ARTIKEL

Apa itu Kartu Stok Obat? Bagaimana Cara Membuatnya?

🕐 Baca 4 menit

Kalau dari orang farmasi, biasanya akan sangat familiar dengan yang namanya 'Kartu Stok Obat'. Apakah Anda juga mengetahuinya?

Ya! Ini merupakan cara lama yang saat ini sudah mulai ditinggalkan. Kalau Anda masih belum mengetahuinya, kartu stok obat ini adalah sebuah catatan yang dijadikan pengendali persediaan obat.

Kartu stok obat ini akan selalu diperbaharui secara berkala setiap terjadi pergerakan obat di apotek. Supaya lebih bisa memahami tentang fungsi dari kartu ini, maka Mejadokter.com akan menjelaskan pada artikel berikut!

Fungsi Kartu Stok Obat

Kartu stok punya banyak sekali fungsi untuk kelancaran operasional apotek. Kartu ini biasanya akan digunakan untuk mengetahui jumlah obat yang dimiliki oleh sebuah apotek.

Fungsi utama dari kartu stok adalah untuk bisa melakukan pencatatan mutasi obat mulai dari penerimaan, kehilangan, kerusakan, kadaluwarsa, hingga pengeluaran.

Catatan dari mutasi satu jenis obat yang berasal dari sebuah sumber dana yang sama wajib untuk dicantumkan dalam satu kartu stok. Kalau ada banyak catatan mutasi berbagai jenis obat, maka Anda wajib untuk membuat banyak kartu stok.

Selanjutnya untuk data yang terdapat di dalam kartu stok juga bakal dipakai untuk menyusun laporan, perencanaan pengadaan hingga distribusi obat. Selain itu juga akan dipakai sebagai pembanding keadaan fisik obat di dalam tempat penyimpanannya.

Pembuatan dari kartu stok obat ini wajib dilakukan setiap hari karena mutasi dari obat juga terjadi setiap hari saat ada pembelian ataupun penjualan.

Kenapa sih kok harus begitu? Hal ini sudah pasti lantaran kartu stok obat punya fungsi untuk mengetahui jumlah dan jenis obat yang masih dipunyai oleh apotek. So, ketika ada pembelian dalam jumlah yang sedikit juga harus dilakukan pencatatan dan perhitungan pada stok yang kita punya.

Pergerakan Obat

Kartu stok ini juga mempunyai peran yang sangat penting untuk perhitungan jumlah stok obat yang ada di apotek. Dengan begini, Anda bisa mengetahui untuk jenis obat yang pergerakannya sedang cepat, sedang dan lambat.

Akhir bulan, kartu ini akan menjadi data yang sangat penting untuk mengetahui jumlah penjualan atau pembelian dari pasien.

Cara Membuat Kartu Stok Obat

Anda harus membuat kartu stok obat di apotek agar bisa menjaga kelancaran distribusi obat yang dipunya. Kartu stok ini punya data seperti nama obat, jumlah satuan, dan berasal dari mana. Kartu stok obat ini ditaruh bersama dengan obat di gudang penyimpanan.

Dengan menggunakan kertas, Anda bisa menuliskan judul kartu stok pada bagian tengah. Lalu diikuti dengan nama obat, kemasan, jumlah satuan, isi kemasan dan lokasi penyimpanan.

Lalu Anda bisa mencantumkan juga tentang harga obat per-kemasannya. Kalau sudah, maka Anda bisa membuat kolom yang berisikan tanggal penerimaan atau pengeluaran, nomor dokumen pengeluaran atau penerimaan, asal dari obat dan kepada siapa ditujukan, nomor batch atau nomor lot, tanggal kadaluwarsa, jumlah dari penerimaan dan pengeluaran, sisa stok obat yang ada di gudang penyimpanan dan tandatangan dari pegawai yang membuat laporan kartu stok obat ini.

Kartu Stok Obat sudah Ketinggalan Jaman

Seperti sudah disinggung sedikit sebelumnya bahwa untuk kartu stok obat bukan lagi jamannya untuk digunakan. Jadul banget!

Sekarang Anda bisa membuat pengganti kartu stok obat yang jauh lebih modern. Bukan hanya canggih, melainkan mudah untuk digunakan. Selain efisien dan juga efektif bisa mengetahui stok obat lebih mudah.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu melakukan pemasangan berupa aplikasi klinik bernama mejadokter. Lho, bayar dong?

Tenang saja! Mejadokter merupakan aplikasi klinik yang disediakan untuk Anda secara gratis. Anda bisa menggunakan aplikasi canggih tanpa perlu keluar biaya untuk membelinya.

