ARTIKEL

8 Alasan Pasien Malas pergi ke Klinik dan Solusinya

­čĽÉ Baca 6 menit­čôů 24 January 2023 12:08

Fungsi klinik adalah layanan kesehatan yang menyediakan perawatan medis primer dan pengobatan bagi pasien yang memerlukan perawatan medis dasar.

Klinik dapat menyediakan layanan seperti pemeriksaan fisik, diagnosis, pengobatan, dan perawatan jangka panjang bagi pasien yang memerlukan perawatan medis dasar.

Klinik juga dapat menyediakan layanan preventif dan promosi kesehatan serta pelayanan konseling dan pendidikan kesehatan bagi pasien.

Klinik sangat penting bagi masyarakat karena mereka menyediakan layanan kesehatan dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti perawatan darurat, pemeriksaan rutin, pemeriksaan kesehatan, dan perawatan medis yang dibutuhkan.

Klinik juga dapat memberikan layanan kesehatan preventif, seperti vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan reproduksi. Dengan klinik yang tersedia, masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang penting dengan cepat dan mudah, tanpa harus menunggu waktu yang lama di rumah sakit.

Ini membuat masyarakat dapat menjaga kesehatan mereka dan mencegah penyakit sebelum mereka menyebar lebih jauh.

Tapi ternyata klinik juga tidak serta merta menjadi tujuan utama bagi calon pasien untuk datang karena sejumlah alasan. Bukan soal mereka tidak ingin langsung mengobati penyakitnya, tapi karena ada faktor lain.

Ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang malas pergi ke klinik sesuai dengan hasil riset Mejadokter.com, diantaranya adalah:

1. Rasa takut atau cemas terhadap hasil pemeriksaan atau diagnosis

Ada beberapa alasan mengapa pasien mungkin merasa takut saat melihat hasil pemeriksaan medis.  Pasien mungkin tidak yakin tentang hasil pemeriksaan dan khawatir tentang hasil yang mungkin tidak baik.

Selain itu juga mereka mungkin khawatir tentang apa yang harus dilakukan jika hasil pemeriksaan menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Lalu, mereka bisa juga akan merasa bahwa hasil pemeriksaan akan menentukan jalannya perawatan medis dan merasa kurang berdaya dalam mengontrol situasi.

Beberapa pasien mungkin merasa malu atau tidak ingin diketahui orang lain tentang hasil pemeriksaan yang mungkin menunjukkan masalah kesehatan yang tidak umum.

Seseorang mungkin merasa bahwa ia harus tahu hasil pemeriksaan segera, sehingga dia dapat mengambil tindakan yang diperlukan.

Pasien mungkin memiliki pengalaman buruk sebelumnya dengan hasil pemeriksaan atau perawatan medis yang menyebabkan rasa takut atau cemas saat melihat hasil pemeriksaan medis.

2. Biaya yang dibutuhkan untuk perawatan kesehatan yang tinggi

Biaya yang mahal dapat menjadi salah satu alasan mengapa orang enggan untuk pergi ke klinik. Beberapa orang mungkin tidak memiliki cukup uang untuk membayar biaya perawatan medis, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak pergi ke klinik sama sekali.

Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih besar di kemudian hari, karena masalah kesehatan yang tidak diobati dapat menyebar dan menjadi lebih parah.

Sistem kesehatan yang berbiaya mahal juga dapat menyebabkan ketimpangan sosial, karena orang dengan lebih sedikit uang mungkin tidak dapat mengakses layanan kesehatan yang sama seperti orang yang lebih kaya.

Oleh karena itu, penting untuk membuat layanan kesehatan yang terjangkau dan tersedia bagi semua orang agar masyarakat dapat mengakses perawatan medis yang dibutuhkan.

3. Kekhawatiran akan waktu yang diperlukan untuk mengunjungi klinik

Sebagian pasien mungkin merasa malas untuk pergi ke klinik karena merasa bahwa mereka akan menghabiskan waktu yang lama di sana. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti:

  • Pasien mungkin harus menunggu lama untuk diperiksa oleh dokter atau untuk mendapatkan hasil pemeriksaan
  • Mereka merasa bahwa proses pendaftaran di klinik terlalu rumit dan memakan waktu yang lama
  • Klinik mungkin sangat sibuk dan pasien harus menunggu lama untuk diperiksa
  • Ada perasaan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke klinik akan menghalangi pekerjaan atau keluarga

Selain waktu, bisa jadi juga karena biaya perawatan yang dikenakan di klinik terlalu tinggi dan merasa tidak mampu untuk mengeluarkan uang.

