ARTIKEL

21 Alat Kesehatan Medis yang Wajib Tersedia di Klinik Berstandar Baik

­čĽÉ Baca 11 menit

Klinik menjadi salah satu tempat fasilitas kesehatan yang sering dikunjungi oleh masyarakat selain puskesmas dan rumah sakit. Tentu saja alasannya karena fasilitasnya yang tak kalah bagus dengan rumah sakit, tetapi lokasi dekat dan harga terjangkau.

Namun untuk memiliki klinik yang berstandar tinggi bukanlah perkara mudah. Terdapat banyak sekali indikator yang harus dipenuhi agar klinik bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Mungkin sekarang kita tidak akan membahas terlalu banyak mengenai pelayanan secara rinci, melainkan tentang alat-alat kesehatan yang wajib dimiliki agar bisa membuat pasien bisa mendapatkan layanan kesehatan terbaik di klinik.

Alat Kesehatan yang Wajib Dimiliki Klinik Berstandar Baik

Untuk bisa menyatakan bahwa klinik tersebut sudah mempunyai standar baik, selain dari bangunan, pelayanan, tenaga medis, rasanya tidak kalah penting juga, yaitu alat-alat medis yang tersedia di klinik.

Lalu apa saja alat kesehatan yang wajib disediakan oleh klinik jika ingin mengklaim telah punya standar yang baik. Lihat di bawah ini!

1. Alat Cek Darah

Alat untuk memeriksa gula darah (asam urat dan kolestrol)
Alat untuk memeriksa gula darah (asam urat dan kolestrol)

Misalnya untuk mereka yang punya penyakit diabetes, maka sangat membutuhkan alat cek darah untuk mengetahui statusnya. Dengan begini, pasien tidak perlu pergi ke tempat lain untuk memeriksanya.

Tak hanya gula saja, tetapi alat cek darah ini juga diketahui dapat mengetahui asam urat dan kolestrol yang ada di dalam darah. Jadi, ini alat yang multi-fungsi ya!

2. Tensimeter

Alat Tensimeter
Alat Tensimeter

Tekanan darah juga menjadi salah satu ukuran yang menentukan untuk pemeriksaan kesehatan. Ada sejumlah faktor yang mampu mempengaruhi meningkatnya tekanan darah, misalnya seperti aktivitas berat, kafein, obat-obatan, stres, dan lainnya.

Tensimeter mempunyai fungsi untuk mengukur tekanan darah yang kemudian kita bisa mengetahuinya, apakah tekanan darah kita sedang normal atau tidak.

Biasanya sih untuk tekanan darah normal itu berkisa 100-130 mmHg untuk orang dewasa pada tekanna stiolik. Sedangkan untuk 60-90 mmHg untuk tekanan diastoliknya.

Tensimeter juga dibagi menjadi 3 macam lho, yaitu Air Raksa, Tensimeter Aneroid, dan Digital. Khusus untuk air raksa, sudah tidak digunakan karena berbahaya jika terkena kulit atau masuk ke saluran pernafasan.

3. Stetoskop

Stetoskop
Stetoskop

Stetoskop adalah instumen atau perlengkapan medis yang dipakai untuk mengirimkan suara dengan volume rendah, misalnya seperti detak jantung, suara usus, vena atau janin.

Alat ini terdiri dari dua penutup telinga yang dihubungkan lewat tubing fleksibel ke diafragma yang diletakkan pada kulit pasien. Rasanya alat stetoskop ini menjadi simbol profesi dokter ya, sering digunakan oleh anak-anak kecil juga kan.

4. Nebulizer

Nebulizer
Nebulizer

Nebulizer merupakan alat yang bisa membantu orang menghirup obat dalam bentuk uap (aerosol) lewat masker khusus. Nebulier akan memberi obat secara langsung ke saluran udara dan paru-paru, mencapai tindakan yang ditargetkan serta meminimalkan efek samping sistemik di dalam tubuh.

