ARTIKEL

Buka Klinik Gigi, Dokter Kerja Full-time atau Part-time?

ūüēź Baca 6 menit

Sesuai dengan janji sebelumnya dalam tulisan tentang Berapa Biaya Mendirikan Klinik Gigi, Mejadokter.com kali ini akan membahas tentang untuk apakah seorang dokter harus menjalani full time sebagai dokter di klinik gigi sendiri atau masih part-time di rumah sakit atau klinik dokter gigi lainnya.

Hmm, pembahasan yang cukup berat ya karena pilihannya cukup membingungkan dan mempunyai tanggungjawab besar.

Tekad Membuka Klinik Gigi

Pada waktu memutuskan untuk membuka usaha berupa klinik gigi maka akan muncul sebuah masalah yang membutuhkan tekad besar untuk menjalankannya. Baik dari sisi pribadi hingga kerabat dan keluarga terdekat.

Permasalahan akan meruncing saat Anda dihadapkan pada pilihan apakah hendak menjalankan usaha klinik gigi secara penuh (full-time) atau masih terbagi dengan jadwal praktek di tempat lainnya.

Keputusan ini harus dipikirkan secara matang dengan cara mempertimbangkan sejumlah aspek yang tersedia. Adapun untuk aspek yang dimaksud juga akan berbeda di setiap orang.

Maka dari itu perlu membuat sebuah pertimbangan sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri.

1. Modal membuat klinik gigi

Biaya untuk membangun klinik gigi menjadi salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan karena di sini menjadi awal dari pembuatannya. Mulai dari sumber modal, jumlah biaya, dan operasional yang dibutuhkan.

Tentu saja akan menjadi lebih ringan ketika semua modal yang dikeluarkan berasal dari kocek tabungan sendiri. Mungkin akan menjadi sedikit lebih merepotkan ketika biaya tersebut dikeluarkan oleh pihak ketiga.

Beban di dalam aspek permodalan akan menjadi lebih besar ketika biaya dikeluarkan oleh orang lain, apakah itu berasal dari suami/istri, orangtua, keluarga, teman atau pihak lainnya.

Meskipun pemberian modal ini tidak terikat mengenai pengembaliannya, tetap saja akan ada perhitungan tersendiri untuk pemberi modal.

Kondisinya adalah pada waktu Anda mengeluarkan biaya modal pembangunan klinik dari orang lain, maka Anda harus memperhitungkan semuanya lebih kompleks.

Dianjurkan untuk Anda agar tetap mengambil jadwal praktek di rumah sakit atau klinik dokter gigi lainnya supaya bisa mendapatkan pendapatan di luar dari omset klinik.

Tentu saja mengenai waktu dan tenaga akan dikeluarkan lebih banyak, Anda harus mengeluarkan 'effort' yang lebih paling tidak sampai dengan kurun waktu tertentu.

Perjuangan yang Anda lakukan harus diarahkan kepada pengembangan klinik agar bisa menjadi lebih maju dan ramai. Tentu saja caranya adalah dengan mengalokasikan banyak dana tambahan untuk mengembangkannya.

Misalnya dengan cara pengadaan alat-alat baru yang lebih modern dan canggih, melengkapi semua kebutuhan klinik, memberikan kesejahteraan yang layak untuk para pegawai agar bisa melayani pasien klinik dengan pelayanan yang baik.

Proses ini tentu saja wajib untuk Anda lewati agar bisa mendapatkan kepastian dalam kesuksesan finansial dalam pengelolaan klinik gigi.

Namun, apabila biaya yang dikeluarkan untuk modal pembangunan klinik gigi berasal dari tabungan sendiri yang memang sudah tidak ingin menghabiskan banyak waktu dengan bekerja, maka sudah bisa dipastikan Anda akan mengelola klinik gigi secara full time.

Yang terpenting di sini adalah Anda harus memperhatikan secara baik untuk pengembangan klinik tersebut. Tentu akan menjadi sangat disayangkan kalau Anda sudah bekerja secara full time di klinik, tapi Anda menjalankannya dengan setengah hati.

2. Sumber Penghasilan

Faktor kedua adalah sumber penghasilan yang Anda miliki. Apakah Anda mempunyai pendapatan-pendapatan lain di luar dunia klinik atau tidak.

