ARTIKEL

10 Alasan Umum Kenapa Dokter Disukai dan Dibenci Pasien

🕐 Baca 5 menit📅 26 January 2023 09:33

Dokter adalah profesi yang sangat penting dalam masyarakat karena mereka bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Namun, tidak semua dokter dihargai atau disukai oleh pasien mereka. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang dokter untuk membuat pasien merasa nyaman dan percaya pada mereka.

1. Keramahan

Dokter harus bisa melakukan interaksi dengan pasien dengan ramah dan sopan. Ini akan membuat pasien merasa nyaman dan merasa dihargai. Dokter juga harus selalu memberikan jawaban yang jelas dan sederhana pada pertanyaan pasien, sehingga pasien dapat memahami kondisi kesehatannya dengan baik.

2. Komunikasi

Penting sekali bagi seorang dokter untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pasien. Ini termasuk memberikan pembaruan tentang kondisi kesehatan pasien dan menjawab pertanyaan pasien dengan cepat dan tepat. Dokter juga harus selalu memberikan arahan yang jelas dan mudah dipahami tentang perawatan pasien.

3. Empati

Ini juga salah satu yang penting, yaitu menunjukkan empati terhadap pasien. Ini termasuk mendengarkan dengan seksama keluhan pasien dan memberikan dukungan emosional yang dibutuhkan pasien. Dokter juga harus selalu memberikan saran yang bermanfaat dan dapat diandalkan kepada pasien.

4. Profesional

Pasien akan sangat menghargai dokter yang profesional. Dokter harus selalu menjaga profesionalisme. Ini termasuk selalu menjaga kerahasiaan pasien, selalu menjaga standar hygiene yang baik, dan selalu mengikuti peraturan dan perundangan yang berlaku.

5. Kualitas Pelayanan

Bukan hanya staf dan atau perawat, sebagai seorang dokter, Anda juga harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Ini termasuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan yang terus-menerus, selalu menjaga kualitas peralatan dan perawatan yang baik, dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

6. Penanganan Personal

Kalau memang bisa, Anda harus selalu memberikan perawatan yang individual dan komprehensif. Setiap pasien memiliki kondisi kesehatan yang berbeda dan dokter harus mengambil waktu untuk mengevaluasi kondisi pasien secara keseluruhan dan memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Dokter harus menghormati preferensi pasien dan bekerja sama dengan pasien untuk menentukan rencana perawatan yang tepat.

7. Standar Perawatan

Dokter wajib memberikan perawatan yang aman dan efektif. Dokter harus mengikuti standar perawatan yang ditentukan oleh organisasi kesehatan dan mengevaluasi efektivitas perawatan yang diberikan. Dokter juga harus mengidentifikasi dan mengatasi risiko potensial pada pasien.

8. Optimalisasi

Sebagai seorang dokter, Anda juga wajib memberikan perawatan yang efisien. Dokter harus mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia dan menghindari tindakan yang tidak perlu atau tidak efektif. Dokter juga harus mengidentifikasi dan mengatasi masalah biaya pada pasien.

9. Penanganan Berdasar

Mirip seperti profesional, tapi mungkin yang ini sedikit berbeda, yaitu dokter harus memberi perawatan yang berbasis ilmu pengetahuan. Dokter harus selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan yang terus-menerus dan menggunakan hasil penelitian terbaru dalam praktik klinis.

10. Continue

Ada sejumlah dokter yang terkadang juga lalai dalam hal ini, yaitu memberi perawatan yang berkelanjutan. Dokter harus menyediakan perawatan yang berkelanjutan bagi pasien setelah mereka keluar dari perawatan di rumah sakit atau klinik. Dokter juga harus menyediakan dukungan untuk pasien yang menderita kondisi kronis dan menyediakan perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pasien.

