ARTIKEL

Ingin Klinik Ramai? Ini yang Harus Dilakukan Dokter Gigi

🕐 Baca 6 menit📅 26 September 2022 08:46

Klinik gigi menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang banyak dijumpai di berbagai wilayah. Tapi, walaupun begitu, tidak semua klinik gigi mempunyai jumlah pasien yang banyak. Selain karena tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan perawatan gigi yang masih kurang, juga ada beberapa faktor lainnya.

Hal inilah yang akan mejadokter bahas untuk bisa menjadi bahan pertimbangan bagi dokter-dokter gigi untuk diperhatikan. Apa saja hal yang dimaksud? Simak artikel ini sampai habis ya!

CARA KLINIK GIGI RAMAI

Walaupun tema yang akan dibahas kali ini berkaitan dengan jumlah pasien yang ramai dan berbanding lurus dengan pendapatan klinik. Tapi perlu diketahui bahwa untuk orientasinya bukan serta merta agar bisa menimbun harta kekayaan bagi dokter.

Kami dari mejadokter percaya bahwa seorang dokter akan memiliki keinginan untuk kliniknya agar menjadi ramai karena tujuan agar bisa membantu perawatan dan mengobati penyakit dari pasien.

Begitu juga dengan dokter gigi yang ingin membantu permasalahan kesehatan yang dialami oleh pasien terutama pada gigi dan mulutnya.

Selain itu, jika klinik menjadi ramai, pendapatan tentu akan menjadi besar sehingga bisa dialokasikan sebagai modal baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan atau bahkan membuka cabang-cabang baru di berbagai wilayah.

Dengan begini akan ada banyak masyarakat yang bisa terbantu dengan hadirnya klinik-klinik gigi tentunya yang memiliki kualitas pelayanan kesehatan terbaik.

VISI KLINIK GIGI

Walau mungkin akan terlalu tabu jika membahas soal visi dari sebuah klinik gigi, tapi percayalah bahwa setiap aktivitas yang didasarkan pada sebuah visi jelas dan baik, maka akan berujung pada hasil yang jelas dan baik pula.

Oleh karena itu klinik gigi harus mempunyai satu visi utama yang jelas dan tentu saja positif. Selanjutnya akan dibuat mengenai apa saja misi-misi yang harus dilakukan agar visi tersebut bisa dicapai.

Pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut harus memberikan komitmen untuk memberikan perawatan yang berkualitas dan pelayanan yang memuaskan. Dokter yang bekerja pun juga harus memperhatikan detail, misalnya seperti tidak hanya berfokus pada kualitas kesehatan gigi dan mulut saja, tetapi juga aspek lain misalnya seperti nilai aestetik tampilan gigi sehingga pasien bisa mengeluarkan senyuman terbaiknya.

Selain itu, klinik gigi juga harus memberikan pelayanan yang optimal dengan fasilitas lengkap, modern dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Dokter gigi juga harus aktif memberikan edukasi dan menyuarakan tentang bagaimana pentingnya kesehatan gigi dan mulut pada pasien dan masyarakat luas.

Jika perlu, lakukan kegiatan sosial meliputi seminar, penyuluhan kesehatan gigi, hingga pemeriksaan gigi secara gratis kepada masyarakat sekitar, institusi pendidikan dan beberapa wilayah yang bisa dijangkau lainnya.

Lalu kembali ke topik utama, bagaimana sih cara untuk membuat klinik gigi menjadi ramai? Yuk simak poin-poin yang disebutkan di bawah ini!

1. Dokter dan Klinik Visi Selaras

Keselarasan Dokter dan Klinik
Keselarasan Dokter dan Klinik

Setelah dijelaskan sebelumnya bahwa klinik harus mempunyai visi yang jelas untuk bisa mengembangkan pelayanan dengan arah yang jelas. Perlu diketahui juga bahwa sebagai seorang dokter gigi juga harus memiliki visi yang selaras dengan klinik.

Apabila klinik gigi sudah mempunyai visi yang ditentukan, namun ternyata dokter gigi tidak memiliki visi yang serupa, maka visi tersebut akan sia-sia saja.

Lho, bukankah kalau klinik sudah memiliki visi, biasanya akan ditentukan oleh dokter yang menjalankan klinik tersebut? Lalu, kok bisa sih visi dokter tidak selaras dengan klinik?

Bisa banget! Ini karena dokter bisa membuat visi untuk klinik sedangkan tidak memikirkan apakah visi tersebut sesuai dengan karakternya atau tidak.

Ada juga dokter gigi yang mungkin lalai karena sudah menentukan visi untuk klinik, tapi tidak kepikiran atau malas memikirkan visi yang diemban olehnya sebagai seorang dokter. Jadinya klinik sudah mempunyai visi, tapi dokternya tidak punya visi dan hanya mengandalkan visi dari klinik. Jika terjadi seperti ini maka untuk pelayanan kesehatan klinik akan tidak bekerja secara maksimal.

2. Melayani pasien layaknya 'Kids Parenting'

Pelayanan Klinik
Pelayanan Klinik

Walaupun mungkin banyak yang menyepelekan tentang pelayanan karena menganggap sudah cukup dengan memberikan layanan yang ramah dan penanganan cepat, padahal masih ada banyak sekali aspek lain yang harus diperhatikan.

Jika ingin klinik gigi ramai maka harus memberikan pelayanan terbaik. Maka dari itu, mejadokter memberikan analogi untuk pelayanan yang diberikan harus seperti merawat anak kita sendiri. Semua kebutuhannya, kita yang memikirkan.