Namun, meskipun ada beberapa pasien yang mungkin merasa malas untuk pergi ke klinik karena menghabiskan waktu yang lama, banyak pasien juga yang sangat memerlukan perawatan medis dan akan menemukan cara untuk mengatasi masalah ini.

4. Keengganan untuk meninggalkan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari

Sibuk dapat menjadi alasan mengapa seseorang enggan untuk pergi ke klinik. Banyak orang memiliki jadwal yang padat dan tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjungi klinik, terutama jika klinik terletak jauh dari tempat tinggal atau kerja mereka.

Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak diobati dan dapat menyebar dan menjadi lebih parah dalam jangka panjang.

Namun, beberapa klinik memiliki jadwal yang fleksibel seperti buka hingga malam hari atau memberikan layanan online seperti konsultasi telemedis, yang dapat memudahkan orang untuk mengakses layanan kesehatan meskipun mereka sibuk.

Sistem kesehatan yang baik harus memperhatikan kenyamanan dan kesulitan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan, sehingga layanan kesehatan dapat diakses dengan mudah dan nyaman.

5. Kepercayaan pada obat tradisional atau pengobatan lain yang dianggap lebih efektif daripada perawatan medis

Saat ini masih banyak juga orang yang percaya kalau pengobatan tradisional lebih efektif jika dibandingkan dengan perawatan medis.

Beberapa keunggulan pengobatan tradisional dibandingkan dengan pengobatan medis modern adalah:

  • Pengobatan tradisional umumnya lebih murah daripada pengobatan medis modern, sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat
  • Biasanya lebih sesuai dengan budaya setempat dan lebih mudah diterima oleh masyarakat
  • Lebih mengutamakan pencegahan daripada pengobatan setelah sakit
  • Pengobatan tradisional umumnya lebih mengutamakan kesehatan secara keseluruhan, termasuk aspek fisik, emosional, dan spiritual
  • Dipercaya lebih aman karena menggunakan bahan-bahan alami dan tidak mengandung efek samping yang serius

Namun, perlu diingat bahwa pengobatan tradisional juga memiliki kelemahan, seperti kurangnya dukungan ilmiah, tidak selalu dapat diandalkan, dan tidak selalu dapat digabungkan dengan pengobatan medis modern.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya sebelum memutuskan untuk menggunakan pengobatan tradisional.

6. Rasa malu atau tidak nyaman dengan kondisi kesehatan yang dialami

Rasa malu atau tidak nyaman dengan kondisi kesehatan yang dialami dapat menjadi alasan mengapa seseorang enggan untuk pergi ke klinik.

Beberapa orang mungkin merasa malu untuk menunjukkan masalah kesehatan yang mereka alami, terutama jika masalah tersebut dianggap tabu atau dianggap malu. Beberapa orang mungkin juga merasa tidak nyaman dengan kondisi kesehatan yang mereka alami dan merasa malu untuk menunjukkannya kepada dokter atau perawat.

Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak diobati dan dapat menyebar dan menjadi lebih parah dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, penting untuk membuat masyarakat merasa nyaman dan terbuka dalam berbicara tentang masalah kesehatan mereka.

Dokter dan perawat harus diajarkan untuk berinteraksi dengan pasien dengan cara yang ramah dan tidak menghakimi. Layanan kesehatan harus memberikan privasi yang cukup dan harus menjaga kerahasiaan pasien.

Dengan demikian, masyarakat dapat merasa nyaman untuk mencari bantuan kesehatan yang dibutuhkan tanpa rasa malu atau tidak nyaman.

7. Jarak jauh dari klinik atau fasilitas kesehatan yang tersedia

Jarak jauh dari klinik atau fasilitas kesehatan yang tersedia dapat membuat seseorang malas untuk pergi ke klinik. Biaya transportasi untuk pergi ke klinik dapat menjadi beban bagi seseorang yang tinggal jauh dari fasilitas kesehatan.

Seseorang yang tinggal jauh dari klinik mungkin harus menghabiskan waktu yang cukup lama untuk perjalanan, yang dapat menjadi alasan malas untuk pergi ke klinik.