Nebulizer dapat digunakan untuk berbagai kondisi yang bisa mempengaruhi saluran udara dan paru-paru. Sejumlah penyakit paru-paru biasanya akan membutuhkan nebulizer untuk mengatasinya, sebut saja seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, bronkiektasis, fibrosis sistik dan lainnya.

5. Pulse Oximeter

Pulse Oximeter
Pulse Oximeter

Perangkat elektronik yang berukuran kecil tapi bisa mengukur saturasi atau kadar oksigen di dalam darah. Kadar oksigen yang normal biasanya berkisar antara 95 persen hingga 100 persen.

Kalau jumlah angkanya turun menjadi di bawah 95 persen, maka perlu diwaspadai. Biasanya akan juga ditandai dengan gejala lain seperti sesak nafas, gelisah, lemas, hingga kondisi memburuk.

Pulse Oximeter adalah alat tes yang sangat sederhana, tanpa rasa sakit dengan menggunakan sensor cahaya merah dan ditempatkan pada ujung jari atau daun telinga.

6. Humidifier

Humidifier (Air Purifier)
Humidifier (Air Purifier)

Pelembab Udara merupakan alat yang mempunyai fungsi untuk menambah kelembaban udara di dalam ruangan. Biasanya alat ini digunakan untuk klinik yang menggunakan AC.

Kelembaban udara yang ditambah bisa bermanfaat untuk orang yang mengalami masalah pada pernafasannya. Oleh karena itu, jika memang ada budgetnya, Anda bisa menyediakan Humidifier di klinik agar mendapatkan kesan plus dari para pasien.

JIka bukan Humidifier, Anda juga bisa menyediakan Air Purifier yang merupakan alat untuk membersihkan udara dengan cara menangkap partikel halus seperti debu, asap, polutan dan lainnya, kemudian mensirkulasikannya kembali udara bersih ke dalam ruangan.

Tapi untuk Air Purifier tidak menambah kelembaban udara seperti Humidifier.

7. Hot Water Bag

Hot Water Bag
Hot Water Bag

Sebuah produk medis yang berbahan dasar karet sintesis dan banyak direkomendasikan untuk tujuan memberikan kehangatan pada otot. Umumnya alat ini akan membantu meredakan nyeri, meringankan ketidaknyamanan lewat panas (hangat) lokal. Sebenarnya alat ini bisa dibilang sebagai cara tradisional ya.

8. Ice Bag

Ice Bag
Ice Bag

Kebalikan dari Hot Water Bag, alat yang satu ini dikhususkan untuk mengatasi rasa sakit, misalnya seperti memar, gejala panas, atau cidera saat berolahraga.

Kompres dengan es dingin dianggap sebagai salah satu pengobatan pertama yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit atau lebam yang didapatkan tubuh.

9. Sarung Tangan Medis

Sarung Tangan Medis
Sarung Tangan Medis

Alat pelindung diri yang dipakai oleh tenaga medis untuk menghindari terjadinya penyebaran infeksi atau penyakit selama perawatan pasien.

Sarung tangan medis menjadi salah satu bagian yang penting dalam strategi pengendalian infeksi. Ini sangat penting lho ya!

10. Masker Medis

Masker Medis
Masker Medis

Masker Medis merupakan produk kesehatan yang dipakai untuk menutupi bagian hidung dan mulut agar bisa terhindar dari partikel udara yang kotor atau menginfeksi.

Misalnya seperti ketika menghadapi pasien yang sedang batuk atau bersin-bersin karena flu. Tentu Anda tidak ingin tertular bukan?

11. Alcohol Swabs

Alkohol Swabs
Alkohol Swabs

Tisu Alkohol merupakan alat tipis yang dilapisi dengan alkohol murni yang bisa membuat steril area saat dioleskan. Produk ini sangat praktis dan mudah untuk digunakan.

Namun, mungkin untuk area yang dibersihkan akan terbatas, tidak bisa membersihkan banyak area atau toleransi kotoran yang bisa dibersihkan juga tidak boleh yang terlalu kotor.

