ARTIKEL

Tips agar Klinik menjadi Ramai, Ternyata Mudah Sekali lho

🕐 Baca 6 menit

Siapa sih dokter yang tidak ingin memiliki klinik yang ramai pasien? Bukan berbicara tentang harapan negatif untuk banyak masyarakat yang sakit ya, tetapi justru pada waktu ada pasien yang mengalami masalah pada kesehatannya, lalu datang ke klinik dan bisa mendapatkan kesembuhan.

Seperti diketahui kalau klinik merupakan salah satu tempat pertama yang akan dikunjungi oleh orang ketika sakit, selain ke puskesmas sebelum memutuskan untuk pergi ke rumah sakit.

Lalu bagaimana cara membuat klinik menjadi ramai?

Tips Membuat Klinik menjadi Ramai

Pada era yang serba modern ini, untuk membuat klinik menjadi ramai bukan perkara yang mudah lagi lho. Anda harus mempersiapkan banyak hal untuk membuat calon pasien mau datang ke klinik saat sedang mengalami masalah kesehatan.

Mayoritas dari masyarakat saat ini sangat pemilih untuk segala hal dalam kehidupannya, begitu juga untuk klinik. Mereka akan memilih klinik yang menurut mereka bagus dalam berbagai hal, mulai dari pelayanan, penanganan pengobatan, sampai dengan hal-hal lain yang lebih mendetail seperti failitas di klinik.

Baiklah, tidak perlu berlama-lama, mari kita bahas tentang sejumlah tips untuk membuat klinik menjadi ramai!

Tips agar klinik disukai oleh pasien
Tips agar klinik disukai oleh pasien

1. Kualitas Dokter

Mohon maaf sebelumnya bahwa sebenarnya untuk hal yang paling mendasar dari alasan calon pasien datang ke klinik adalah karena sang dokter.

Tidak peduli sebagus apapun klinik yang Anda miliki, tapi kalau dokter yang praktek di klinik tersebut tak memenuhi kriteria dari pasien, maka bisa dipastikan tidak akan ada yang datang.

Adapun beberapa kriteria yang dimaksud adalah sebagai berikut:

a. Pandai

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana bisa ada seorang dokter yang tidak pandai? Sebenarnya ini menjadi salah satu rahasia umum bahwa ada saja dokter-dokter yang mungkin tak terlalu bisa untuk menangani pasien.

Misalnya seperti melakukan pendiagnosaan yang kurang tepat, kemudian juga bisa saja pemberian obat yang kurang manjur, dan lain sebagainya.

Mungkin kita juga pernah mendengar bahwa ada pasien yang mencoba untuk datang ke klinik A, lalu ditangani oleh Dokter A. Kemudian, Ia didiagnosa telah mengidap penyakit tertentu, Ia pun mendapatkan resep obat yang selanjutnya ditebus dan diminum sesuai dosis.

Sampai obatnya habis, ternyata pasien tersebut tidak mendapatkan kesembuhan. Rasa sakit yang diderita olehnya masih belum hilang walaupun obat sudah dihabiskan.

Lalu, pasien tersebut pergi ke klinik B yang ditangani oleh Dokter B. Ia mendapatkan diagnosa yang sama saat memeriksakan diri ke Dokter A, namun Ia diberikan resep obat yang berbeda.

Siapa sangka hanya butuh waktu 1 hari saja setelah meminum obat yang diberikan oleh Dokter B, pasien tersebut merasa sakitnya sudah hilang dan sembuh.

Cerita di atas hanya salah satu cerita yang biasanya terjadi dan sering diceritakan oleh lingkungan sekitar kita.

b. Ramah

Walaupun mungkin saat ini sudah jarang sekali mendapatkan ada dokter yang jutek kepada pasiennya, tapi poin satu ini sepertinya tidak bisa dihilangkan.

Kalimat sapaan yang hangat untuk menunjukkan bahwa sang dokter memiliki kepedulian kepada pasien menjadi sangat penting karena perlu diketahui kalau pasien datang ke klinik bukan serta merta karena hanya ingin diobati, melainkan menaruh kepercayaan kepada dokter di klinik tersebut.

