ARTIKEL

Aplikasi Klinik Terbaik di Indonesia, Fitur Dijamin Lengkap

🕐 Baca 6 menit

Permasalahan yang sering sekali terjadi dan dirasakan oleh owner klinik adalah mengenai pemilihan aplikasi yang belum memenuhi kebutuhan secara menyeluruh.

Aplikasi yang seharusnya membantu klinik dalam mengelola sistem kerja dan manajemen, justru membuat ribet karena banyak sekali miss-function. Tentu saja hal seperti ini akan membuat nama 'aplikasi klinik' menjadi buruk di mata pemilik klinik.

Adapun untuk alasan yang membuat pihak dari klinik tidak puas adalah karena aplikasi yang sulit digunakan, merepotkan, tak terintegrasi dan fitur terbatas.

Aplikasi Klinik

Sebelum kita membahas lebih lanjut, alangkah baiknya untuk Anda bisa mengetahui terlebih dahulu tentang aplikasi klinik. Apa sih aplikasi klinik itu?

Aplikasi klinik adalah sebuah software atau program yang dibuat secara khusus untuk membantu klinik dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan.

Kemudian muncul kembali tentang apa sih masalah yang hendak diselesaikan oleh penerapan aplikasi klinik ini? Coba lihat beberapa diantaranya di bawah ini:

  • Pencatatan data rekam medis yang mungkin mengalami masalah, misalnya seperti salah catat, double, dan lain sebagainya
  • Pendaftaran untuk antrian pasien yang masih berantakan
  • Tidak adanya integrasi, misalnya seperti ke BPJS
  • Masih tidak bisa menentukan Multi Tarif
  • Proses rujuk pasien ke rumah sakit yang masih manual

Dari sejumlah masalah yang tersebut di atas tentu saja sudah sangat familiar dengan kondisi yang sering terjadi di klinik, bukan?

Oleh karena itulah, aplikasi klinik diciptakan agar bisa menyelesaikan semuanya agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Aplikasi Klinik Terbaik Indonesia - Mejadokter
Aplikasi Klinik Terbaik Indonesia - Mejadokter

Kenapa Klinik harus pakai Aplikasi

Pada jaman sekarang yang serba modern, penggunaan aplikasi menjadi kebutuhan yang sepertinya sudah masuk ke dalam kategori wajib.

Oleh karena itu, jika Anda tidak menggunakan aplikasi di dalam klinik, maka bisa dipastikan bahwa klinik Anda akan ketinggalan dengan klinik lain yang sudah mengusung sistem modern.

Pasien saat ini diketahui sudah sangat ketergantungan dengan kemudahan dalam beraktivitas, baik dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari hingga pelayanan kesehatan.

Apa Keunggulan Aplikasi

Aplikasi mempunyai banyak sekali keunggulan yang rasanya tidak bisa dikesampingkan lagi. Sekarang adalah saatnya klinik Anda menggunakan aplikasi agar tidak ketinggalan dengan yang lain.

Keunggulan dari penggunaan aplikasi tentu saja untuk memudahkan dalam setiap kegiatan atau aktivitas di klinik. Selain itu juga bisa menghindari masalah-masalah yang biasanya terjadi. Adapun misalnya adalah sebagai berikut:

1. Data Rekam Medis

Permasalahan yang biasanya terjadi untuk data rekam medis, selain kesalahan input data, juga sering mengalami data ganda. Data rekam medis banyak yang double karena adanya kesalahan yang sangat sering terjadi ketika Anda menggunakan cara manual.

Oleh karena itu, penggunaan aplikasi menjadi sangat penting di sini. Kalau Anda bertanya, lalu aplikasi apa yang sebaiknya digunakan? Maka jawabannya adalah aplikasi klinik bernama Mejadokter. Nanti akan dijelaskan kembali mengenai apa itu Mejadokter.

2. Integrasi

Klinik yang ketinggalan jaman punya kelemahan pada integrasi. Ketika ada pasien yang menggunakan asuransi, maka tidak bisa langsung terkoneksi secara langsung via internet.

Sedangkan jaman sekarang semuanya sudah bertumpu pada sistem yang terintegrasi secara langsung via online. Misalnya saja seperti asuransi BPJS.

Jika menggunakan aplikasi, maka klinik Anda akan bisa langsung mengintegrasikan BPJS dengan sangat mudah. Tentu saja ini akan membantu pasien dalam bertransaksi.

3. Standarisasi Manajemen Keuangan

Pencatatan keuangan yang tidak memiliki standar manajemen keuangan sehingga membuat cashflow dari klinik menjadi rancu.

Sering sekali terjadi klinik mengalami masalah dengan keuangannya karena tidak bisa mengetahui secara rinci tentang pemasukkan dan pengeluaran yang terjadi di dalam klinik.

Tapi tenang saja karena semuanya akan bisa diatasi hanya dengan menggunakan satu cara simpel, yaitu pemakaian aplikasi klinik.

4. Resep dan Apotek

Umumnya untuk pemberian resep akan dilakukan secara mandiri, yaitu pasien yang harus mencari obat di apotek. Namun ini tidak berlaku untuk klinik yang menggunakan aplikasi karena resep tersebut sudah bisa terintegrasi dengan apotek-apotek yang berlokasi di sekitar.

Nanti pasien bisa mendapatkan resep sekaligus penebusan obat yang lebih mudah. Bahkan pasien juga bisa langsung pulang ke rumah karena adanya fitur delivery obat. Canggih sekali, bukan?

5. Multi Tarif

Salah satu problem yang juga sering terjadi dengan sistem manual adalah penentuan multi tarif yang biasanya membingungkan.

