ARTIKEL

Tips Merawat Gigi Palsu Lepas Pasang

🕐 Baca 5 menit📅 04 October 2022 23:26

Gigi palsu lepas pasang menjadi salah satu jenis gigi palsu yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terutama mereka yang sudah usia lanjut.

Biasanya gigi palsu jenis ini akan terbuat dari akrilik, nylon dan juga ada yang berbahan metal. Gigi palsu dibuat dengan melakukan penyesuaian antara rongga gigi, tempat di mana posisi gigi seharusnya berada.

Ada banyak orang yang memutuskan untuk pasang gigi palsu lepas-pasang karena mudah untuk disesuaikdan dan proses pemasangannya pun juga tidak ada rasa sakit sama sekali. Begitu juga dengan waktu pembuatannya, hanya sekitar 1-2 hari saja sudah bisa jadi.

Tak cuma untuk penampilan saja, penggunaan gigi palsu memang sangat dibutuhkan untuk menghindari masalah yang terjadi oleh karena rongga itu sendiri. Selain muncul masalah saat mengonsumsi makanan atau berbicara, gigi yang ada di sekitar rongga bolong itu juga bisa tumbuh dengan miring atau bergeser ke arah yang kosong itu.

Pasang gigi palsu lepas pasang menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi permasalahan gigi tanggal. Apakah Anda salah satunya?

JENIS GIGI PALSU LEPAS PASANG

Kalau ingin memasang gigi palsu lepas pasang, maka sebaiknya mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter gigi spesialis prostodonti.

Dokter gigi bakal melihat kondisi dari gigi itu dan menentukan jenis dari gigi palsu apa yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Secara umum nantinya gigi palsu lepas pasang akan terbagi ke dalam 2 jenis utama, yaitu full denture dan partial denture.

1. Full Denture

Gigi palsu lepas pasang yang lengkap dipakai saat semua gigi bagian atas atau bawa perlu dicabut. Umumnya gigi palsu akan segera dicetak setelah proses pencabutan, tetapi juga perlu dipahami kalau gusi dan tulang kita akan berubah setelah proses penyembuhan.

Maka ada kemungkinan kalau gigi palsu yang kita butuhkan nantinya bakal disesuaikan kembali atau bahkan dibuat ulang usai gusi dan tulang di sekitarnya sembuh total setelah beberapa bulan.

Gigi palsu yang dibuat harus tepat mengikuti ukuran dari gusi hingga terasa pas dan nyaman saat digunakan. Sedangkan kalau gigi palsu lepas pasang masih kurang pas walau hanya sedikit saja, maka pasti akan menimbulkan perasaan tidan nyaman, bahkan juga bisa timbul rasa sakit biasanya saat mengunyah makanan.

Tentu Anda tidak mau kan kalau nanti akan muncul masalah-masalah baru setelah menggunakan gigi palsu lepas pasang ini.

Pembuatan gigi palsu lepas pasang yan gbenar bakal melewati sejumlah proses penyesuaian sebelum hasil jadinya diselesaikan. Selain memastikan kalau ukuran dan bentuknya telah sesuai perencanaan, biasanya juga warna gigi bakal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Partial Denture

Selanjutnya adalah gigi palsu lepasan sebagian yang didesain untuk mengisi rongga yang ditinggalkan oleh satu atau beberapa gigi yang tanggal.

Kalau kita punya sebagian gigi yang masih sehat dan berada di lokasi seharusnya, maka dokter gigi spesialis bakal mempertahankan gigi aslinya itu.

Umumnya set gigi palsu lepas pasang sebagian ini dibuat dengan bahan plastik, nylon atau plat metal dengan sejumlah gigi palsu terpasang sesuai dengan lokasi rongga bekas gigi tanggal itu.

Mirip seperti yang jenis full denture, sistem removable partial denture juga bisa dikatakan sangat mudah untuk dilepas dan dipasang kembali.

Mengenai tahapan dan cara membuatnya, jenis full dan partial mempunyai proses yang kurang lebih sama. Semuanya harus disesuaikan dengan tanpa ada miss sama sekali agar bisa nyaman saat digunakan.

PEMBIASAAN

Kalau Anda memang melakukan pemasangan gigi palsu lepas pasang baru pertama kali, maka biasanya sih ya kemungkinan besar Anda akan merasakan ketidaknyamanan setelahnya.

Namun, tenang saja karena semakin Anda terbiasa, rasa tidak nyaman itu akan perlahan-lahan menghilang. tetapi ya proses pembiasaan diri itu bisa Anda lakukan dengan cara yang tepat seperti langkah-langkah di bawah ini:

a. Patuh

Anda wajib mematuhi instruksi yang diberikan setelah perawatan itu selesai. Pastikan Anda mengikuti semua tahapannya dengan tepat supaya gusi bisa sembuh dengan benar. Jangan menyepelekan setiap arahan yang diberikan oleh dokter.

