ilustrasi halaman detail

ARTIKEL

Pemesanan Online di Klinik, Apakah Bisa Dilakukan?

🕐 Baca 4 menit📅 16 August 2023 05:08

Pada kesempatan kali ini, mejadokter.com akan membahas sedikit tentang sebuah fitur pengenbangan terbaru dari aplikasi yang memungkinkan pasien bisa melakukan pemesanan via online.

Nantinya, proses yang dilakukan hanya dengan menggunakan handphone saja.

Sebelum ke sana, mungkin kita akan bahas dulu sedikit tentang apa saja sih unsur-unsur yang akan berpengaruh terhadap fitur pemesanan online ini. Salah satunya yang paling dekat dan mudah dilakukan adalah untuk pemesanan obat.

Pemesanan obat secara online di klinik adalah inovasi yang memungkinkan pasien untuk memesan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter secara praktis melalui platform online.

Ini adalah langkah menuju pemberian layanan kesehatan yang lebih efisien dan nyaman.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum yang terlibat dalam sistem pemesanan obat online di klinik:

Dokter Pemberi Resep

Pasien mengunjungi dokter di klinik atau berkomunikasi dengan dokter secara online melalui konsultasi jarak jauh.

Dokter mendiagnosis dan meresepkan obat-obatan yang diperlukan.

Dokumentasi Resep Elektronik

Dokter memasukkan resep obat ke dalam sistem elektronik, yang dapat diakses oleh apotek klinik.

Akses Pasien ke Portal Online atau Aplikasi Kesehatan

Pasien mendapatkan akses ke portal online klinik atau aplikasi kesehatan melalui ponsel atau perangkat lainnya.

Pemesanan Obat

Pasien masuk ke portal atau aplikasi dan memasukkan rincian resep, termasuk nama obat, dosis, dan jumlah. Sistem memverifikasi resep dengan basis data obat-obatan yang tersedia di klinik. Konfirmasi Persediaan dan Harga

Pasien menerima informasi tentang ketersediaan obat dan estimasi biaya. Pasien memiliki pilihan untuk melanjutkan atau membatalkan pesanan.

Pembayaran Online

Pasien melakukan pembayaran secara online melalui portal atau aplikasi. Sistem akan memproses pembayaran dan mengirimkan konfirmasi kepada pasien.

Pengiriman atau Pengambilan

Ada beberapa pilihan pengiriman, seperti pengiriman ke alamat rumah atau pengambilan di apotek klinik. Pasien memilih pilihan yang diinginkan.

Verifikasi Identitas

Saat mengambil obat di klinik, pasien perlu mengidentifikasi diri dan memberikan bukti pembayaran.

Penyerahan Obat

Petugas apotek klinik menyiapkan obat sesuai resep dan memberikan obat kepada pasien.

Pemberian Informasi Obat

Petugas apotek memberikan instruksi penggunaan obat dan memberikan informasi tentang efek samping atau perhatian khusus.

Pengingat dan Pemantauan

Sistem dapat mengirimkan pengingat kepada pasien tentang jadwal penggunaan obat. Pemantauan pasien dan respons terhadap obat dapat dilakukan melalui sistem.

Keuntungan dari pemesanan obat online di klinik meliputi kemudahan akses bagi pasien, pengurangan waktu tunggu, dan pengurangan interaksi langsung yang mungkin diperlukan selama pandemi atau dalam situasi tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa obat mungkin memerlukan resep fisik dan pemeriksaan langsung oleh dokter sebelum dapat diberikan kepada pasien.

Manfaat Pemesanan Obat secara Online

pemesanan online di klinik memang mungkin dilakukan dan telah menjadi praktik umum di banyak tempat.

Banyak klinik dan rumah sakit telah mengadopsi sistem pemesanan obat secara online sebagai bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan memberikan kemudahan kepada pasien. Inilah beberapa alasan mengapa pemesanan online di klinik mungkin diadopsi:

Kemudahan Akses

Pemesanan online memungkinkan pasien untuk mengakses layanan kesehatan lebih mudah tanpa perlu datang ke klinik fisik. Ini sangat bermanfaat bagi pasien yang memiliki keterbatasan mobilitas atau jarak jauh.

Efisiensi Waktu

Pasien dapat memesan obat-obatan mereka tanpa harus mengantri di apotek atau klinik. Ini menghemat waktu bagi pasien dan juga mengurangi waktu tunggu di tempat pelayanan kesehatan.

Pengurangan Kesalahan

Pemesanan obat secara online dengan resep elektronik dapat mengurangi risiko kesalahan dalam penulisan resep atau pemberian obat.

Pemantauan dan Pengingat

Sistem pemesanan online sering dilengkapi dengan pengingat tentang jadwal minum obat. Ini membantu pasien untuk lebih konsisten dalam mengonsumsi obat sesuai resep.

