ARTIKEL

Mengenal Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia

­čĽÉ Baca 5 menit

Pelayanan Kesehatan Indonesia saat ini menjadi sorotan karena bisa dikatakan masih cukup ketinggalan jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Pengadopsian teknologi yang masif pada setiap aspek kesehatan, digitalisasi tidak bisa terhindarkan dan menjadi tumpuan utama saat ini dan masa depan.

Rekam medis pun juga tidak terkecuali menjadi salah satu poin penting yang wajib menerima transformasi digital.

Dengan banyaknya layanan kesehatan yang saat ini sudah terbukti lebih baik dengan sistem digital, maka sangat penting untuk memusatkan rencana kepada kumpulan data besar yang kemudian disatukan ke dalam sebuah wadah pusat.

Pelayanan Kesehatan Indonesia

Ssitem kesehatan diketahui meliputi keseluruhan organisasi, orang dan sejumlah kegiatan yang punya tujuan agar melakukan perawatan pada kesehatan seseorang. Dengan pelayanan kesehatan yang baik maka bisa memberikan jaminan keselamatan dan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Dengan adanya peningkatan pelayanan kesehatan ini bisa mengurangi pemborosan sumber daya akibat dari pencegahan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Keberadaan dari sistem kesehatan memang sangat kompleks karena terdiri dari banyak interaksi antar komponen sistem hingga sub-sustem yang bisa bersifat predictable dan unpredictable.

Interaksi antar komponen sub sistem kesehatan juga sangat rumit karena dilatarbelakangi hal yang berbeda dan jaringan sosial.

Oleh karena itu, dalam sistem kesehatan sangat dibutuhkan pendekatan yang komprehensif agar bisa mencermati interaksi dinamis ini.

Pemberian pelayanan adalah karakteristik dari pelayaan yang diberikan untuk pasien. Untuk bisa memberi pelayanan yang baik, maka kebutuhan dari pasien yang sifatnya relatif adalah komponen yang wajib untuk diperhatikan.

Di dalam strategi pelayanan secara umum, terdapat 3 aspek yang harus diberikan fasilitas layanan kesehatan kepada pasien, yaitu:

Konsep Pelayanan

Di sini akan berhubungan dengan paket pelayanan yang diberikan harus jelas. Misalnya penanganan apa saja akan dilakukan kepada pasien, semuanya harus jelas.

Jangan sampai pasien tidak mengetahui apa yang akan dilakukan kepadanya, walaupun mungkin tujuannya adalah baik, pasien atau keluarga pasien wajib mengetahuinya. Misalnya ada tindakan yang dilakukan sebelum memberitahu pasien atau keluarga pasien, setelah dilakukan penindakan, pihak terkait harus memberikan penjelasan medis terkait tindakan penanganan yang sudah dilakukan kepada pasien.

Desain Sistem Pemberian Pelayanan

Pada poin kedua ini akan berhubungan dengan bagaimana piha terkait menjalankan konsep pelayanan kesehatan yang sudah ada.

Kita akan berbicara tentang teknis dari sistem pemberian pelayanan, misalnya mulai dari apa yang didapatkan pasien saat pertama kali datang, sistem antrian yang berlaku, pencatatan rekam medis, aturan pembayaran, dan lain sebagainya.

Target Pasar

Walaupun memang untuk kesehatan akan terasa klisye saat membicarakan target pasar, tapi perlu diketahui kalau ini harus ditetapkan.

Seperti diketahui bahwa fasilitas layanan kesehatan juga memiliki standar tersendiri, terutama untuk alat-alat dan tenaga ahli yang dipersiapkan.

Mengingat kalau untuk alat-alat yang bagus dan tenaga ahli yang mempunyai tingkatan tertentu, biaya yang dikeluarkan pasti akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan fasilitas layanan kesehatan yang menyediakan alat kesehatan biasa dan tenaga kesehatan yang umum.

Siapa yang akan menjadi pelanggan juga menjadi salah satu aspek yang harus dipikirkan dari sisi pelayanan kesehatan.

Bukan bermaksud untuk membeda-bedakan antara masyarakat, tetapi memang terdapat sebuah perbedaan yang cukup besar di sini.

Membahas kembali soal desain sistem pemberian layanan juga mencakup aspek struktir yang berhubungan dengan aspek fisik, peralatan dan fasilitas, infrastruksir yang menjadi peran dari masing-masing provider.

Hal ini juga berkaitan dengan job design, kebijakan dan skil yang sekiranya dibutuhkan oleh pihak fasilitas layana kesehatan. Tentu saja hal ini wajib terintegrasi ke dalam sebuah sistem dengan koordinasi antara struktur dan infrastruktur agar bisa menjembatani rantai supply pelayanan dan mekanisme adaptasi.

Sedangkan untuk sistem pemberian pelayanan juga meliputi beberapa  hal yang sangat penting, yaitu diantaranya adalah budaya layanan berhubungan dengan kebiasaan, visi-misi dan nilai di dalam sebuah organisasi, keterlibatan dari petugas yang berhubungan dengan sikap dan perilaku karyawan serta kualitas layanan yang mencakup strategi, proses dan sistem manajemen kerja, pengalaman pasien berhubungan dengan persepsi dan faktor pasien yang mempengaruhi terhadap pemilihan layanan.

Manfaat Transformasi Pelayanan Kesehatan Indonesia

Manfaat yang didapatkan oleh pasien pun bisa dirasakan secara langsung terutama saat menerima pelayanan kesehatan dan proses pengobatan.

Sementara ini diketahui sudah ada 400 sistem internal yang berbeda di bawah pantauan langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain itu juga hanya ada sekitar 30 pemain startup health-tech yang tengah mengembangkan aplikasinya di Indonesia.

Ditambah dengan masih ada 80 persen fasilitas kesehatan publik dan swasta yang belum mendapatkan transformasi digital.

Oleh karena itu Kementerian Kesehatan belakangan ini selalu mencanangkan berupa misi agar memastikan semua konsolidasi data terbesar yang ada di Indonesia bisa terkelola dengan baik.

Lebih dari puluhan juta data bakal diatur serta dilindungi secara terpusat yang akan menghasilkan kecepatan, akurasi, dan keamanan atas ekosistem pertukaran data.

Selain itu juga pihak dari pemerintah akan mendorong semua fasilitas kesehatan agar bisa mengadopsi sistem digital lewat standar dan arsitektur data yang canggih.

Mejadokter
Mejadokter

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Layanan Kesehatan di dalam Platform Indonesia Health Service
Teori
Layanan Kesehatan di dalam Platform Indonesia Health Service
Layanan Sumber Daya dan Pembiayaan Kesehatan di Indonesia
Teori
Layanan Sumber Daya dan Pembiayaan Kesehatan di Indonesia
Mengenal Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia
Teori
Mengenal Sistem Pelayanan Kesehatan Indonesia

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.