Lagi-lagi permasalahan ini bisa diatasi dengan sangat mudah saat Anda menggunakan aplikasi klinik. Multi tarif bukan lagi menjadi masalah bagi klinik.

6. Antrian Pasien

Keunggulan aplikasi yang nantinya diberikan oleh Mejadokter adalah antrian pasien yang dapat memudahkan alur kegiatan di klinik.

Sistem antrian ini seperti diketahui akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan dari para pasien yang datang.

Data-data yang didapatkan saat proses antrian pasien ini punya juga memudahkan dokter dan pegawai klinik dalam pendataan.

Saat pasien tersebut datang kembali di lain waktu pun, pegawai akan mudah melacaknya hingga tidak perlu melakukan pendataan ulang kembali.

7. Rujukan Rumah Sakit

Klinik merupakan salah satu tempat pertolongan pertama selain puskesmas ketika mengalami sakit. Apabila penyakitnya cukup parah, maka klinik akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit.

Namun permasalahan akan muncul saat pasien harus mencari rumah sakit yang bisa dirujuk. Masalah yang umum terjadi adalah ketersediaan kamar atau fasilitas di rumah sakit.

Nah, problem seperti ini sudah tidak perlu lagi ditakutkan karena jika klinik menggunakan aplikasi akan bisa memberikan rujukan sekaligus mencarikan rumah sakit yang menyediakan kamar atau fasilitas sesuai dengan kebutuhan dari pasien.

8. Multi Cabang

Jika Anda merupakan seorang pemilik klinik dengan beberapa cabang, maka tidak perlu khawatir karena untuk penerapan aplikasi ini bisa terhubung satu sama lainnya hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Jadi apabila Anda mempunyai 3 klinik, maka hanya tetap bisa menggunakan 1 aplikasi saja yang bisa saling terhubung satu sama lainnya. Pokoknya canggih banget deh!

9. Pemilihan Modul

Selanjutnya, manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi adalah pemilihan modul yang sangat lengkap.

Tentu saja untuk semua modul juga telah terintegrasi secara langsung dan baik serta akan terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Adapun beberapa modul yang tersedia diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Antrian
  • Rawat Jalan
  • Rawat Inap
  • Admisi
  • Rawat Darurat
  • Rekam Medis
  • BPJS P-Care
  • BPJS V-Claim
  • Dashboard
  • Farmasi
  • Laboratorium
  • Radiologi
  • Hemodialisa
  • Patalogi Anatomi
  • MCU
  • Bedah Sentral
  • Ambulans
  • Asuhan Keperawatan
  • Keuangan
  • Akuntansi
  • Inventory
  • Remunerasi
  • Aset
  • Penggajian
  • Kepegawaian
  • Gizi
  • Gaji
  • Puchasing

Pakai Aplikasi Klinik pasti merepotkan? Tentu saja tidak!

Berikut ini sejumlah alasan kenapa Anda tidak perlu khawatir untuk masalah penggunaan aplikasi yang dijamin kemudahannya.

1. Penggunaan yang mudah

Oleh karena aplikasi klinik memberikan banyak kemudahan dalam kegiatan di klinik, maka bisa dipastikan untuk cara menggunakannya juga akan sangat mudah.

Siapapun pasti akan bisa menggunakan aplikasi klinik tanpa membutuhkan banyak waktu untuk belajar cara penggunaan.

2. Standarisasi

Khusus untuk aplikasi Mejadokter sudah terbukti menjadi software klinik terbaik yang memiliki standarisasi dari Kementerian Kesehatan sehingga untuk segala urusan di dalam klinik akan bisa terpenuhi sesuai dengan standar yang berlaku.

3. Tidak perlu instalasi

Tidak diperlukan instalasi apabila Anda menggunakan aplikasi klinik, terutama Mejadokter. Anda bisa langsung berlangganan dan mengaksesnya secara langsung tanpa menunggu waktu yang lama.

Cara yang sangat instan untuk menggunakan aplikasi klinik!

4. Keamanan Terjamin

Fitur selanjutnya yang tidak kalah penting di sini adalah keamanan yang sangat terjamin karena aplikasi klinik mempunyai cara paling aman untuk melindungi data-data yang terkumpul di dalamnya.

5. Automasi dan Integrasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk aplikasi klinik mempunyai sistem kerja yang bersifat automasi. Sehingga ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan cara manual.

Selain itu juga kegiatan bisa dilakukan dengan terintegrasi sesuai dengan yang dibutuhkan.

6. Meningkatkan Profit

Sudah menjadi rahasia umum apabila pasien merasa puas maka mereka akan kembali lagi ke klinik dan bahkan memberitahukan kepada teman atau kerabatnya.

Jika begini, maka bisa dipastikan untuk profit yang didapatkan oleh klinik akan meningkat. Siapa sih yang tidak mau kliniknya maju? Maka dari itu, sekarang saatnya Anda menggunakan aplikasi klinik!

Aplikasi Klinik Mejadokter
Aplikasi Klinik Mejadokter

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Itulah tadi rekomendasi aplikasi klinik terbaik di Indonesia yang tidak perlu diragukan lagi. Jika berminat, langsung saja hubungi kontak tersebut di atas.

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Aplikasi Klinik
8 Alasan Kenapa Mejadokter jadi Aplikasi Klinik Tercanggih di Indonesia
Penyederhanaan Aplikasi untuk Fasilitas Layanan Kesehatan
Aplikasi Klinik
Penyederhanaan Aplikasi untuk Fasilitas Layanan Kesehatan
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Digitalisasi Kesehatan Indonesia
Aplikasi Klinik
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Digitalisasi Kesehatan Indonesia

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.