ilustrasi halaman detail

ARTIKEL

Masih Bingung Kenapa Klinik Anda Sepi? Padahal sudah Baik

🕐 Baca 5 menit📅 24 August 2023 04:18

Klinik menjadi layanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setelah puskesmas dan sebelum rumah sakit.

Tapi, bukan berarti kalau setiap klinik akan mendapatkan pasien karena saat ini ada banyak sekali klinik yang tersedia dalam satu wilayah.

Oleh karena itu, persaingan antar klinik juga harus menjadi perhatian khusus dari para pemilik dan pengelola klinik.

Mejadokter sudah melakukan sejumlah research untu memahami tentang sejumlah alasan yang menjadi penyebab dari klinik menjadi sepi.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan klinik menjadi sepi atau kurang dikunjungi oleh pasien. Berikut beberapa alasan yang mungkin mempengaruhi hal ini:

Pelayanan Tidak Memuaskan

Jika pasien merasa bahwa pelayanan yang mereka terima di klinik tidak memuaskan, mereka mungkin tidak akan kembali atau merekomendasikan klinik kepada orang lain. Keramahan, efisiensi, dan perhatian terhadap pasien sangat penting.

Kualitas Medis yang Diragukan

Pasien datang ke klinik dengan harapan untuk mendapatkan perawatan medis yang berkualitas. Jika ada kekhawatiran tentang kualifikasi atau kompetensi staf medis, pasien mungkin akan mencari perawatan di tempat lain.

Lokasi yang Tidak Strategis

Lokasi klinik sangat mempengaruhi ketersediaan dan jumlah pasien. Jika klinik berada di lokasi yang sulit dijangkau atau tidak terlihat, ini dapat mengurangi jumlah kunjungan pasien.

Kurangnya Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran yang tidak memadai dapat menyebabkan kurangnya kesadaran tentang klinik di kalangan masyarakat. Pasien perlu tahu tentang layanan yang ditawarkan oleh klinik.

Persaingan dengan Klinik Lain

Jika ada klinik lain di sekitar yang menawarkan layanan yang serupa atau lebih baik, ini bisa menjadi tantangan bagi klinik Anda untuk menarik pasien.

Ketidakcocokan dengan Kebutuhan Pasien

Jika klinik tidak menyediakan layanan atau spesialisasi yang sesuai dengan kebutuhan pasien, mereka mungkin mencari tempat lain yang dapat memberikan perawatan yang mereka butuhkan.

Masalah Infrastruktur dan Fasilitas

Fasilitas yang kurang baik atau tidak memadai dapat membuat pasien merasa tidak nyaman atau ragu untuk datang ke klinik.

Harga yang Tidak Bersaing

Jika harga pelayanan di klinik dianggap terlalu tinggi dibandingkan dengan pesaing, pasien mungkin akan mencari alternatif yang lebih terjangkau.

Keterbatasan Layanan atau Waktu Operasional

Jika klinik hanya buka pada jam-jam tertentu atau tidak menyediakan layanan yang diinginkan oleh pasien, ini dapat menyebabkan penurunan kunjungan.

Krisis atau Situasi Tidak Terduga

Krisis kesehatan masyarakat atau situasi tidak terduga lainnya, seperti pandemi, dapat menyebabkan penurunan kunjungan pasien karena ketidakpastian dan keterbatasan akses.

Reputasi Buruk

Jejak rekam atau reputasi buruk klinik dapat menghambat pasien untuk berkunjung.

Untuk mengatasi masalah sepi, klinik perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap faktor-faktor di atas dan berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan, visibilitas, dan kepercayaan pasien.

Klinik sudah Baik, tapi kenapa masih sepi?

Meskipun klinik Anda sudah dalam kondisi baik, masih ada beberapa alasan mengapa klinik tersebut mungkin masih sepi. Berikut beberapa faktor yang bisa memengaruhi:

Lokasi

Lokasi klinik sangat penting untuk menarik pasien. Jika klinik Anda terletak di daerah yang kurang terlihat atau sulit diakses, orang mungkin enggan datang, terutama jika ada klinik lain yang lebih dekat atau lebih mudah dijangkau.

Pemasaran

Mungkin saja kurangnya pasien disebabkan oleh kurangnya upaya dalam hal pemasaran. Anda perlu memastikan bahwa klinik Anda memiliki strategi pemasaran yang efektif, termasuk media sosial, situs web, brosur, atau bahkan iklan di surat kabar lokal.

Reputasi

Reputasi klinik dapat memengaruhi apakah orang merasa nyaman datang ke sana. Jika ada ulasan negatif atau cerita buruk yang beredar, hal ini dapat membuat potensi pasien enggan datang.

Pelayanan Pelanggan

Pengalaman pasien sangat penting. Jika pasien merasa tidak puas dengan layanan yang mereka terima sebelumnya, mereka mungkin tidak akan kembali atau merekomendasikan klinik Anda kepada orang lain.

Biaya

Biaya perawatan di klinik Anda juga dapat memengaruhi jumlah pasien. Jika biaya terlalu tinggi dibandingkan dengan klinik lain di sekitar Anda, orang mungkin akan mencari alternatif yang lebih terjangkau.

Spesialisasi dan Layanan

Jika klinik Anda tidak menawarkan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitarnya atau jika spesialisasi yang ditawarkan tidak sesuai dengan permintaan, maka hal ini dapat menyebabkan sepi pengunjung.

Kompetisi

Jika ada klinik lain di dekat Anda yang menawarkan layanan yang serupa, kompetisi dapat menjadi faktor yang memengaruhi seberapa banyak pasien yang datang ke klinik Anda.