Jika Anda mempunyai sumber penghasilan lain, misalnya seperti bisnis properti, kuliner, dagang, proyek, atau pendapatan lain yang sudah mapan, maka Anda bisa memfokuskan diri untuk bekerja secara full time di klinik.

Kalau satu-satunya pendapatan utama Anda berasal dari bekerja sebagai dokter gigi, maka Anda harus mempertimbangkan kembali untuk bekerja secara full time di klinik yang baru saja Anda rintis. Risikonya terlalu besar!

3. Waktu Praktek

Untuk dokter gigi yang bekerja secara full time, biasanya akan membagi waktu prakteknya menjadi 2 sesi, yaitu pada pagi hari dan sore atau malam hari. Tentu saja alasannya adalah agar mendapatkan waktu istirahat diantara sesi tersebut.

Sedangkan untuk dokter gigi yang bekerja secara part time di rumah sakit atau klinik gigi lainnya maka akan mempunyai waktu luang yang lebih sedikit.

Banyaknya waktu praktek ini akan berpengaruh besar pada jumlah pasien yang dapat dilayani oleh seorang dokter gigi. Jumlah pasien ini tentu akan berdampak langsung kepada penghasilan dokter gigi tersebut.

Terkait dengan penghasilan, dokter gigi yang bekerja secara full time di klinik sendiri akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar karena bisa membuka dua sesi, yaitu pagi-sore/malam. Tapi dengan catatan kalau untuk pengunjung kliniknya ramai ya.

Namun apabila baru saja merintis klinik baru, rasanya jumlah pasien bisa dipastikan belum bisa diandalkan secara finansial.

Sedangkan untuk dokter gigi yang bekerja part time di klinik sendiri, lalu mengambil jadwal praktek di rumah sakit atau klinik dokter gigi lainnya akan mendapatkan income yang bercabang.

Hanya saja mungkin untuk dokter gigi yang bekerja secara parti time ini akan membutuhkan stamina dan semangat juang yang tinggi untuk menjalaninya.

4. Break Even Point (BEP)

Waktu pengembalian modal yang dikeluarkan untuk membangun klinik harus dihitung secara matang agar klinik dapat berjalan dengan arah yang jelas.

Investasi merupakan sebuah nilai uang yang digunakan untuk membangun klinik dokter gigi. Oleh karena itu, kalau disesuaikan dengan aturan bisnis, investasi harus dikembalikan sesuai dengan waktu yang telah 'direncanakan'.

Semua biaya  atau modal yang dikeluarkan untuk urusan pembangunan klinik dokter gigi harus dikembalikan secara utuh agar bisa mulai menghitung keuntungan yang akan didapatkan di masa depan.

Break Even Point (BEP) atau waktu pengembalian modal direncanakan pada awal pembuatan klinik dokter gigi. Perhitungannya pun tidak bisa sembarangan karena membutuhkan perencanaan yang matang. Jika perlu, Anda turut melibatkan ahli yang memahami secara betul tentang bagaimana perhitungan BEP ini.

Penghitungan pengembalian modal ini ternyata juga bisa dilakukan dengan sangat mudah ketika Anda menggunakan aplikasi klinik sebagai sistem pengelolaan administrasi dan manajemennya.

Apalagi saat ini ada banyak sekali aplikasi klinik yang semakin bersaing untuk memberikan fitur-fitur menarik bagi para pemilik klinik.

Kenapa Aplikasi Klinik menjadi sangat penting?

Apapun jenis kliniknya pasti akan mempunyai tujuan yang serupa, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien yang datang.

Oleh karena itu, maka banyak dari klinik di luar sana yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien mereka.

Sedangkan belakangan ini cukup banyak klinik yang sudah mempercayakan sistem pengelolaan kliniknya dengan menggunakan aplikasi.

Tentu saja untuk alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut bukan tanpa sebab, namun memang karena saat ini kebutuhan akan aplikasi klinik menjadi sangat tinggi.

Aplikasi klinik sudah terbukti bisa memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan klinik. Aplikasi klinik bisa membantu setiap pekerjaan yang sebelumnya merepotkan, menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Saat ini ada cukup banyak jenis aplikasi klinik yang beredar di publik dan hal ini membuat Anda menjadi sulit untuk menentukan, hendak menggunakan aplikasi klinik yang seperti apa.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan merekomendasikan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter yang menjadi program terpercaya dan layak sekali untuk Anda gunakan di klinik.

Aplikasi Mejadokter
Aplikasi Mejadokter

Apa itu Meja Dokter?

