ARTIKEL

Strategi Marketing untuk Meningkatkan Omset Klinik Anda

­čĽÉ Baca 7 menit

Strategi marketing untuk meningkatkan omset dari klinik harus direncanakan secara matang agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali persaingan yang muncul seiring dengan perkembangan jaman.

Tak sedikit dokter yang saat ini memilih untuk membuka praktek klinik sendiri jika dibandingkan dengan mengabdikan dirinya secara penuh di pelayanan rumah sakit.

Tentu saja hal ini membuat pangsa pasar yang semakin mengecil dan sebagai dokter sekaligus pengusaha klinik, maka harus bisa menguasai bagaimana cara mengelolanya agar dapat berkembang.

Perkembangan Klinik di Indonesia

Walaupun mungkin belum maju pesat seperti negara-negara luar, tapi Indonesia patut bangga karena mempunyai tingkat perkembangan yang cukup baik terutama di bidang pelayanan kesehatan masyarakat secara langsung, salah satunya adalah klinik.

Hal ini bisa dibuktikan dengan kemampuan Indonesia dalam menghadapi penyebaran virus coronya yang dapat dikatakan cukup baik. Tentu saja ini juga karena peran semua pihak yang berkaitan langsung dengan bidang kesehatan.

Kepedulian masyarakat akan kesehatannya pun juga meningkat dengan sangat drastis. Apalagi saat ini pemerintah juga sudah menggaungkan seluruh rakyat harus mempunyai asuransi, yaitu berupa BPJS Kesehatan.

Meski belum sempurna dengan segala kekurangannya yang semoga saja akan terus diperbaiki, BPJS Kesehatan membuat banyak masyarakat tak berpikir panjang untuk datang ke fasilitas kesehatan berupa klinik atau rumah sakit ketika sedang mengalami masalah kesehatan.

Misalnya ketika mereka mengalami sakti berupa batuk atau flu sekalipun, mereka tak akan sungkan lagi untuk langsung menggunakan BPJS Kesehatan untuk berobat.

Permasalahan yang masih kurang di BPJS Kesehatan hanya tinggal pada tarif yang dikenakan oleh penyedia fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan. Kita semua paham akan hal ini!

Strategi Marketing Peningkatan Omset Klinik

Seiring dengan berjalannya waktu, pendirian klinik sudah marak terjadi di mana-mana. Pasien pun menjadi sangat mudah untuk menentukan pilihan. Tapi hal ini berbanding terbalik dengan pengusaha klinik karena pemilik akan memutar otak untuk bagaimana caranya pasien bisa memilih kliniknya.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa ada banyak sekali pemilik klinik yang merasa enggan untuk melakukan inovasi terhadap kliniknya. Hasil yang didapat pun membuat pasien yang datang ke klinik menjadi lebih sedikit jika dibandingkan dengan pesaingnya yang mungkin lebih inovatif.

Pasien jaman sekarang bukan lagi mengutamakan 100 persen kepada kualitas dari pelayanan kesehatan, tetapi juga banyak sekali faktor-faktor lainnya. Tentu saja kita tidak beranggapan bahwa kualitas pelayanan kesehatan menjadi nomor dua.

Tetapi, saat ini juga banyak klinik kesehatan yang mempunyai kualitas layanan kesehatan biasa saja, tapi karena punya banyak strategi pemasaran, justru bisa mendapatkan banyak penghasilan lebih jika dibandingkan dengan klinik lain yang hanya mengutamakan kualitas layanan kesehatan.

Sekali lagi ini bukan mengatakan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bukan hal terpenting ya! Kualitas tetap paling penting, hanya saja perlu diketahui bahwa ada sejumlah faktor lain yang bisa mendukung klinik menjadi sempurna lewat kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan strategi pemasaran inovatif.

Berikut ini adalah beberapa strategi marketing untuk meningkatkan omset klinik yang dimaksud:

1. Promo atau Diskon

Tak bisa dipungkiri lagi kalau promo atau diskon yang diberikan oleh klinik menjadi salah satu daya tarik paling kuat untuk bisa membuat pasien datang. Siapa sih yang tidak suka mendapatkan promo atau diskon?

Tapi untuk pengemasan promo atau diskon klinik juga harus diperhatikan dengan baik. Upayakan untuk bisa membuat sesuatu yang tak hanya mengincar harga lebih murah.

Pemilik klinik harus memikirkan cara agar bisa memberikan kesan yang baik terhadap pasien hingga membuatnya selalu ingat dengan klinik. Misalnya seperti membuat promo atau diskon yang berlaku hanya pada tanggal tua, mulai dari tanggal 25 ke atas di setiap bulannya.