Cara Kerja Sistem Stok Obat Mejadokter

Jika Anda menggunakan aplikasi mejadokter, maka stok obat akan terhubung secara langsung ke sistem penjualan dan halaman rekam medis dari dokter.

Dengan begini, dokter tidak akan melakukan kesalahan untuk pemberian resep obat yang mungkin saja tidak tersedia di apotek klinik.

Sistem manajemen stok yang ada di mejadokter bakal memantau pergerakan obat 'fast-moving' agar bis amenghindari belanja obat yang berlebihan atau mengetahui obat-obat kadaluwarsa.

Tak hanya itu saja, sistem daftar pembelanjaan otomatis juga tersedia di sini. Aplikasi mejadokter akan mengingatkan tentang obat-obat yang sudah hampir habis atau out of stock.

Kemudian aplikasi juga akan membuatkan daftar belanja otomatis yang bisa langsung digunakan untuk pembelian obat-obat baru.

Selanjutnya aplikasi mejadokter juga menyediakan berupa resep obat yang biasa digunakan untuk pemeriksaan rekam medis. Pokoknya mejadokter memberikan banyak sekali kemudahan untuk Anda.

Bukan hanya itu saja, selain stok obat, mejadokter bisa membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai macam aktivitas di klinik, mulai dari pendaftaran pasien, penanganan pengobatan, rekam medis, dan lain sebagainya.

Mejadokter sudah terbukti bisa memberikan kemudahan kepada sistem dan manajemen yang ada di klinik. Hal ini bisa dilihat dari sejumlah owner yang telah mempercayakan kliniknya untuk menggunakan aplikasi mejadokter.

Hingga saat ini diketahui saat artikel diturunkan, mejadokter sudah mendapatkan pelanggan sebanyak 11 klinik yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Bukti lanjutan bahwa aplikasi mejadokter memang terbukti bisa membantu klinik untuk menyelesaikan banyak permasalahnnya, klinik-klinik tersebut sudah menggunakan aplikasi mejadokter dengan kurun waktu yang lumayan lama.

Kalau mereka merasa tidak puas dengan mejadokter, tentu saja mereka akan mengganti aplikasi klinik dengan yang lainnya. Namun, mereka tidak melakukannya!

Ini membuktikan bahwa untuk mejadokter berhasil memberikan pelayanan terbaik untuk klinik mereka. Pasien yang datang pun merasa terbantu karena klinik menggunakan aplikasi modern yang bagus.

Apalagi mengingat bahwa aplikasi sebagus mejadokter justru bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan kocek sepeserpun. Anda bisa melakukan pemasangan aplikasi mejadokter tanpa biaya alias gratis!

Anda hanya harus menghubungi pihak dari mejadokter untuk melakukan pemasangan. Nanti pihak dari mejadokter akan memberikan panduan khusus sampai tuntas agar aplikasi bisa dijalankan di kliniknya.

Tidak akan Menyesal

Garansi yang dapat diberikan oleh pihak mejadokter adalah Anda sebagai owner klinik tidak akan menyesal ketika mempercayakannya pada aplikasi mejadokter.

Aplikasi mejadokter sudah terbukti sebagai software yang memiliki sedikit dan atau jarang mengalami masalah. Kalaupun ada problem yang terjadi, pihak dari mejadokter akan standby untuk memberikan bantuan teknis.

Jadi buat Anda sebagai pemilik klinik sama sekali tidak perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi pada klinik Anda setelah menggunakan aplikasi mejadokter. Pasti akan positif!

Selain gratis, aplikasi mejadokter juga sangat mudah untuk digunakan karena mengingat bahwa fasilitas kesehatan harus menggunakan platform yang easy to use.

Pegawai yang baru bekerja pun juga sudah bisa menggunakan aplikasi tanpa harus banyak belajar tutorial cara memakai aplikasi dari mejadokter. Benar-benar tidak ada kekurangan sama sekali ya?

Bacaan Lainnya

Obat Penenang 'Psikotropika' yang Bisa Dibeli di Apotek
Obat
Obat Penenang 'Psikotropika' yang Bisa Dibeli di Apotek
Harga Obat Tramadol, Cara Kerja hingga Efek Samping Berbahaya
Obat
Harga Obat Tramadol, Cara Kerja hingga Efek Samping Berbahaya
Apa itu Kartu Stok Obat? Bagaimana Cara Membuatnya?
Obat
Apa itu Kartu Stok Obat? Bagaimana Cara Membuatnya?

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.