Saat mencoba untuk memberikan kepercayaannya, pasien akan menjadi ragu saat melihat sikap dari dokter yang tidak ramah. Selanjutnya pikiran pasien pasti akan dipenuhi dengan hal-hal negatif dan lebih mengawasi kekurangan dari pelayanan sang dokter.

Apabila ada kesalahan sedikit saja maka pasien akan mengingatnya dan menjadikan hal itu sebagai perlakuan kurang menyenangkan. Tak menutup kemungkinan, nantinya pasien akan menceritakan pengalaman itu ke orang lain. Bahkan, jika pasien itu merasa kecewa atau sakit hati, Ia bisa menyebarkan cerita negatif yang dilebih-lebihkan. Bisa dibayangkan dong? Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, namun citra dari dokter atau klinik akan menjadi buruk.

Hal ini akan jauh berbeda jika dokter yang menangani pasien mempunyai sikap ramah. Apabila ada kesalahan yang dilakukan, maka pasien biasanya akan memaklumi saja. Hal yang menjadi penting bagi pasien adalah Ia merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan oleh dokter.

Kalau Anda termasuk ke dalam kategori dokter yang kurang ramah, sepertinya Anda harus segera merubahnya sekarang. Ingat bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Tips menjadi Dokter yang Ramah

  • Selalu memberikan senyuman
  • Menenangkan jika hendak atau setelah beritahu risiko penyakit
  • Mempertanyakan kegiatan pasien sehari-hari
  • Memberikan saran dengan kalimat yang baik

c. Lembut

Kelembutan dalam menangani pasien juga menjadi hal yang sangat penting untuk pengalaman positif saat pengobatan. Apalagi kalau penanganan pengobatan di daerah-daerah yang sensitif.

Misalnya seperti klinik dokter gigi, pemeriksaan harus dilakukan dengan lembut mengingat gusi dan gigi menjadi salah satu organ yang tidak bisa ditangani dengan kasar.

Cukup banyak lho pasien yang pergi dari sebuah klinik oleh karena penanganan dokter yang dianggap kasar. Pasien sangat tidak suka mendapatkan penanganan pengobatan dengan dokter yang kasar.

d. Terjangkau

Tarif dari dokter bisa menjadi salah satu pertimbangan dari pasien karena rasanya sudah menjadi dasar pemikiran manusia untuk mencari yang murah untuk segala hal, termasuk biaya klinik.

Bukan hanya tarif pengobatan dari dokter saja, tetapi juga pemberian jenis obat dari dokter turut menjadi pertimbangan lho. Ketika dokter memberikan jenis obat yang relatif mahal, rasanya pasien juga akan berpikir bahwa itu menjadi sesuatu yang memberatkan.

Walaupun obat tersebut dianggap lebih manjur, kalau ada obat yang lebih murah dengan kemanjuran yang serupa, rasanya pasien akan memberikan nilai kurang baik terhadap dokter.

Jadi untuk Anda sebagai dokter harus memperhatikan dengan seksama tentang obat-obat yang diberikan. Apabila memang terdapat jenis obat yang bisa memenuhi kebutuhan pasien, tidak perlu mencari yang paling mahal.

Anda juga bisa mempertanyakan terlebih dahulu kepada pasien jika memang hendak memberikan obat yang mahal.

2. Pelayanan

Hal yang bisa dinilai oleh pasien secara nyata adalah pelayanan dari klinik. Mulai pertama kali datang, penanganan pengobatan sampai dengan pulang.

Pada waktu berada di dalam klinik, pasien harus merasa nyaman yang kemudian setelah pulang, Ia merasa puas dengan pelayanannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien adalah sebagai berikut:

a. Kondisi Ruangan

Dimulai dari kebersihan, suhu, dan cahaya harus diperhatikan dengan baik. Rasanya saat ini kebutuhan akan Air Conditioner (AC) di sebuah klinik menjadi kebutuhan utama, jadi alangkah baiknya Anda menyediakan AC agar pasien bisa merasa nyaman.

