ARTIKEL

Tips Menjaga Kebersihan Klinik agar Pasien Nyaman

🕐 Baca 5 menit

Kebersihan menjadi salah satu dasar yang paling utama harus dimiliki oleh setiap klinik. Sebagai tempat pelayanan kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, klinik harus mengutamakan kebersihan.

Kalau tidak, maka bisa dipastikan bahwa klinik tersebut tidak akan mendapatkan pasien. Tidak ada orang yang mau datang ke klinik kotor.

Selain itu juga sangat berbahaya jika memiliki klinik yang tidak higienis lantaran bisa saja terjadinya masalah kesehatan di sana, misalnya seperti infeksi.

Kebersihan Klinik

Klinik harus menerapkan metode-metode penting untuk menjaga agar lingkungan klinik bisa tetap bersih dan higienis serta bebas dari kuman.

Cara untuk menjaga serta mengelola kebersihan itu pun juga tidak seperti yang biasa kita lakukan di rumah atau kantor. Lingkungan klinik harus senantiasa bersih dan terbebas dari bakteri, virus atau sejenisnya.

Tentu saja alasannya agar pasien bisa merasa nyaman serta bisa mendapatkan kesembuhan tanpa harus mengalami iritasi atau infeksi.

Tips Menjaga Kebersihan Klinik

Biasanya, klinik akan menjalankan yang namanya 'Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPPI), yaitu rangkaian prosedur kebersihan yang diterapkan di dalam klinik dan telah menjadi standar perawatan untuk tercapainya kesembuhan pasien.

Terkadang masih ada kasus pasien yang menjalani perawatan di klinik, kemudian dinyatakan sembuh dari penyakitnya, namun justru mendapatkan penyakit baru akibat dari iritasi atau infeksi yang tak disadari lantaran kelalaian di dalam prosedur higiene atau sanitasi.

Infeksi sendiri bisa juga diakibatkan oleh petugas medis yang mungkin saja kurang memperhatikan standar prosedur kebersihan diri atau bahkan bersentuhan langsung dengan pasien.

Oleh karena itu, setiap klinik wajib menerapkan prosedur PPPI agar bisa meningkatkan proteksi terhadap pasien serta yang lain seperti, petugas medis, pengunjung yang mengantarkan pasien, dan orang lainnya yang datang ke klinik.

Adapun berikut ini adalah sejumlah prosedur yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan klinik:

Prosedur Menjaga Ruang Pasien Tetap Bersih dan Bebas Kuman

Untuk menjaga ruang pasien tetap bersih dapat dilakukan berdasarkan aturan yang ditetapkan pihak rumah sakit. Selama tindakan itu dapat dikerjakan sendiri, pihak penunggu pasien atau pengunjung wajib menjalaninya. Sedangkan khusus untuk tindakan yang dilakukan tenaga kebersihan atau medis di dalam lingkungan rumah sakit akan membutuhkan peralatan dan teknik khusus.

Prosedur yang diterapkan untuk menjaga ruang pasien tetap bersih dan bebas kuman diterapkan dengan sejumlah indikator sebagai berikut:

  • Melakukan pembersihan permukaan lantai dengan 'Lobby Duster'
  • Lakukan pembersihan setidaknya dua kali dalam 1 hari atau jika terlihat kotor saat terjadi kasus khusus
  • Peralatan yang digunakan dibersihkan menggunakan desinfektan sesuai dengan prosedur
  • Tidak boleh ada sisa makanan yang tergeletak di dalam klinik
  • Tentu saja klinik harus terbebas dari asap rokok, vape, obat nyamuk bakar dan sejenisnya
  • Membersihkan secara berkala tempat tidur yang digunakan untuk memeriksa pasien
  • Melapisi bantal dan kasur dengan vinil agar bisa tetap steril dan tidak rusak
  • Jika ada peralatan yang rusak, maka segera ganti, misalnya seperti kursi, bantal, kasur atau lainnya
  • Memfasilitasi tempat sampah yang dibedakan berdasarkan kategori non-infeksius dan infeksius
  • Menyimpan alat atau obat sesuai dengan prosedur

Selain itu, rangkaian prosedur yang sudah disebutkan di atas bisa semakin panjang dan kompleks apabila memang klinik sedang kedatangan pasien yang membutuhkan kondisi khusus atas penyakitnya

Manfaat Prosedur Kebersihan Klinik

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, kalau kebersihan klinik akan berdampak positif untuk pasien. Mereka yang pernah berkunjung ke klinik Anda akan mendapatkan experience yang baik dan kemudian bisa menceritakan pengalamannya tersebut ke orang di sekitar.

Kebersihan sederhana yang dilakukan seperti mencuci tangan, menggunakan hand sanitizier, memungut sampah yang ditemukan, bisa menjadi nilai plus bagi klinik di mata pasien.

Tentu saja endingnya adalah jumlah pasien klinik yang meningkat dan membuat pendapatan meningkat untuk bisa diteruskan kepada rencana pengembangan klinik.

Tidak perlu naif dengan tujuan utama dari pendirian klinik adalah supaya bisa mendapatkan keuntungan agar klinik bisa lebih berkembang. Apalagi untuk klinik yang sudah menggunakan aplikasi, nilai plus yang dirasakan oleh pasien akan semakin tinggi.

Begini pentingnya aplikasi untuk kemajuan klinik

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Aplikasi Mejadokter
Aplikasi Mejadokter

Ketahui soal Meja Dokter

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Cara Membuka Klinik Kecantikan, Persyaratan hingga Pengurusan Izin
Tips
Cara Membuka Klinik Kecantikan, Persyaratan hingga Pengurusan Izin
Ingin Klinik Ramai? Ini yang Harus Dilakukan Dokter Gigi
Tips
Ingin Klinik Ramai? Ini yang Harus Dilakukan Dokter Gigi
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit
Tips
Cara Berobat pakai BPJS Kesehatan di Klinik dan Rumah Sakit

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.