Secara keseluruhan, agar seorang dokter disukai oleh pasien, mereka harus selalu memberikan perawatan yang individual dan komprehensif, aman dan efektif, efisien, berbasis ilmu pengetahuan, dan berkelanjutan. Dengan melakukan hal-hal ini, dokter dapat membuat pasien merasa aman dan percaya pada perawatan yang diterima dan membuat pasien merasa nyaman dan dihargai.

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa pandangan lain yang dapat dilakukan oleh seorang dokter agar disukai oleh pasien.

Sebagai contoh, dokter harus selalu tersedia untuk pasien dan memberikan perawatan yang cepat. Ini termasuk menjawab telepon dan email pasien dengan cepat, dan menyediakan perawatan darurat dengan cepat.

Dokter juga harus selalu memperlakukan pasien dengan hormat dan menghormati privasi pasien. Dokter harus selalu menjaga kerahasiaan pasien dan memberikan perawatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika medis.

Kemudian juga, dokter harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Ini termasuk memberikan edukasi kesehatan yang bermanfaat dan memberikan dukungan untuk pasien yang menderita kondisi kronis.

Terakhir, dokter harus selalu memberikan perawatan yang sesuai dengan standar medis yang ditentukan oleh organisasi kesehatan dan mengikuti peraturan dan perundangan yang berlaku.

Kalau diambil garis besarnya, agar seorang dokter disukai oleh pasien, mereka harus selalu tersedia, memperlakukan pasien dengan hormat, berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, dan selalu memberikan perawatan yang sesuai dengan standar medis yang ditentukan oleh organisasi kesehatan. Dokter juga harus berusaha untuk membuat pasien merasa nyaman dan dihargai serta menjaga kerahasiaan pasien.

Selain itu, dokter harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan memberikan edukasi kesehatan yang bermanfaat dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk pasien yang menderita kondisi kronis.

Dokter harus memperlakukan pasien dengan empati dan menjalin hubungan baik dengan pasien. Ini akan membuat pasien merasa diperhatikan dan merasa nyaman dengan perawatan yang diterima.

Kalau menelisik lebih dalam lagi, Mejadokter sangat menganggap penting topik ini karena juga berkaitan dengan keselamatan pasien. Ada beberapa pandangan lain yang dapat dilakukan oleh seorang dokter agar disukai oleh pasien.

Salah satunya adalah dokter harus selalu memperlakukan pasien dengan profesionalisme dan menjaga integritas profesional. Dokter wajib selalu bertindak dalam keselamatan pasien dan memberikan perawatan yang berkualitas. Dokter harus selalu menjaga profesionalisme dan tidak bertindak dalam kepentingan pribadi.

Selanjutnya, dokter harus selalu berkomunikasi dengan pasien dengan jelas dan dapat dimengerti. Menjelaskan kondisi pasien dengan jelas dan memberikan instruksi yang jelas tentang perawatan yang diberikan. Selalu siap untuk menjawab pertanyaan pasien dan menjelaskan prosedur yang akan dilakukan.

Jadi sekarang sudah jelas, agar seorang dokter disukai oleh pasien, mereka harus selalu menunjukkan profesionalisme, berkomunikasi dengan jelas, menunjukkan empati dan kasih sayang, memperhatikan kualitas pelayanan, dan selalu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mereka. Dengan melakukan hal-hal tersebut, dokter dapat membuat pasien merasa diperhatikan dan merasa nyaman dengan perawatan yang diterima.

Hal yang harus Dihindari oleh Dokter

Dokter yang dibenci oleh pasien dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Beberapa alasan yang umum ditemukan adalah kurangnya empati, kurangnya komunikasi yang efektif, kurangnya keterampilan bedah, dan kurangnya profesionalisme.

Kurangnya empati dapat menyebabkan pasien merasa tidak dihargai atau tidak diperhatikan. Dokter yang kurang empati seringkali tidak memberikan perhatian yang cukup pada pasien, tidak menjawab pertanyaan pasien dengan baik, atau bahkan tidak menunjukkan kesedihan atau simpati saat pasien mengalami kesulitan. Ini dapat menyebabkan pasien merasa tidak diperhatikan dan tidak dihargai.