Umumnya penggunaan alcohol swabs ini dipakai saat dokter hendak melakukan penyuntikan terhadap pasien. Area sekitar penyuntikan dibersihkan dengan menggunakan alcohol swabs ini.

12. Autoclave

Autoclave
Autoclave

Sterilisasi uap menjadi alat yang dipakai untuk membersihkan alat-alat kesehatan. Mesin ini menggunakan uap di bawah tekanan untuk membunuh bakteri, jamur, spora, virus dan lainnya. Autoclave dapat digunakan untuk mensterilkan berbagai macam perangkat medis.

Barang-barang yang akan dibersihkan diletakkan di sebuah tempat yang biasa disebut dengan nama 'chamber'. Ada 3 faktor penting untuk memastikan keberhasilan dari sterilisasi uap di sini, yaitu waktu, suhu dan kualitas dari uap itu sendiri.

13. Kotak P3K

Kotak P3K
Kotak P3K

Kotak P3K wajib disediakan karena punya peranan yang sangat penting untuk kebutuhan medis darurat dan cepat. Bukan hanya harus disediakan di dalam rumah, mobil, kantor, atau sekolah, klinik yang menjadi salah satu penyedia layanan kesehatan juga harus memiliknya.

Biasanya untuk kotak P3K sendiri terdiri dari beberapa jenis peralatan medis, yaitu seperti masker, plester, gunting, kapas, obat luka, tisu pembersih, perban, dan lainnya.

14. Spuit atau Alat Suntik

Alat Suntik
Alat Suntik

Alat suntik yaitu pompa piston sederhana yang punya fungsi untuk menyuntikkan atau menghisap cairan (gas), terdiri dari tabung dengan piston di dalamnya yang keluar dari ujung belakang.

Adapun untuk ujung depannya bisa dilengkapi dengan jarum hipodermik atau selang yang bisa membantu mengarahkan aliran ke dalam atau ke luar tabung.

Alat suntik beserta dengan jarum suntik biasanya dijual dalam satu paket yang terdiri dari 1ml, 3ml, 10ml dan lainnya.

15. Tiang Infus

Tiang Infus
Tiang Infus

Tiang Infus mempunyai fungsi yang sangat sederhana, yaitu menempatkan cairan infus yang terhubung kepada pasien. Alat ini hanya berupa tiang dengan roda penyangga yang tidak boleh terlalu licin agar bisa diam di satu posisi.

Di atasnya terdapat dua pengait yang dipakai untuk menggantungkan cairan infus atau cairan lainnya sesuai dengan kebutuhan dari pasien. Tiang infus ini juga dapat diatur untuk ketinggiannya.

16. Ranjang Pemeriksaan

Ranjang Pemeriksaan
Ranjang Pemeriksaan

Examination Table adalah perlengkapan medis yang dipakai untuk memeriksa pasien dalam posisi berbaring, baik itu terlentang atau telungkup.

Umumnya bahan yang digunakan adalah besi dengan matras empuk yang menutupinya. Ranjang ini harus dipastikan kesterilannya karena akan digunakan oleh pasien yang berbeda-beda. Petugas harus membersihkannya setiap kali ada orang yang telah menidurinya.

17. Baju Hazmat

Baju Hazmat
Baju Hazmat

Bukan hanya karena sedang musim covid-19 saja, tetapi baju hazmat juga dibutuhkan ketika terjadi sesuatu hal yang memiliki tingkat penularan tinggi dan berbahaya.

Perlindungan pribadi dokter juga sangat penting di sini. Walaupun mungkin jarang digunakan, tapi ketersediaan baju hazmat boleh dipertimbangkan sebagai langkah persiapan.

18. Palu Refleks

Palu Refleks
Palu Refleks

Alat yang menentukan kemampuan refleksi dari tubuh, terutama pada bagian lutut. Umumnya terbuat dari bahan stainless steel pada gagangnya, kemudian pada bagian hammernya berupa lapisan karet supaya tidak sakit saat dipukulkan.