Jika memang dokter memberikan sebuah larangan, maka Anda tidak boleh melanggarnya. Kalau Anda melanggar, pasti akan ada risiko yang bakal Anda rasakan.

b. Pakai terus

Hindari untuk terlalu sering melepas gigi palsu lepas pasang supaya Anda bisa semakin cepat terbiasa. Namanya juga pembiasaan, bagaimana bisa terbiasa kalau Anda sering melepas gigi palsunya.

c. Makanan

Jenis makanan yang dilarang untuk Anda tentu saja yang teksturnya keras. Pada hari-hari pertama Anda menggunakan gigi palsu lepas pasang ini, Anda harus mengonsumsi makanan yang sifatnya lembut.

Adapun varian makanan yang dilarang adalah seperti kacang, kerupuk, daging, dan lain sebagainya. Kenapa? Ya tentu saja karena gigi palsu Anda masih butuh penyesuaian saat menggunakannya. Gigi asli saja kalau makan kacang terkadang bisa terjadi masalah, apalagi kalau hanya gigi palsu?

d. Peregangan

Jangan anggap remeh saran ini! Lakukan peregangan wajah dan latihan berbicara saat menggunakan gigi palsu lepas pasang ini untuk menghindari timbulnya masalah bicara.

Bahkan kalau memang dibutuhkan, Anda juga bisa melatihnya dengan metode bernyanyi.

e. Kebersihan

Walaupun Anda tidak sering melepas gigi palsunya, tapi Anda juga tetap harus menjaga kebersihan dari gigi palsu. Setiap hari, Anda harus membersihkannya supaya bisa menghindari tumbuh kembang bakteri atau hal kotor lainnya.

PERAWATAN

Mulut menjadi salah satu tempat di dalam tubuh yang paling penuh dengan bakteri. Oleh karena itulah, mulut harus selalu dibersihkan secara menyeluruh dan berkala.

Hal ini juga yang harus dilakukan pada gigi palsu lepas pasang yang Anda miliki. Jangan sampai karena menggunakan gigi palsu lepas pasang justru menimbulkan masalah lain pada mulut Anda.

Lalu bagaimana sih cara membersihkan gigi palsu lepas pasang ini? Simak langkahnya di bawah ini!

a. Gigi palsu disikat dengan menggunakan pasta gigi sebelum merendamnya untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sana

b. Anda wajib melepas gigi palsu saat tidur supaya juga bisa memberikan waktu istirahat bagi gusi, kalau Anda pakai saat tidur juga tidak ada manfaatnya kan

c. Rendam gigi palsu lepas pasang semalaman supaya bisa mencegahnya jadi cepat kering, tetapi juga dipastikan untuk membilasnya dengan air mengalir sebelum menggunakannya kembali

d. Gunakan cairan pembersih khusus untuk pembersihan yang lebih spesifik sesuai dengan jenis dan material gigi palsu lepas pasang tersebut.

e. Hindari adanya pembengkokan atau merusak kaitan gigi palsu lepas pasang ketika Anda membersihkannya

f. Perawatan gigi palsu juga bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tidak bertekstur keras supaya juga membuat gigi palsu menjadi lebih awet

Setelah melakukan perawatan gigi palsu lepas pasang dengan baik, maka Anda bisa memperpanjang masa penggunaannya. Selain itu juga kenyamanan saat menggunakannya juga pasti akan tetap terjaga.

Untuk lebih pastinya, Anda juga bisa mempertanyakan bagaimana sih cara merawat gigi palsu lepas pasang kepada dokter yang membuatnya.

Hal ini karena juga tergantung pada jenis dan materialnya yang setiap bahan pasti mempunyai cara perawatan berbeda-beda.

Maka dari itu untuk proses pembersihan yang tepat dan menyeluruh baiknya ditanyakan kepada dokter gigi spesialis prostodonti agar tidak ada kesalahan.

Selain tentang cara membersihkan, Anda juga harus bertanya tentang bagaimana sih cara melakukan pemasangan dan pelepasan gigi palsu tersebut yang paling tepat.

Lalu juga bisa mempertanyakan tentang jenis makanan dan minuman seperti apa yang sebaiknya dihindari agar tidak membuat gigi palsu lepas pasang menjadi rusak.

BIAYA PEMBUATAN

Mengenai biaya pemasangan gigi palsu lepas pasang cukup bervariasi sesuai dengan jenis bahan dan tindakan apa saja yang dibutuhkan.

Tetapi untuk biaya rata-rata untuk membuat gigi palsu lepas pasang adalah berkisar antara Rp1,5 juta ke atas. Mungkin memang ada yang di bawah itu harganya, tapi sangat jarang dan kualitasnya bisa dibilang kurang baik.

Bacaan Lainnya

Cara Mencari Loker jadi Perawat, Tips Lowongan Kerja Tenaga Kesehatan
Tips
Cara Mencari Loker jadi Perawat, Tips Lowongan Kerja Tenaga Kesehatan
Diterbitkan: 11 November 2022 04:13
Cara menjadi Perawat, Mulai Jenjang Pendidikan hingga Sertifikasi
Tips
Cara menjadi Perawat, Mulai Jenjang Pendidikan hingga Sertifikasi
Diterbitkan: 04 November 2022 01:02
Kemampuan atau Skill yang Wajib Dimiliki Perawat
Tips
Kemampuan atau Skill yang Wajib Dimiliki Perawat
Diterbitkan: 04 November 2022 01:50

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.