MejaDokter merupakan aplikasi pencatatan history untuk rekam medis pasien yang telah terintegrasi secara otomatis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh klinik dengan menggunakan aplikasi MejaDokter. Adapun beberapa manfaat aplikasi MejaDokter bisa dilihat pada poin di bawah ini:

1. Automasi

Sistem yang digunakan oleh aplikasi klinik MejaDokter sudah bersifat automasi atau dengan kata lain mayoritas terintegrasi secara otomatis.

Tentu saja dengan begini akan sangat mempermudah pekerjaan dari pegawai klinik. Pencatatan hingga pelaporan pun bisa dilakukan dengan sangat gampang sekarang.

2. Fitur Pengelolaan

Bukan hanya serba otomatis saja, tetapi aplikasi klini MejaDokter menyediakan banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa digunakan untuk mengelola klinik.

Anda tidak perlu repot lagi dengan bagaimana cara menjalankan klinik karena semuanya sudah termasuk di dalam aplikasi MejaDokter ini.

Misalnya seperti antrian pasien, manajemen data master, rekam medis, pelaporan, dan lain sebagainya yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

3. Keamanan Data

Salah satu kekurangan dari aplikasi klinik yang tidak profesional adalah tentang keamanan data yang bisa saja terancam. Namun hal ini tidak akan berlaku untuk MejaDokter karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaik yang dapat menjaga keamanan data pasien dan klinik.

Data tersebut disimpan dan dienkripsi hingga tidak ada satu pun orang yang bisa membukanya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya.

Fitur Mejadokter

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mejadokter dibanding dengan aplikasi klinik lainnya, sekarang kita akan masuk ke beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Mejadokter.

Adapun fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekam Medis

Kini Anda tidak perlu lagi pusing membuat daftar antrien pasien, perekaman asuhan keperawatan untuk pemeriksaan awal pasien lalu pasien tersebut bisa diperiksa oleh dokter untuk merekam keluhan, pendiagnosaan, memberikan arahan untuk rencana rujukan atau rawat inap atau tindakan lainnya. Selanjutnya semua dicatat secara otomatis di history rekam medis pasien yang hebatnya lagi bisa diselesaikan sampai tahap farmasi serta transaksi akhir.

Poin yang termasuk ke dalam fitur rekam medis adalah seperti antrian pasien, asuhan keperawatan, catatan dokter (riwayat penyakit), farmasi dan transaksi.

2. Manajemen Data Master

Pengelolaan semua data yang berceceran pada sebuah platform mulai dari menambahkan data dokter, perawat, pasien, pegawai, sampai dengan obat dan lainnya yang dibutuhkan.

3. Point Of Sale

Pelaporan dan pembukuan untuk akuntan usaha klinik supaya tidak lagi pusing dengan banyak aplikasi yang terpisah. Ini menjadi salah satu keunggulan yang pasti sangat dibutuhkan oleh pemilik klinik.

Misalnya saja seperti proses refund atau pengembalian barang dan pencarian data yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu juga untuk penggunaannya sangat mudah, siapapun bisa menggunakannya dengan gampang.

4. Auto Report

Fitur selanjutnya adalah laporan yang bisa dikeluarkan secara otomatis tanpa harus dicatat kembali secara manual. Anda bisa mengeluarkan laporan yang ada di aplikasi kapan saja, bahkan juga bisa langsung mengirimkannya via email.

Sebenarnya ada banyak sekali yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MejaDokter ini. Anda pun juga bisa melakukan request fitur-fitur baru yang sekiranya dibutuhkan oleh klinik. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda langsung menghubungi pihak dari MejaDokter secara langsung.

Hubungi

  • Email: admin@mejadokter.com
  • Phone: +6281999620213
  • Alamat: Jalan Pulau Menjangan No. 61a, Banyuning Selatan, Singaraja, Bali

Bacaan Lainnya

Dokter Gigi dan Jenis Spesialisasi yang Penting Diketahui
Dokter
Dokter Gigi dan Jenis Spesialisasi yang Penting Diketahui
Buka Klinik Gigi, Dokter Kerja Full-time atau Part-time?
Dokter
Buka Klinik Gigi, Dokter Kerja Full-time atau Part-time?

Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.

  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Mejadokter adalah sebuah aplikasi klinik gratis untuk pencatatan history rekam medis pasien yang terintegrasi.