ARTIKEL

Harga dan Spesifikasi Tensimeter Manual dan Digital untuk Klinik

🕐 Baca 7 menit

Tensimeter atau yang punya nama lain sfigmomanometer ini adalah alat yang biasa digunakan untuk memeriksa tekanan darah. Alat ini sangat wajib untuk ada di dalam klinik.

Bahkan tidak jarang juga orang yang mempunyai concert khusus terhadap tekanan darah. Maklum saja karena penggunaan alatnya yang sangat mudah serta dapat dilakukan dengan aman oleh siapa saja.

Pemeriksaan tekanan darah secara teratur biasanya akan dibutuhkan bagi penderita penyakit tertentu, misalnya seperti hipertensi dan penyakit ginjal.

CARA MEMILIH TENSIMETER

Pemeriksaan tekanan darah biasanya akan berkaitan dengan seberapa akurat dari hasil alat tensimeter tersebut. Oleh karena itu harus dipilih secara tepat ya!

Berikut ini adalah sejumlah tips untuk memilih alat tensimeter yang baik:

1. Jenis Tensimeter

Ada banyak jenis tensimeter yang dijual secara bebas di toko alat kesehatan, apotek ataupun toko online. Saat ini yang paling umum adalah tensimeter manual dan tensimeter digital.

Tensimeter manual biasanya akan terdiri dari meteran penunjuk tekanan darah, balon pompa, serta selang yang terhubung dengan manset.

Menggunakan tensimeter yang manual cukup menyulitkan jika dilakukan oleh orang yang masih awam. Oleh karena itu jarang dipakai oleh mereka yang bukan seorang petugas kesehatan.

Hal ini jauh berbeda dengan alat tensimeter yang sudah digital. Penggunaannya jauh lebih mudah serta praktis digunakan. Pada alat ini hanya akan ada manset yang terpasang di lengan, lalu Anda hanya perlu menekan tombol periksa.

Nantinya manset akan mengembang secara otomatis, lalu sensor yang ada di tensimeter digital bakal membaca tekanan darah dan terakhir, hasil tekanan darah akan muncul di layar.

2. Ukuran Manset

Ukuran manset biasanya menjadi permasalahan dalam pengukuran tekanan darah karena lingkar lengan pasien yang beragam. Kalau ukuran dari manset tidak sesuai, terutama saat lengan terlalu besar, maka hasil pengukuran akan menjadi sulit dilakukan.

Manset yang terlalu kecil atau ketat di lengan maka akan mengakibatkan pengukuran tekanan darah menjadi lebih tinggi. Begitu juga kalau untuk manset yang terlalu longgar maka pengukuran tekanan darahnya akan lebih rendah.

Namun biasanya kalau untuk manset yang terlalu longgar lebih mudah mengakalinya daripada saat manset yang terlalu ketat karena lengan besar.

Oh ya, perlu diketahui juga bahwa untuk ukuran anak kecil biasanya dibutuhkan ukuran manset khusus. Begitu juga dengan orang yang mungkin memiliki masalah obesitas hingga ukuran lengannya sangat besar. Anda bisa membelinya di toko kesehatan secara khusus.

3. Harga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk harga tensimeter berbeda-beda tergantung pada jenis, merek dan fitur yang ada. Sejumlah tensimeter punya harga yang lebih mahal karena mempunyai fitur tambahan yang dibutuhkan oleh pasien.

Tapi perlu diketahui juga bahwa tak semua pasien membutuhkan fitur-fitur tambahan dari tensimeter tersebut. Kebutuhan utama mereka biasanya hanya sebatas ingin mengetahui tekanan darah saja.

Cara Menggunakan Tensimeter untuk Orang Awam

Agar bisa mencegah kesalahan dalam mengukur tekanan darah dengan menggunakan tensimeter, maka Anda harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Menghindari kegiatan olahraga atau aktivitas fisik yang berat sektiar 30 menit sebelum diperiksa
  2. Selain itu juga sebaiknya tidak mengonsumsi kafein atau merokok selama 30 menit sebelum diperiksa
  3. Silakan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah dengan posisi duduk tegak sambil menyandar di kursi
  4. Melipat atau menggeser kain pada lengan, usahakan manset langsung terlilit pada kulit tanpa pelapis apapun agar mendapat hasil akurat
  5. Ketika memeriksa secara berkala, pastikan memeriksanya pada jam dan kondisi yang serupa
  6. Kalibrasi ulang baiknya dilakukan 1 tahun sekali

Kalau hasil tekanan darah berbeda dari biasanya, istirahat sebentar selama 20 menit, lalu periksa ulang

Perbedaan Hasil antara Tensimeter Manual dan Digital

Jika secara umum, tidak ada perbedaan yang signifikan atas hasil bacaan dari tensimeter manual ataupun digital. Hasilnya kurang lebih sama saja.

Namun biasanya untuk dokter akan merekomendasikan pasien agar memilih tensimeter yang digital lantaran tak membutuhkan keahlian khusus.

Tensimeter digital dapat digunakan dengan sangat mudah dan praktis dipakai oleh pasien di rumah. Namun, tetap saja untuk tensimeter baiknya digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jenis dan Harga Tensimeter

Tensimeter
Tensimeter

1. Mediatech

Sudah dilengkapi dengan suara saat hasil tekanan darah dapat dilihat. Dipakai secara otomatis BPA 01v - B460060

Rp169 ribu | BELI

2. Sinocare BA-801

Untuk bahasa sudah menggunakan bahasa Indonesia. Dilengkapi dengan 4 baterai tipe AA serta bisa menggunakan AC Adaptor khusus BA-801 sebagai pengganti baterai. Tapi ini terjual terpisah ya!

Rp171 ribu | BELI

3. Tensimeter Portable

Untuk penggunaannya sangat mudah, cukup pasang alat di pergelangan tangan, lalu nyalakan. Beberapa saat, hasil pun akan keluar dengan akurat.

Menggunakan bahan kain khusus yang tak mengandung kuman penyakit sehingga dapat dipakai secara terus menerus.

Untuk mode tampilannya sudah lcd digital, powernya menggunakan 3w/6v dengan ukuran 118 x 95 x 65 mm.

Rp156 ribu | BELI

4. Aneroid Onemed

Alat ukur tekanan darah dengan jarum OneMed 200 yang sifatnya masih manual dengan harga terjangkau. Tensimeter jenis ini cocok dipakai oleh segala kalangan tenaga medis, mulai dari bidan, perawat, dokter ataupun hanya mahasiswa kedokteran.

Mempunyai pengait pada manometer hingga dapat dikaitkan pada manset. Untuk mansetnya sendiri sudah menggunakan bahan nilon serta pakai valero sebagai pengait agar mudah dipasang dan dilepas.

Rp78 ribu | BELI

Oke setelah mengetahui tentang tensimeter, sekarang kita akan sedikit bahas mengenai aplikasi yang wajib dimiliki oleh klinik ya. Silakan simak penjelasannya di bawah ini:

Alasan Kenapa Klinik harus pakai Aplikasi

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Berapa Harga Aplikasi Klinik

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Daftar Sarung Tangan Medis Terbaik Lengkap Harga
Alat Kesehatan
Daftar Sarung Tangan Medis Terbaik Lengkap Harga
Daftar Merek Pulse Oximeter Terbaik saat ini
Alat Kesehatan
Daftar Merek Pulse Oximeter Terbaik saat ini
Fungsi Alat Pulse Oximeter, Cara Memilih biar tidak salah
Alat Kesehatan
Fungsi Alat Pulse Oximeter, Cara Memilih biar tidak salah

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.