Walaupun mungkin pasien bukan anak kecil lagi, tetapi jika kita memberikan pelayanan hingga memperlakukannya seperti anak-anak, pasien tidak akan merasa tersinggung atau risih, mereka justru akan merasa sangat bahagia karena dilayani secara maksimal.

Contoh pelayanan yang dimaksud adalah misalnya seperti untuk membukakan pintu, walaupun pasien bisa melakukannya sendiri, tapi pasien pasti akan merasa senang ketika ada orang yang membukakan pintu untuknya.

Kemudian untuk pengisian formulir data atau aktivitas serupa terkait dengan dokumen, pasien diberikan arahan secara jelas mengenai apa saja yang harus diisi. Kalau pelayanan normal, biasanya hanya memberitahukan bahwa pasien harus mengisi data tersebut, tanpa dipandu dari awal hingga akhir.

Terkadang ada pasien merasa bingung dan enggan untuk bertanya, sehingga membuatnya menghabiskan waktu dan pikiran untuk memikirkan hal tersebut. Dengan Anda peka terhadap masalah kecil ini, percayalah pasien pasti akan merasa sangat senang dengan pelayanan klinik Anda.

Klinik Anda akan mendapatkan nilai plus yang spesial di mata mereka. Dengan begini, pasien bisa dipastikan akan menjadi pelanggan tetap di klinik Anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan Ia akan merekomendasikan klinik Anda kepada teman, kerabat dan keluarga.

3. Biaya Terjangkau

Biaya Terjangkau
Biaya Terjangkau

Meskipun ketika kita berbicara tentang biaya, maka akan relatif, namun Anda harus memperhatikan dengan seksama tentang biaya yang dikeluarkan oleh pasien. Anda tidak bisa mennggampangkan penentuan biaya penanganan hanya dengan memakai modal yang dikeluarkan oleh klinik.

Misalnya saat biaya penanganan medis sudah disesuaikan dengan modal awal. Keuntungan yang dituntut oleh klinik tidak begitu besar. Tapi ternyata biaya yang dikeluarkan oleh pasien ternyata masih terlalu mahal jika dibandingkan dengan klinik kompetitor.

Hal ini tentu saja terdapat sesuatu hal yang perlu dicari tahu secara pasti, apa penyebab dari selisih biaya tersebut. Kalaupun memang terdapat perbedaan yang signifikan dari sisi biaya dan fasilitas yang diberikan, klinik harus bisa memberikan highlights pada fasilitas tersebut.

Jangan sampai pasien hanya mengambil opini bahwa klinik Anda mempunyai tarif biaya yang mahal, namun tidak disertai dengan fasilitas atau pelayanan terbaik.

4. Parkir Mudah dan Gratis

Parkir Gratis
Parkir Gratis

Meskipun ini hanya faktor pendukung saja, tapi percayalah bahwa tempat parkir yang mudah dan gratis akan membuat pasien menjadi lebih puas saat berkunjung ke klinik Anda.

Pasien akan merasa segan untuk datang ke klinik kalau tidak disediakan parkir secara gratis. Walaupun mungkin tarif parkir tidak terlalu mahal, biasanya hanya Rp2 ribu untuk motor/mobil atau jika di daerah metropolitan mencapai Rp5 ribu per-mobil.

5. Alat Modern

Peralatan Terbaru
Peralatan Terbaru

Penggunaan alat yang modern harus dilakukan agar pasien merasa bahwa klinik gigi yang dikunjunginya bukan fasilitas kesehatan yang ketinggalan jaman. Biasanya untuk alat modern pun juga bukan hanya mengutamakan kecanggihan teknologi saja, tetapi juga kenyamanan dari pasien.

Misalnya untuk alat bius, kalau yang lama akan menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak diinginkan oleh pasien. Sedangkan jika menggunakan alat bius terbaru, maka pasien tetap terasa tapi tidak terlalu menyakitkan.

6. Alat Lengkap

Peralatan Klinik yang Lengkap
Peralatan Klinik yang Lengkap

Kelengkapan dari alat juga tidak kalah pentingnya dari kecanggihan teknologi. Percuma saja kalau alat-alat yang dimiliki canggih, tapi tidak lengkap untuk melayani kebutuhan pasien.

Biasanya ada saja dokter gigi yang tidak mempersiapkan alat sehingga kebutuhan pasien harus dilemparkan kembali ke klinik lain atau rumah sakit.

7. Aplikasi Klinik

Mejadokter
Mejadokter

Menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh klinik dengan kategori apapun, termasuk klinik gigi.

Klinik gigi yang menggunakan aplikasi klinik akan mendapatkan nilai positif dari pasien sebagai tanda bahwa klinik tersebut adalah fasilitas kesehatan modern yang memudahkan pasien untuk melakukan proses administrasi secara instan dan online.

Itulah tadi tentang bagaimana sih cara membuat klinik gigi menjadi ramai. Kalau sudah menerapkan semua yang disebutkan di atas, dijamin sih klinik Anda pasti akan segera ramai.

Bacaan Lainnya

Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Tips
Mau jadi Perawat? Ini Persiapan untuk Melamar Kerja jadi Perawat
Diterbitkan: 01 November 2022 01:56
Kemampuan atau Skill yang Wajib Dimiliki Perawat
Tips
Kemampuan atau Skill yang Wajib Dimiliki Perawat
Diterbitkan: 04 November 2022 01:50
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Aplikasi Klinik
Tips
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Diterbitkan: 06 February 2022 05:13

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.