Fungsi dari alat ini adalah untuk memeriksa serta menguji refleks tendon dari pasien. Pemeriksaan ini dibutuhkan untuk bagian dari neurologis agar bisa mendeteksi kelainan pada pusat atau sistem saraf parifer.

19. Pispot

Pispot
Pispot

Bedpan atau pispot merupakan wadah yang dipakai untuk pembuangan pasien yang terbaring di tempat tidur lantaran tidak bisa pergi ke toilet.

Biasanya sih pispot ini terbuat dari logam, keramik, plastik, atau gelas. Sedangkan untuk Bedpan bisa dipakai untuk keluarnya urine hingga fases.

20. Plester Luka

Plester Luka
Plester Luka

Item yang cukup penting untuk tersedia di dalam kotak P3K, tetapi juga tidak harus selalu berada di dalam kotak P3K.

Anda bisa mempersiapkannya di laci atau lemari yang berada di dalam klinik. Dengan begini, apabila sedang membutuhkannya, tidak perlu mencari ke kotak P3K.

21. Aplikasi Klinik

Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik

Lho, apa ini? Kan aplikasi jatuhnya bukan peralatan medis? Iya benar sih! Tetapi rasanya ini menjadi salah satu syarat untuk klinik bisa dinyatakan berstandar baik. Apabila ada klinik yang sudah mempunyai peralatan medis lengkap dan canggih, tapi kalau sistem dan manajemennya masih dilakukan secara manual, bisa terbayang dong betapa buruknya pelayanan klinik nantinya.

Oleh karena itu, aplikasi klinik sepertinya wajib dimasukkan ke dalam list, walaupun pada peringkat akhir karena perbedaan konteks.

Kenapa Aplikasi Klinik Dibutuhkan?

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Berapa Biaya yang harus dikeluarkan untuk Aplikasi Klinik?

Jika Anda mengetik di google dengan kata kunci 'berapa harga aplikasi klinik', maka pasti akan muncul sejumlah aplikasi yang dijual di situs e-comerce.

Sebenarnya bukan bermaksud untuk mengacaukan rejeki orang lain, namun di sini juga perlu untuk diketahui bahwa kalau Anda serius dengan bisnis klinik yang sedang Anda jalankan, jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis aplikasi klinik seperti itu.

Kisaran harga aplikasi klinik yang muncul di sana berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Percayalah! Anda kemungkinan akan menyesal setelah membelinya karena bukan itu yang dibutuhkan oleh klinik Anda.

Apa masalahnya?

  • Aplikasi tidak canggih dan modern
  • Terdapat banyak bug
  • Kalau ada problem, bingung mau hubungi kemana
  • Tidak ada jaminan keamanan untuk data yang ada di dalam aplikasi

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk aplikasi klinik yang bergengsi justru akan memberikan programnya dengan harga yang sangat tidak terduga, yaitu gratis.

Ya! Ini bukan bohongan! Aplikasi klinik yang bagus bukan yang memiliki harga jual, tetapi justru yang gratis. Kok bisa?

Maka dari itu mungkin Anda harus mengetahui sebuah aplikasi bernama Mejadokter yang siap untuk memberikan aplikasi kliniknya untuk Anda secara gratis.

Mejadokter
Mejadokter

Kenapa harus Mejadokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Terbaik dari Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Note: Aplikasi ini gratis pemasangan!

Bacaan Lainnya

Cara melihat Klinik yang Terdaftar di PeduliLindungi
Klinik
Cara melihat Klinik yang Terdaftar di PeduliLindungi
17 Alat yang Wajib Ada di Klinik Gigi
Klinik
17 Alat yang Wajib Ada di Klinik Gigi
Persyaratan Pendirian Klinik Utama atau Pratama, Dokter Wajib Tahu Sih
Klinik
Persyaratan Pendirian Klinik Utama atau Pratama, Dokter Wajib Tahu Sih

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.