk ke faskes tingkat II dan tingkat lanjutan yang sudah ditetapkan.

Melakukan pemindahan faskes dapat dilakukan kurang dari 3 bulan setelah pendaftaran di faskes tingkat pertama. Nantinya pergantian faskes ini bakal berlaku sejak tanggal 1 pada bulan selanjutnya.

Persyaratan Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Sebelum melakukan pemindahan faskes, ada beberapa syarat harus harus dipersiapkan oleh peserta aktif BPJS Kesehatan. Adapun diantaranya adalah seperti:

a. Melampirkan kartu JKN-KIS peserta yang berubah faskes

b. Melampirkan Kartu Keluarga (KK)

c. Melampirkan surat keterangan domisili (surat pindah tugas/surat keterangan kuliah di luar kota)

Selanjutnya kalau persiapan sudah ada, maka Anda bisa langsung melanjutkan kepada cara pindah faskes BPJS Kesehatan.

Ada beberapa saluran yang bisa dicoba untuk melakukan pemindahan faskes BPJS Kesehatan, yaitu mulai dari aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, Mobile Customer Service, Mal Pelayanan Publik sampai dengan datang ke kantor cabang.

1. Mobile JKN App

Pertama-tama tentu Anda harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu untuk aplikasi Mobile JKN di handphone. Kalau sudah, baru bisa mengikuti sejumlah langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi
  • Klik 'Pendaftaran Pengguna Mobile'
  • Masukkan nomor kartu JKN-KIS
  • Isi data NIK KTP dan alamat email Anda
  • Nantinya sistem akan mengirimkan nomor aktivasi via email
  • Silakan masukkan nomor aktivasi tersebut untuk mengaktifkan akun
  • Login kembali
  • Klik pada tombol 'Ubah Data Peserta'
  • Klik lagi 'Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama'
  • Isi data faskes pengganti yang sekiranya diinginkan
  • Tunggu sampai muncul notifikasi proses pergantian berhasil

Mudah bukan?

2. Care Center 165

Silakan melakukan phone cal ke nomor care center di '165'. Anda bisa melaporkan data kepada petugas BPJS Kesehatan yang bertugas.

Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang nantinya akan diberikan.

3. Customer Service

Anda bisa melakukan kunjungan ke mobile customer service pada hari dan jam yang sudah ditentukan. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi formulir daftar isian peserta.

Jangan lupa untuk menunggu antrean hingga mendapatkan pelayanan.

4. Mal Pelayanan Publik

Mirip seperti customer service, hanya saja Anda akan datang ke mal pelayanan publik yang juga sama diminta agar mengisi formulir daftar isian peserta.

Anda harus menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan.

5. Kantor Cabang

Untuk bisa melakukan kepengurusan pemindahan faskes tingkat pertama di kantor cabang, Anda harus mempersiapkan sejumlah dokumen berupa KTP, Kartu JKN-KIS, dan KK.

Kemudian Anda bisa mengambil nomor antrean di loket pelayanan, mengisi formulir daftar isian peserta dan isi kolom faskes yang Anda inginkan.

Selanjutnya hanya perlu menunggu untuk mendapatkan pelayanan.

Itulah tadi sejumlah cara yang bisa Anda tempuh untuk melakukan pemindahan faskes BPJS Kesehatan. Ternyata tidak sulit ya?

Oh ya, untuk pemilihan faskes tingkat pertama, disarankan Anda bisa memilh klinik yang sudah mempunya sistem manajemen berbasis aplikasi. Hal ini agar semuanya bisa dilakukan dengan baik dan tentu saja akan mengutamakan kepuasan pelayanan kesehatan Anda.

Manfaat Aplikasi untuk Klinik

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Berapa tarif pemasangan aplikasi klinik?

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Aplikasi Klinik Modern
Aplikasi Klinik Modern

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Cara Membuka Klinik Kecantikan, Persyaratan hingga Pengurusan Izin
Tips
Cara Membuka Klinik Kecantikan, Persyaratan hingga Pengurusan Izin
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Tips
Klinik
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit
Tips
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.