ARTIKEL

Prospek Kerja Teknik Biomedis di Masa Depan

🕐 Baca 4 menit📅 28 November 2022 03:01

Teknik Biomedis merupakan salah satu jurusan yang belakangan ini banyak digemari terutama di bidang kesehatan. Mengenia prospek kerjanya, teknik biomedis dapat memilih beberapa kategori karier yang hingga kini masih banyak dibutuhkan.

Adapun contohnya adalah menjadi teknisi atau laboran di laboratorium kesehatan atau laboratorium riset di lembaga-lembaga penelitian.

Untuk bisa berkarier di laboratorium kesehatan, hampir dapat dipastikan seorang lulusan Teknik Biomedis tak akan menemukan kendala yang berarti mengenai teknik dan proses kerja lantaran telah terbiasa selama proses belajar di kampus. Selanjutnya hanya disesuaikan saja dengan SOP yang diterapkan pada laboratorium setempat.

Tak cuma bekerja di laboratorium kesehatan saja, para sarjana yang lulus dari jurusan ini juga bisa bekerja di bidang farmasi yang fokus untuk membuat serta menyuplai obat-obatan ke rumah sakit.

Lulusan dari teknik biomedis umumnya akan mendapatkan bagian tugas untuk maintenance operational atau quality control pada alat-alat industri kesehatan yang biasanya digunakan oleh perusahaan farmasi atau fasilitas kesehatan.

Kemudian, kalau Anda ingin membuka usaha juga sangat memungkinkan. Seorang lulusan jurusan teknik biomedis punya kesempatan untuk bisa membuka usaha. Lulusan Teknik Biomedis dapat mendirikan perusahaan yang memproduksi alat-alat medis atau bisa juga menjadi supplier barang-barang medis.

Tak cuma itu saja, lulusan dari jurusan teknik biomedis diharapkan dapat membantu untuk mengembangkan dan menciptakan inovasi baru di bidang industri alat-alat medis di Indonesia.

Semakin banyak ahli yang menciptakan alat-alat modern, maka ketergantungan untuk pegawai kesehatan yang paham tentang alat-alat medis juga semakin meningkat.

PILIHAN KERJA TEKNIK BIOMEDIS DI MASA DEPAN

Ada beberapa pilihan kerja untuk lulusan jurusan teknik biomedis di masa depan yang diantaranya adalah seperti:

1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Anda bisa mencalonkan diri untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mempunyai peran penting dalam sistem sebuah negara untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

PNS biasanya dihubungkan dengan pegawai pemerintahan yang bekerja di tingkatan koordinasi pusat, baik dari kementerian ataupun lembaga pemerintahan pusat lain. Walaupun juga ada sebagian PNS yang diangkat oleh pemerintah daerah, tapi tetap akan dilanjutkan ke wilayah pusat.

2. Guru Sekolah

Sebagai seorang sarjana, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Kalau bisa, Anda mencalonkan diri sebagai guru dengan mata pelajaran yang masih berhubungan dengan Teknik Biomedis, tapi apa ya?

3. Dosen

Lanjutan dari seorang guru, maka Anda harus melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya setelah Sarjana. Profesi menjadi seorang dosen, bukan hanya menjanjikan, tapi juga mempunyai gengsi tersendiri.

Saat ini jika ada orang yang berprofesi sebagai dosen, biasanya orang tersebut akan disegani dan menjadi salah satu pekerjaan yang memang dihargai oleh masyarakat.

4. Teknisi Radiologi Medis

Profesi satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bekerja di rumah sakit, tetapi tidak ingin langsung berhubungan dengan jarum suntik. Sebagai teknisi radiologi medis, Anda akan memiliki tanggungjawab pada kegiatan yang ada di instalasi radiologi.

Teknisi radiologi medis merupakan orang yang mengoperasikan peralatan medis, berhubungan dengan radiasi, seperti rontgen, CTScan, MRI dan lain sebagainya. Dengan perpaduan antara kemampuan teknis dan medis, pekerjaan ini dibutuhkan oleh dunia medis sekarang.

Teknisi radiologi medis mempunyai peranan yang sangat penting di dalam pelaksanaan pengobatan. Khususnya untuk penyakit kanker dengan sinar radioaktif.

Oleh karena pekerjaan ini berhubungan dengan risiko yang sangat tinggi, maka profesi di radiologi medis butuh pengetahuan yang tinggi serta pemanfaatan yang tepat.

Setelah mempelajari soal biomedis, Anda juga harus memahami soal anatomi tubuh manusia. Ketika melakukan pemeriksaan penting, Anda harus bisa memberikan kesan yang nyaman untuk pasien selama berada di dalam ruangan.