Terutama bagi orang yang punya masalah mobilitas mungkin merasa kesulitan untuk pergi ke klinik yang jauh dari tempat tinggal. Di beberapa daerah, mungkin tidak ada fasilitas transportasi yang memadai, sehingga menambah kesulitan untuk pergi ke klinik.

Belum lagi soal rasa khawatir tentang keselamatan saat perjalanan ke klinik yang jauh dari tempat tinggalnya.

Ketidaktersediaan fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal seseorang dapat menghambat akses pasien untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.

Oleh karena itu, pemerintah harus berusaha untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai di seluruh wilayah negara, khususnya di daerah pedesaan atau terpencil agar dapat meningkatkan akses pasien untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.

8. Kesulitan dalam menemukan dokter yang sesuai dengan kebutuhan medis

Kesulitan dalam menemukan dokter yang sesuai dengan kebutuhan medis dapat menjadi alasan mengapa seseorang enggan untuk pergi ke klinik.

Beberapa orang mungkin memiliki masalah kesehatan yang spesifik yang hanya dapat ditangani oleh dokter yang berpengalaman dalam bidang tersebut. Namun, kadang-kadang mereka kesulitan untuk menemukan dokter yang sesuai dengan kebutuhan medis mereka, terutama jika mereka tinggal di daerah yang terpencil.

Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak diobati dan dapat menyebar dan menjadi lebih parah dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, penting untuk membuat layanan kesehatan yang tersedia dan terjangkau bagi semua orang, termasuk di daerah yang terpencil.

Sistem kesehatan yang baik harus menyediakan dokter yang berpengalaman dalam berbagai bidang, sehingga masyarakat dapat menemukan dokter yang sesuai dengan kebutuhan medis mereka.

Sistem juga harus memudahkan masyarakat dalam mencari dan mengakses layanan kesehatan yang dibutuhkan, misalnya melalui sistem online atau call center.

Solusi Aplikasi Klinik

Untuk bisa meminimalisir semua permasalahan yang sudah disebutkan di atas. Mejadokter mempunyai jawaban untuk menyelesaikannya. Mungkin sebelumnya Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini tentang apa saja sih fungsi dari aplikasi klinik.

a. Pasien dapat mendaftar online untuk jadwal konsultasi, sehingga tidak perlu datang ke klinik untuk mendaftar

b. Kemudian juga dapat melakukan pembayaran online untuk biaya konsultasi dan perawatan, sehingga tidak perlu mengantri di klinik

c. Pasien juga bisa melihat jadwal konsultasi yang tersedia dan membuat jadwal konsultasi secara online

d. Hasil pemeriksaan yang telah dilakukan secara online dapat dilihat secara online juga, sehingga tidak perlu datang ke klinik untuk mengetahui hasil pemeriksaan

e. Pasien dapat berkomunikasi dengan dokter melalui aplikasi, sehingga dapat mengajukan pertanyaan atau mendapatkan saran dari dokter tanpa harus datang ke klinik

f. Aplikasi klinik dapat digunakan untuk melacak kesehatan pasien, termasuk riwayat kesehatan, hasil pemeriksaan, dan catatan perawatan

g. Aplikasi bisa membantu klinik dalam meningkatkan efisiensi, seperti mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan efisiensi administrasi

h. Anda dapat membantu pasien di daerah terpencil untuk mengakses perawatan medis yang diperlukan tanpa harus pergi ke klinik

Dengan begini, Anda bisa menyelesaikan sejumlah permasalahan major yang dialami oleh pasien. Hasilnya, tentu saja klinik yang akan ramai pengunjung.

Bacaan Lainnya

Kebutuhan Klinik Jaman sekarang yang Harus Dipenuhi
Teori
Tips
Kebutuhan Klinik Jaman sekarang yang Harus Dipenuhi
Diterbitkan: 25 January 2023 10:46
Mengenal Lebih Jauh tentang Perawat Okupasi
Tips
Mengenal Lebih Jauh tentang Perawat Okupasi
Diterbitkan: 08 May 2023 03:28
Dampak dan Pencegahan Paparan Radiasi Pengion
Tips
Teori
Dampak dan Pencegahan Paparan Radiasi Pengion
Diterbitkan: 03 March 2023 05:52

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.