Waktu Operasional

Jam operasional yang tidak nyaman bagi banyak orang juga bisa menjadi hambatan. Pastikan jam operasional klinik cocok dengan jadwal mayoritas pasien potensial Anda.

Fasilitas dan Peralatan

Kekurangan peralatan atau fasilitas yang memadai dapat membuat pasien ragu untuk datang ke klinik Anda, terutama jika mereka merasa bahwa layanan yang mereka butuhkan tidak akan tersedia.

Promosi Kesehatan

Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perawatan kesehatan preventif dan rutin dapat membantu meningkatkan kesadaran dan mendorong orang untuk berkunjung ke klinik Anda.

Situs Web dan Praktik Online

Di era digital, memiliki situs web yang informatif dan mudah digunakan, serta kemungkinan untuk membuat janji online, bisa menjadi daya tarik lebih bagi pasien.

Kerjasama dengan Asuransi Kesehatan

Jika klinik Anda bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan, ini bisa membuat akses pasien menjadi lebih mudah dan menarik bagi mereka yang memiliki asuransi.

Menganalisis faktor-faktor di atas dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin menyebabkan klinik tetap sepi meskipun dalam kondisi baik.

Dengan mengevaluasi dan mengatasi masalah ini, Anda bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan jumlah pasien dan kesuksesan klinik Anda.

Ditunjang dengan Aplikasi Klinik

Aplikasi untuk klinik dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kegiatan dan keterlibatan pasien, serta meningkatkan efisiensi operasional.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar aplikasi membantu klinik agar lebih ramai:

Pendaftaran dan Janji Online

Aplikasi dapat memungkinkan pasien untuk mendaftar dan membuat janji secara online. Ini akan membuat proses pendaftaran lebih mudah dan memungkinkan pasien memilih waktu yang paling sesuai untuk mereka.

Notifikasi dan Pengingat

Aplikasi dapat mengirimkan pengingat kepada pasien tentang janji, perawatan berikutnya, atau pemberitahuan penting lainnya. Ini membantu mengurangi jumlah pasien yang lupa atau melewatkan janji.

Histori Medis Elektronik

Aplikasi dapat memberikan akses ke catatan medis pasien secara elektronik, memudahkan klinik dalam melacak riwayat medis, diagnosis sebelumnya, dan rencana perawatan.

Konsultasi Jarak Jauh

Dalam situasi tertentu, aplikasi dapat memungkinkan klinik untuk melakukan konsultasi medis jarak jauh dengan pasien melalui video atau obrolan, meningkatkan aksesibilitas untuk mereka yang sulit datang langsung.

Edukasi Pasien

Aplikasi dapat menyediakan informasi kesehatan, panduan perawatan pasca-rawat, serta tips kesehatan kepada pasien, meningkatkan pemahaman mereka tentang kondisi mereka dan perawatan yang diperlukan.

Pembayaran Online

Pasien dapat melakukan pembayaran atau klaim asuransi melalui aplikasi, mengurangi antrian di meja penerimaan dan memudahkan proses administratif.

Umpan Balik Pasien

Aplikasi dapat memungkinkan pasien memberikan umpan balik tentang pengalaman mereka, membantu klinik dalam meningkatkan kualitas layanan.

Promosi dan Penawaran Khusus

Klinik dapat mengirimkan penawaran khusus atau promosi melalui aplikasi kepada pasien, mendorong mereka untuk datang dan memanfaatkan layanan.

Monitor Kesehatan Mandiri

Aplikasi dapat mendukung pasien dalam memantau kondisi kesehatan mereka sendiri, seperti pengukuran tekanan darah, kadar gula darah, atau berat badan.

Berbagi Hasil Uji

Aplikasi dapat digunakan untuk berbagi hasil uji laboratorium atau pencitraan medis kepada pasien secara aman dan efisien.

Resep dan Pengingat Obat

Klinik dapat menggunakan aplikasi untuk mengirimkan resep dan pengingat obat kepada pasien, memastikan kepatuhan mereka terhadap rencana pengobatan.

Kampanye Kesehatan

Melalui aplikasi, klinik dapat menyelenggarakan kampanye kesehatan, seperti vaksinasi massal atau pemeriksaan kesehatan tertentu, dan memberi tahu pasien tentang acara tersebut.

Komersialisasi Produk

Jika klinik menjual produk kesehatan tertentu, aplikasi dapat menjadi platform untuk memasarkan dan menjual produk tersebut kepada pasien.

Dengan memberikan nilai tambah kepada pasien melalui aplikasi, klinik Anda dapat meningkatkan keterlibatan pasien, meningkatkan efisiensi, dan pada akhirnya, membantu mengisi jadwal klinik dengan lebih banyak pasien.

Bacaan Lainnya

Manfaat Daftar Titip Kamar Rawat Inap untuk Pasien
Tips
Klinik
Teori
Manfaat Daftar Titip Kamar Rawat Inap untuk Pasien
Diterbitkan: 15 February 2023 12:47
Cara Meningkatkan Brand Awareness Klinik Anda
Klinik
Cara Meningkatkan Brand Awareness Klinik Anda
Diterbitkan: 12 June 2023 09:44
Cara Menjadikan Klinik sebagai Prioritas Utama Pasien
Klinik
Cara Menjadikan Klinik sebagai Prioritas Utama Pasien
Diterbitkan: 17 July 2023 03:52
Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.
  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Rekam medis elektronik untuk Fasyankes, terintegrasi satusehat, bridging BPJS PCARE dan antrean online mobile JKN, akreditasi paripurna dengan mejadokter