5. Teknisi Laboratorium Klinis

Pemeriksaan laboratorium umumnya akan dilakukan untuk mendeteksi suatu penyakit atau kondisi tubuh seseorang. Tidak jarang, pemeriksaan ini akan dilakukan dengan sifat yang lebih akurat.

Nah, biasanya kalau sudah seperti ini, maka Anda akan membutuhkan ahli teknisi laboratorium medik yang juga biasa disebut dengan seorang analis kesehatan.

Seorang teknisi laboratorium klinis akan mempunyai tugas untuk melakukan pemeriksaan spesimen untuk membuktikan sejumlah diagnosa lewat beberapa tahapan. Profesi ini juga punya nama lain yaitu sebagai seorang laboran.

6. Teknisi Alat Kesehatan

Peralatan medis yang ada tentu saja membutuhkan pemeliharaan secara rutin. Orang yang bertanggungjawab untuk ini biasa disebut sebagai teknisi alat kesehatan.

Seorang teknisi juga punya tanggungjawab untuk mengoperasikan sejumlah peralatan medis di bawah kontrol dokter. Alat yang dimaksud biasanya seperti ventilator, peralatan dialisis, cardiopulmonary bypas dan sejumah alat lain.

Seorang teknisi kesehatan juga harus siap siaga di dalam mengambil peran, misalnya seperti operasi yang harus menangani alat-alat khusus di dalamnya.

Teknisi alat kesehatan biasanya juga bekerja di tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, klinik dan lainnya.

Saat melaksanakan tugasnya, teknisi alat kesehatan wajib punya Surat Tanda Registrasi (STR). Seorang teknisi alat kesehatan juga dibagi ke dalam sejumlah kategori tugas dan tanggungjawab.

Diantaranya adalah teknisi aplikasi, pemeliharaan, perbaikan, kalibrasi layak pakai dan instalasi atau perancangan.

7. Staf Ahli Informasi Medis

Pernah dengan istilah rekam medis? Ya! Rekam medis adalah sebuah kumpulan informasi untuk mengenal kondisi dari pasien mulai dari awal riwayat pemeriksaan hingga sejumlah tindakan yang sudah diambil oleh tenaga kesehatan.

Profesi untuk mengolah semau informasi itu biasa disebut sebagai staf ahli informasi medis (staf ahli rekam medis).

Profesi ini bertanggungjawab untuk pemanfaatan dari data rekam medis tersebut sebagai penelitian atau publisitas. Basis data dan informasi akan diolah dengan menyajikan rangkuman statistik medis dan penyakit untuk publikasi penelitian ilmiah di bidang kesehatan.

Staf rekam medis juga wajib bertindak secara cepat kalau suatu waktu data rekam medis dibutuhkan. Oleh karena itulah, menjadi staf rekam medis wajib teliti dan mahir untuk pengelolaan dan penyimpanan data.

Saat ini sudah ada banyak rumah sakit yang memberlakukan sistem penyimpanan elektronik untuk semua data rekam medisnya. Mengenai pengelolaan sistem dibutuhkan seorang teknisi rekam medis yang membantu kerja staf ahli rekam medis.

Di dalam prakteknya, sudah ada banyak staf rekam medis yang bekerja sebagai seorang profesional yang berasal dari Jurusan Rekam Medis. Selain itu, seorang staf rekam medis juga wajib untuk punya Surat Tanda Registrasi (STR) yang umumnya dimiliki oleh tenaga kesehatan.

8. Teknisi Rekam Medis

Masih berhubungan dengan rekam medis, kali ini kita akan bahas tentang profesi teknisi rekam medis. Yang namanya teknisi, tentu saja akan berhubungan dengan alat-alat.

Teknisi rekam medis adalah orang yang punya tanggungjawab dalam sistem informasi rekam medis. Rekam medis dibangun lewat pengelolaan sistem penanganan informasi medis.

Profesi ini dipegang oleh ahli teknologi informatika dengan pengetahuan medis yang juga dilengkapi dengan pengetahuan manajemen rumah sakit. Teknisi rekam medis membuat rangkaian sistem, mulai dari kartu elektronik sampai dengan komputerisasi sistem rekam medis itu sendiri.

Itulah tadi sejumlah prospek kerja untuk jurusan Teknik Biomedis yang bisa Mejadokter.com berikan. Kira-kira, Anda pilih yang mana?

Bacaan Lainnya

Cara agar menjadi Klinik Unggulan disukai Masyarakat
Tips
Cara agar menjadi Klinik Unggulan disukai Masyarakat
Diterbitkan: 25 January 2023 01:48
10 Alasan Umum Kenapa Dokter Disukai dan Dibenci Pasien
Tips
10 Alasan Umum Kenapa Dokter Disukai dan Dibenci Pasien
Diterbitkan: 26 January 2023 09:33
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Tips
Klinik
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Diterbitkan: 18 May 2022 03:00

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.