Kebersihan dan cahaya dari lampu ruangan wajib untuk menjadi prioritas. Kalau ruangan gelap, pasien pasti tidak akan merasa nyaman saat berada di sana. Apalagi kalau ruangan penanganan pasien gelap, mungkin dokter bisa saja mengalami kesulitan dalam memeriksa kondisi pasien.

b. Sikap Pegawai

Tadi sudah disinggung tentang dokter yang wajib memiliki sifat ramah. Hal ini pun juga berlaku untuk para pegawai di klinik.

Pasien akan mendapatkan pengalaman yang baik saat pegawai memperlihatkan sikap yang ramah ketika memberi informasi atau pengarahan tentang kebutuhan pasien.

c. Memprioritaskan pasien

Ini menjadi tahap yang paling sulit dalam memberikan pelayanan terhadap pasien. Jika hanya berbicara tentang memprioritaskan pasien tentu akan mudah untuk dilakukan. Tapi percayalah bahwa ini membutuhkan 'effort' lebih dari semua pihak yang terlibat.

Ketika pasien datang ke klinik, pegawai harus sudah mengetahui standar pelayanan yang sudah ditetapkan. Pastikan fasilitas yang tersedia di klinik bisa dirasakan oleh pasien. Jangan sampai juga fasilitas yang ada di klinik tidak tersampaikan kepada pasien yang datang.

Contoh yang paling mudah adalah ketika AC di dalam ruangan tidak disetting sesuai dengan kebutuhan pasien. Mayoritas pasien merasa bahwa ruangan klinik masih terlalu panas dan membuat gerah. Tentu ini akan menjadi sia-sia saat Anda menyediakan AC tapi pasien tetap merasa panas saat berada di dalam ruangan.

3. Pemasangan Aplikasi Klinik

Guna meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan, Anda bisa menggunakan aplikasi klinik agar sistem yang berjalan dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Mulai dari awal pasien datang sampai pulang, mereka akan mendapatkan layanan super cepat oleh karena program aplikasi klinik yang memang diciptakan untuk mewujudkannya.

Dengan menggunakan aplikasi klinik maka diharapkan pasien bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari klinik milik Anda. Pendataan yang ada di dalam klinik juga dipastikan mempunyai tingkat kecepatan proses dan keamanan yang mumpuni.

Manfaat Aplikasi Klinik

  • Mengelola sistem manajemen klinik agar tidak mengalami masalah
  • Memberikan percepatan layanan kepada pasien
  • Membuat semua data pasien tercatat dengan rapi dan mudah untuk ditemukan
  • Mempermudah kerja para pegawai klinik

Jika Anda sedang mencari aplikasi klinik yang terbaik, maka bisa coba rekomendasi berikut ini: Mejadokter

4. Mudahkan pasien menemukan klinik

Silakan membuat strategi untuk bisa menjadikan klinik agar mudah untuk ditemukan oleh pasien. Baik secara offline ataupun online.

Mungkin kalau untuk cara offlinenya, Anda bisa memasang papan nama yang cukup besar di depan klinik atau mungkin papan informasi yang dipasang di dekat klinik.

Kemudian Anda juga bisa selalu membicarakan tentang klinik dengan orang-orang yang mungkin Anda kenal atau temui. Ini dapat menjadi salah satu promosi gratis yang sangat efektif.

Jika secara online mungkin Anda bisa menggunakan media berupa situs website dan akun sosial media. Untuk akun sosial media sendiri ada beberapa ya, mulai dari facebook, twitter, instagram atau bahkan tik tok.

Itulah tadi sejumlah tips agar klinik ramai yang bisa diberikan. Semoga beberapa poin tersebut di atas bisa menjadi solusi terbaik untuk klinik Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah Aplikasi Pencatatan History Rekam Medis Pasien Yang Terintegrasi.

Tautan Cepat