Dengan begini, pasien akan ingat kalau klinik Anda memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mungkin saja mengalami kekurangan dana simpanan ketika 'tanggal tua'. Klinik akan mendapatkan kesan tersendiri di mata pasien.

Selain itu pasien juga bisa memberikan informasi yang lugas kepada teman, kerabat atau keluarganya mengenai promo/diskon klinik Anda.

''Kalau sakit atau butuh penanganan kesehatan saat tanggal tua, datang ke klinik A saja. Di sana ada promo setiap tanggal tua'', begitulah kira-kira.

Ini hanya salah satu contoh strategi pemasaran klinik yang bisa Anda pilih. Selain itu ada banyak sekali ide-ide inovatif yang dapat Anda temukan!

2. Bonus

Bonus agak sedikit berbeda dengan diskon karena pasien tidak mendapatkan pengurangan harga, melainkan mendapat tambahan atau ekstra.

Anda tidak perlu mengharuskan untuk bonus yang diberikan berbentuk barang, tetapi juga bisa dalam bentuk pelayanan kesehatan.

Misalnya saja seperti saat mempunyai klinik gigi, Anda bisa memberikan bonus berupa barang saat pasien melakukan pembersihan karang gigi pada level tertentu. Anda bisa memberikan bonus berupa pasta gigi khusus, obat yang mungkin dibutuhkan setelah pembersihan, dan lain-lain.

Begitu juga dengan bonus berupa jasa layanan kesehatan, Anda bisa memberikan bonus saat pasien menerima perawatan atau penanganan tertentu di klinik berupa layanan jasa kesehatan lainnya.

3. Paket Pelayanan

Terkadang ada pelayanan yang mempunyai karakter atau sifat penanganan yang mirip atau saling berhubungan satu sama lainnya. Maka Anda bisa mengkreasikan paket layanan untuk memanjakan pasien dengan mengutamakan kepuasan mereka.

Misalnya seperti klinik kecantikan yang menggabungkan beberapa jasa pelayanan kulit wajah dengan satu harga yang lebih murah. Tentu saja untuk jenis perawatan yang diberikan sebaiknya saling berkaitan satu sama lainnya.

Tetapi kalau tidak berkaitan, selama memberikan manfaat lebih untuk pasien yang datang, rasanya tidak menjadi masalah.

4. Hari Peringatan

Pastikan bahwa Anda sangat update terhadap tanggal libur, baik itu hari raya, hari peringatan, atau hari libur lainnya. Dengan begini, Anda bisa mempersiapkan berbagai macam promo, diskon, bonus atau paket yang disesuaikan dengan hari peringatan tersebut.

Jangan lupa untuk menginformasikannya jauh-jauh hari sebelum perayaan atau peringatan agar masyarakat bisa mengetahui promosi yang ada di klinik.

5. Pemberian Souvenir/Gift Card

Menindaklanjuti tentang perayaan tertentu maka klinik menyediakan sejumlah souvenir atau gift card yang diberikan kepada pasien.

Jangan lupa untuk menyesuaikan tema dari souvenir atau gift card tersebut dengan sesuatu hal yang membuatnya menjadi mempunyai makna sendiri.

Misalnya kalau sudah mendekati hari raya natal dan tahun baru, maka Anda bisa membuat bingkisan atau sesuatu hal yang sifatnya lebih ceria.

6. Social Media Engagement

Saat ini masyarakat sudah tidak bisa lagi terpisahkan  dari yang namanya sosial media. Siapapun saat ini rasanya telah memiliki akun sosial medianya masing-masing.

Mulai dari facebook, instagram, twitter, tik tok dan lainnya menjadi beberapa platform sosial media yang patut untuk Anda targetkan sebagai jejaring sosmed klinik.

Dalam pengelolaannya pun juga perlu diketahui kalau pangsa pasar atau pengguna masing-masing platform tersebut mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Anda harus membedakan setiap konten yang diunggah ke dalam masing-masing platform sosmed tersebut.

Sedikit tips untuk klinik yang mempunyai akun tik tok, maka sebaiknya Anda mengunggah video tutorial atau informasi bermanfaat kekinian seputar pelayanan klinik. Apabila untuk konten di instagram, Anda bisa mengunggah seperti quote, keindahan foto ruangan, gambar alat medis, dan lain sebagainya yang bersifat visual.

Kenapa sih Klinik butuh Aplikasi?

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Berapa Harga Aplikasi Klinik

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Mejadokter
Mejadokter

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Tips
Klinik
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Ingin Klinik Ramai? Ini yang Harus Dilakukan Dokter Gigi
Tips
Ingin Klinik Ramai? Ini yang Harus Dilakukan Dokter Gigi
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Aplikasi Klinik
Tips
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.