Tidak memiliki komunikasi yang efektif dapat menyebabkan pasien merasa kesulitan untuk memahami kondisi atau perawatan yang diterimanya. Dokter yang tidak dapat menjelaskan dengan jelas kondisi pasien atau perawatan yang diberikan, atau bahkan menggunakan bahasa medis yang sulit dipahami, dapat menyebabkan pasien merasa tidak yakin atau bahkan takut dengan perawatan yang diterimanya.

Jika ada informasi tentang kurangnya keterampilan bedah dapat menyebabkan pasien merasa khawatir tentang hasil perawatan yang diterimanya. Dokter yang tidak memiliki keterampilan yang cukup dalam melakukan prosedur bedah atau intervensi medis dapat menyebabkan pasien merasa khawatir tentang hasil perawatannya. Pasien dapat merasa tidak percaya diri dengan dokter yang tidak memiliki keterampilan yang diharapkan dalam melakukan perawatan tertentu.

Tingkat profesionalisme seorang dokter dapat menyebabkan pasien merasa tidak nyaman atau tidak dipercayai. Dokter yang tidak profesional dapat terlambat untuk janji temu, tidak menepati janji, atau bahkan melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan etika medis. Ini dapat menyebabkan pasien merasa tidak dipercayai atau tidak nyaman dengan dokter tersebut.

Dokter yang dibenci oleh pasien dapat menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan pasien dan kelangsungan praktik medis dokter tersebut. Ini penting bagi dokter untuk selalu menjaga empati, komunikasi yang efektif, keterampilan bedah yang baik, dan profesionalisme dalam melakukan perawatan pasien.

Selain alasan-alasan di atas, ada beberapa pandangan lain yang dapat menjelaskan mengapa seorang dokter dibenci oleh pasien. Beberapa pandangan tersebut adalah sebagai berikut:

Terlalu Sibuk

Oleh karena kegiatannya, terlalu sibuk dengan jadwal yang padat seringkali tidak memiliki waktu yang cukup untuk memberikan perhatian yang baik pada pasien. Pasien merasa diabaikan dan tidak diperhatikan.

Tidak Sabar

Tidak sabar seringkali tidak memberikan penjelasan yang cukup pada pasien, atau bahkan menjawab pertanyaan pasien dengan tidak sabar. Pasien merasa tidak dihargai dan tidak nyaman.

Tidak Ramah

Seringkali tidak memperlihatkan senyuman, atau bahkan berbicara dengan suara keras. Pasien merasa tidak nyaman dan tidak diperhatikan.

Terlalu Tegas

Dalam memberikan perintah dan tidak memperhatikan perasaan pasien. Pasien merasa tidak dihargai dan tidak diperhatikan.

Tidak Konsisten

Saat memberikan perawatan atau diagnosis. Pasien merasa tidak dipercayai dan tidak yakin tentang perawatannya.

Pandangan yang telah ditulis oleh Mejadokter di atas menunjukkan bahwa menjadi dokter yang baik bukan hanya tentang menguasai ilmu medis, tapi juga tentang bagaimana menjaga hubungan dengan pasien dengan baik. Dokter harus selalu berusaha untuk menjadi empati, sabar, ramah, profesional dan konsisten dalam melakukan perawatan pasien.

Bacaan Lainnya

Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Aplikasi Klinik
Tips
Poliklinik dan Jenis Pelayanan yang Diberikan
Diterbitkan: 06 February 2022 05:13
Prospek Kerja Teknik Biomedis di Masa Depan
Tips
Prospek Kerja Teknik Biomedis di Masa Depan
Diterbitkan: 28 November 2022 03:01
Cara agar menjadi Klinik Unggulan disukai Masyarakat
Tips
Cara agar menjadi Klinik Unggulan disukai Masyarakat
Diterbitkan: 25 January 2023 01:48

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.