ARTIKEL

Kebutuhan Klinik Jaman sekarang yang Harus Dipenuhi

🕐 Baca 7 menit📅 25 January 2023 10:46

Klinik adalah tempat dimana dokter atau profesional kesehatan lainnya memberikan pelayanan medis atau perawatan kesehatan kepada pasien. Klinik bisa dibedakan menjadi berbagai jenis, seperti klinik keluarga, klinik spesialis, klinik kesehatan kerja, dan lain-lain.

Klinik dapat beroperasi di rumah sakit atau di luar rumah sakit, dan dapat dikelola oleh pemerintah atau swasta.

Selain itu, klinik juga dapat menyediakan berbagai layanan kesehatan, seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, pengobatan, dan perawatan. Klinik juga dapat memiliki fasilitas tambahan seperti ruang tunggu, ruang perawatan, dan peralatan medis. Beberapa klinik juga dapat menyediakan layanan konsultasi dengan dokter spesialis dalam bidang tertentu, seperti kardiologi, neurologi, atau onkologi.

Dalam beberapa kasus, klinik dapat menyediakan layanan gratis atau dengan biaya yang relatif rendah bagi pasien yang tidak mampu. Namun, di beberapa negara atau wilayah, klinik swasta dapat mengenakan biaya yang lebih tinggi.

Secara umum, klinik merupakan bagian penting dari sistem kesehatan masyarakat, karena memungkinkan akses yang mudah dan cepat bagi pasien untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.

Apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mendatangi klinik?

Anda bisa mendapatkan layanan medis yang diberikan oleh dokter atau perawat di klinik. Pelayanan ini biasanya meliputi diagnosis dan perawatan penyakit, pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, dan konsultasi medis. Klinik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti klinik umum, klinik spesialis, dan klinik swasta atau pemerintah. Pelayanan klinik umumnya dapat diakses dengan mudah dan terjangkau oleh masyarakat.

Klinik merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan perawatan medis dari dokter atau profesional kesehatan lainnya. Kemudian klinik juga bisa memberikan fasilitas untuk memeriksakan kondisi kesehatan pasien, seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan diagnostik lainnya.

Klinik juga bisa memberi saran dan konsultasi bagi pasien yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Pelayanan klinik hingga pemberian obat kepada pasien.

APA SAJA YANG DIBUTUHKAN KLINIK JAMAN SEKARANG?

Untuk menarik pasien ke klinik, beberapa hal yang harus disediakan oleh klinik meliputi:

1. Tenaga Medis

Tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman, seperti dokter dan perawat yang terlatih dan memiliki sertifikat yang diakui.

Sebagai tenaga medis yang baik harus memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan yang sesuai dan memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang yang ditekuni. Kemudian juga harus memiliki etika profesional yang baik dan kompeten dalam memberikan pelayanan medis.

Bersedia mendengarkan dan memahami pasien dan memahami kondisi pasien secara keseluruhan. Selain itu juga wajib memperlakukan pasien dengan ramah dan sopan, dan selalu berusaha untuk membuat pasien merasa nyaman.

Tenaga medis harus terbuka dan transparan dalam memberikan informasi kepada pasien mengenai diagnosis, pengobatan, dan prospek kondisi pasien. Respon harus cepat terhadap kebutuhan pasien dan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Walaupun sudah punya banyak pengetahhuan, tapi tenaga medis harus juga selalu belajar dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang yang ditekuni, untuk memberikan layanan yang selalu up to date dan terbaik bagi pasien.

2. Fasilitas Klinik

Fasilitas medis yang memadai dan modern, seperti peralatan diagnostik yang up-to-date dan ruang perawatan yang bersih dan nyaman.

Adapun untuk sejumlah fasilitas medis klinik yang baik meliputi:

  • Peralatan diagnostik yang modern dan up-to-date, seperti mesin CT-Scan, MRI, USG, dan alat laboratorium yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kondisi pasien
  • Ruang perawatan yang bersih, nyaman, dan memenuhi standar kesehatan, seperti ruang tunggu yang cukup luas, ruang periksa yang cukup privasi, dan kamar mandi yang bersih dan memenuhi standar sanitasi
  • Sistem air bersih dan listrik yang stabil, seperti sistem pengolahan air dan generator cadangan untuk memastikan kontinuitas pelayanan
  • Sistem ventilasi yang baik dan cukup cahaya alami, seperti sistem penyaringan udara yang baik dan jendela yang cukup besar untuk menjamin kualitas udara dan cahaya yang baik di dalam klinik
  • Sistem keamanan yang baik, seperti sistem pengamanan fisik dan sistem keamanan data pasien yang baik dan aman
  • Sistem informasi yang baik dan up-to-date, seperti sistem pemantauan kondisi pasien secara real-time dan sistem pengelolaan data pasien yang baik dan aman
  • Manajemen pelayanan yang efisien, seperti sistem pendaftaran yang mudah dan waktu tunggu yang minimal
  • Metode pembayaran yang mudah dan terjangkau, seperti fasilitas pembayaran kartu kredit, debit, atau e-wallet
  • Sistem pendidikan yang baik, seperti kursus kesehatan dan pelatihan untuk pasien dan staf klinik
  • Cara bekerjasama yang baik dengan rumah sakit atau klinik lain untuk mendukung dalam hal referral pasien

3. Waktu Pelayanan

Sistem pelayanan yang efisien dan cepat, seperti sistem pendaftaran yang mudah dan waktu tunggu yang minimal.