Pengurangan Kontak Fisik

Terutama selama situasi pandemi atau ketika klinik sibuk, pemesanan obat online dapat membantu mengurangi interaksi fisik yang tidak diperlukan.

Fleksibilitas Waktu

Pasien dapat memesan obat kapan saja, 24 jam sehari, tanpa terbatas oleh jam buka klinik.

Integrasi dengan Sistem Informasi

Pemesanan obat online dapat diintegrasikan dengan sistem informasi kesehatan klinik atau rumah sakit, yang memungkinkan akses dokter dan apoteker terhadap informasi pasien secara real-time.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua obat mungkin dapat dipesan secara online, tergantung pada peraturan dan regulasi negara atau yurisdiksi tertentu.

Beberapa obat mungkin memerlukan resep fisik yang harus diambil langsung oleh pasien. Selain itu, sistem pemesanan online juga perlu dilengkapi dengan perlindungan data pribadi dan keamanan informasi pasien.

Ketika mempertimbangkan adopsi pemesanan online di klinik, perlu dilakukan penilaian menyeluruh untuk memastikan bahwa sistem ini sesuai dengan regulasi, kebutuhan pasien, dan infrastruktur klinik yang ada.

Bagaimana dengan Booking Online?

Booking klinik secara online adalah layanan yang umumnya telah diadopsi oleh banyak klinik dan rumah sakit di seluruh dunia.

Hal ini memungkinkan pasien untuk membuat janji temu dengan dokter atau layanan kesehatan lainnya melalui platform online.

Pasien dapat mengakses situs web atau aplikasi khusus yang disediakan oleh klinik untuk memilih dokter, waktu, dan layanan yang diinginkan.

Proses booking klinik secara online bisa bervariasi tergantung pada klinik dan sistem yang digunakan. Umumnya, langkah-langkah berikut mungkin terlibat:

1. Akses ke Platform Online

Pasien mengunjungi situs web klinik atau mengunduh aplikasi khusus jika tersedia.

2. Pilih Layanan dan Dokter

Pasien memilih jenis layanan yang dibutuhkan (misalnya, pemeriksaan umum, spesialis tertentu, pemeriksaan laboratorium) dan memilih dokter atau tenaga medis yang diinginkan.

3. Pilih Waktu

Pasien melihat jadwal yang tersedia untuk dokter atau layanan yang dipilih dan memilih waktu yang sesuai dengan jadwal mereka.

4. Isi Data Pribadi

Pasien mungkin diminta untuk mengisi formulir dengan data pribadi, informasi kontak, dan detil lainnya.

5. Konfirmasi dan Pengingat

Setelah memilih waktu, pasien dapat mengonfirmasi janji temu. Sistem biasanya akan mengirimkan pengingat melalui email atau pesan teks sebelum waktu janji temu.

6. Kunjungan Klinik

Pasien datang ke klinik pada waktu yang telah diatur dan memberikan identifikasi untuk verifikasi.

7. Pemeriksaan atau Layanan Kesehatan

Pasien menerima pelayanan kesehatan yang telah dijanjikan oleh dokter atau tenaga medis yang dipilih.

Sistem booking klinik secara online memberikan banyak manfaat, seperti menghemat waktu, mengurangi waktu tunggu, dan memberikan fleksibilitas kepada pasien dalam memilih jadwal yang cocok.

Ini juga dapat membantu klinik dalam mengelola jadwal dokter dan pasien secara lebih efisien.

Namun, penting untuk memastikan bahwa platform booking online memiliki perlindungan data yang kuat dan sesuai dengan regulasi privasi dan keamanan yang berlaku.

Jika klinik Anda belum memiliki sistem booking online, Anda mungkin ingin menghubungi mereka atau melihat situs web mereka untuk mengetahui apakah layanan ini tersedia.

Kalau mau lebih mudah, hubungi saja segera aplikasi Mejadokter!

Bacaan Lainnya

Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Tips
Klinik
Cara Mencatat Rekam Medis SOAP yang Benar dan Efektif
Diterbitkan: 18 May 2022 03:00
Pelajari tentang Perawatan Pasien Berbasis Nilai
Tips
Teori
Pelajari tentang Perawatan Pasien Berbasis Nilai
Diterbitkan: 09 June 2023 11:57
Manfaat Daftar Titip Kamar Rawat Inap untuk Pasien
Tips
Klinik
Teori
Manfaat Daftar Titip Kamar Rawat Inap untuk Pasien
Diterbitkan: 15 February 2023 12:47
Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.
  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Rekam medis elektronik untuk Fasyankes, terintegrasi satusehat, bridging BPJS PCARE dan antrean online mobile JKN, akreditasi paripurna dengan mejadokter