Waktu pelayanan klinik cepat dapat dicapai melalui beberapa cara, misalnya seperti dengan menggunakan sistem antrian elektronik, pasien dapat mendaftar secara online atau melalui telepon sebelum datang ke klinik, sehingga waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan akan lebih cepat.

Klinik dapat menggunakan sistem pemanggilan pasien untuk memanggil pasien ke ruangan dokter atau perawat, sehingga waktu tunggu akan lebih cepat. Menyediakan sistem booking online, sehingga pasien dapat membuat janji temu dengan dokter atau perawat dengan cepat dan mudah.

Memiliki tim yang efisien dan terlatih, yang dapat menangani berbagai masalah dengan cepat dan efisien. Mengatur jadwal konsultasi dengan baik, sehingga pasien dapat mendapatkan pelayanan dengan cepat dan tanpa harus menunggu lama.

Menggunakan teknologi modern seperti Electronic Medical Record (EMR) dan peralatan medis yang mutakhir untuk mempercepat proses pelayanan.

Layanan konsultasi telemedicine yang memungkinkan pasien untuk mengonsultasikan kondisinya dengan dokter tanpa harus datang ke klinik.

4. Harga Terjangkau

Harga yang wajar dan terjangkau, seperti tarif konsultasi dan perawatan yang masuk akal dan dapat diterima oleh masyarakat.

Untuk membuat biaya klinik terjangkau bagi pasien, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

  • Menyediakan paket perawatan atau biaya konsultasi yang dapat diterima oleh masyarakat, seperti tarif konsultasi yang sesuai dengan standar yang berlaku di wilayah tersebut
  • Menyediakan fasilitas pembayaran yang fleksibel, seperti cicilan atau keringanan biaya untuk pasien yang kurang mampu
  • Menyediakan fasilitas asuransi kesehatan atau program kerjasama dengan perusahaan asuransi untuk membantu pasien dalam menanggung biaya perawatan
  • Membuat sistem pengelolaan biaya yang efisien dan transparan, seperti mengendalikan biaya operasional dan biaya administrasi yang rendah
  • Membuat sistem pengelolaan data pasien yang baik dan aman, seperti electronic medical record (EMR) yang dapat mengoptimalkan proses perawatan dan mengurangi biaya
  • Menyediakan pelayanan yang baik dan efisien, seperti sistem pendaftaran yang mudah dan waktu tunggu yang minimal
  • Menerapkan sistem kerjasama dengan rumah sakit atau klinik lain untuk mendukung dalam hal referral pasien
  • Menyediakan promosi atau diskon pada waktu-waktu tertentu
  • Menyediakan pelayanan telemedicine atau konsultasi melalui telepon atau video call untuk mengurangi biaya transportasi pasien

5. Pelayanan Prima

Pelayanan yang baik dan ramah, seperti staf yang sopan dan membantu serta memberikan informasi yang jelas dan tepat.

Pelayanan klinik yang ramah sangat penting karena dapat mempengaruhi kualitas pelayanan yang diterima pasien dan kepuasan pasien terhadap klinik. Pelayanan klinik yang ramah dapat membuat pasien merasa nyaman dan tidak takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau perawat.

Membangun kepercayaan pasien terhadap dokter dan perawat, sehingga pasien akan lebih mau menerima saran dan pengobatan yang diberikan. Meningkatkan kepuasan pasien dengan klinik, sehingga pasien akan lebih cenderung untuk kembali ke klinik tersebut di masa yang akan datang.

Pelayanan klinik yang ramah juga bisa meningkatkan reputasi klinik, sehingga klinik akan lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Meningkatkan efisiensi klinik, karena pasien yang merasa nyaman akan lebih cepat selesai dalam proses pelayanan.

Membuat kualitas pelayanan klinik menjadi lebih baik, karena pasien yang merasa nyaman akan lebih mudah untuk mengungkapkan masalah kesehatannya dan memperoleh solusi yang tepat. Bisa menjaga pasien setia klinik dan meningkatkan loyalitas pasien.

6. Promosi

Promosi dan iklan yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian masyarakat.

Untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian masyarakat, beberapa cara promosi yang dapat dilakukan oleh klinik meliputi:

  • Media sosial yaitu dengan menggunakan sosmed seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk membuat akun klinik dan menyebarluaskan informasi tentang layanan yang ditawarkan, jadwal dokter, harga, dan lainnya
  • Menempatkan iklan di media cetak seperti surat kabar atau majalah, atau di media elektronik seperti televisi atau radio
  • Menyebarluaskan brosur dan flyer yang berisi informasi tentang klinik dan layanan yang ditawarkan
  • Menyelenggarakan event seperti open house, seminar kesehatan, atau pameran kesehatan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian masyarakat
  • Mengajak pasien yang sudah pernah datang ke klinik untuk merekomendasikan klinik tersebut kepada teman atau keluarga mereka
  • Optimisasi website klinik dengan menggunakan SEO (search engine optimization) untuk memudahkan masyarakat menemukan klinik dalam mesin pencarian
  • Menjalin kerjasama dengan perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan dukungan dalam hal promosi dan pemasaran
  • Menempatkan iklan di media online seperti Google Adwords atau Facebook Ads
  • Membuat pelayanan yang baik dan sesuai dengan harapan pasien akan meningkatkan reputasi klinik dan word-of-mouth yang positif

7. Reservasi

Kemudahan reservasi dan pembayaran di klinik sangat penting karena dapat membuat proses pelayanan lebih cepat dan efisien serta memudahkan pasien dalam mengatur jadwal konsultasi. Beberapa cara untuk menyediakan kemudahan reservasi dan pembayaran di klinik adalah:

a. Menyediakan sistem booking online, sehingga pasien dapat membuat janji temu dengan dokter atau perawat dengan cepat dan mudah

b. Membuka sistem pembayaran online, sehingga pasien dapat melakukan pembayaran biaya konsultasi atau pengobatan secara online

c. Memberikan layanan konsultasi telemedicine yang memungkinkan pasien untuk mengonsultasikan kondisinya dengan dokter tanpa harus datang ke klinik dan juga dapat dilakukan pembayaran online

d. Mengadakan sistem reminder, sehingga pasien akan menerima pengingat mengenai jadwal konsultasi dan juga pembayaran yang harus dilakukan

e. Menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit sebagai alternatif pembayaran yang mudah dan cepat

f. Menyediakan layanan customer service yang dapat dihubungi melalui telepon, email atau chat untuk membantu pasien dalam proses reservasi dan pembayaran

g. Membuat fasilitas pembayaran dengan sistem UHC atau BPJS untuk memudahkan pasien yang memiliki asuransi kesehatan

8. Pengolahan Data

Pengolahan data pasien meliputi berbagai aktivitas yang dilakukan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyediakan akses ke data pasien yang dibutuhkan oleh dokter, perawat, atau staf klinik. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola data pasien di klinik meliputi:

  • Menggunakan sistem Electronic Medical Record (EMR) untuk menyimpan data pasien secara elektronik, seperti riwayat kesehatan, hasil lab, dan catatan perawatan
  • Membuat sistem yang dapat digunakan untuk menyimpan data pasien secara aman dan terintegrasi dengan sistem lain seperti sistem pembayaran atau sistem asuransi kesehatan
  • Menyediakan akses ke data pasien hanya untuk dokter, perawat, atau staf klinik yang berwenang saja
  • Melakukan backup data secara berkala untuk menjamin kontinuitas pelayanan dan menghindari kehilangan data
  • Melakukan audit secara berkala untuk memastikan bahwa data pasien yang disimpan sesuai dengan standar kualitas dan keamanan yang ditentukan
  • Membuat sistem monitoring yang dapat digunakan untuk memantau aktivitas yang dilakukan oleh staf klinik terkait data pasien
  • Membangun sistem komunikasi yang dapat digunakan untuk mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan kepada pasien terkait perawatan atau kondisi kesehatannya
  • Memastikan klinik memenuhi regulasi yang berlaku dalam pengelolaan data pasien, seperti kebijakan privasi HIPAA (Health Insurance Portability and Accountability Act) di Amerika Serikat

Dari sejumlah paparan di atas, teknologi menjadi salah satu faktor penting yang sangat dibutuhkan oleh pasien untuk datang ke klinik Anda. Jadi, Anda harus memastikan klinik Anda sudah masuk ke dalam Klinik Modern.

Bacaan Lainnya

Kebutuhan Klinik Jaman sekarang yang Harus Dipenuhi
Teori
Tips
Kebutuhan Klinik Jaman sekarang yang Harus Dipenuhi
Diterbitkan: 25 January 2023 10:46
10 Alasan Umum Kenapa Dokter Disukai dan Dibenci Pasien
Tips
10 Alasan Umum Kenapa Dokter Disukai dan Dibenci Pasien
Diterbitkan: 26 January 2023 09:33
Kebutuhan untuk Klinik Modern bagi Pasien
Teori
Kebutuhan untuk Klinik Modern bagi Pasien
Diterbitkan: 24 January 2023 15:33

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.