ilustrasi halaman detail

ARTIKEL

Tingkatkan Pelayanan Klinik dengan Aplikasi, Ini Rekomendasinya

🕐 Baca 4 menit📅 06 June 2023 03:59

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi digital telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk dalam sektor kesehatan.

Salah satu inovasi terkini adalah munculnya aplikasi klinik, yang mengubah cara kita mengakses layanan kesehatan dan mengelola perawatan medis kita.

Pada kesempatan kali ini, mejadokter.com akan menjelaskan tentang aplikasi klinik, manfaatnya, dan dampaknya dalam dunia kesehatan.

Pada umumnya, ketika seseorang membutuhkan perawatan medis, mereka harus pergi langsung ke klinik atau rumah sakit. Namun, dengan kemajuan teknologi, kita sekarang dapat mengakses layanan kesehatan melalui aplikasi klinik yang terhubung dengan dokter dan tenaga medis profesional.

Aplikasi klinik ini menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mengatur janji temu, berkonsultasi dengan dokter, memantau kondisi kesehatan, dan bahkan mendapatkan resep obat.

Manfaat Aplikasi Klinik

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik klinik saat menerapkan sistem aplikasi di dalam manajemennya. Adapun perlu pembaca mejadokter.com ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kemudahan Akses

Aplikasi klinik memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun dan di mana pun mereka berada. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki mobilitas terbatas.

Efisiensi Waktu

Dengan aplikasi klinik, tidak perlu mengantri di klinik atau rumah sakit. Pengguna dapat membuat janji temu dengan dokter sesuai ketersediaan waktu mereka, menghemat waktu berharga mereka.

Konsultasi Jarak Jauh

Aplikasi klinik memungkinkan konsultasi medis jarak jauh melalui video call atau chat. Ini menghilangkan hambatan geografis dan memungkinkan akses ke dokter spesialis yang mungkin sulit dijangkau secara fisik.

Monitoring Kesehatan

Beberapa aplikasi klinik menyediakan fitur pemantauan kesehatan yang memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi mereka sendiri, seperti tekanan darah, kadar gula darah, atau denyut jantung. Ini membantu dalam deteksi dini masalah kesehatan dan manajemen perawatan.

Manajemen Rekam Medis

Aplikasi klinik memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola rekam medis mereka dengan aman. Ini memudahkan akses dan berbagi informasi medis dengan dokter atau spesialis yang berbeda.

Dampak dalam Dunia Kesehatan

Aplikasi klinik telah mengubah cara kita berinteraksi dengan layanan kesehatan. Dampaknya mencakup:

Peningkatan Aksesibilitas

Aplikasi klinik memperluas akses ke layanan kesehatan bagi individu yang sebelumnya sulit mendapatkan perawatan medis.

Pengurangan Beban Sistem Kesehatan

Dengan menggunakan aplikasi klinik, sebagian dari beban kunjungan fisik ke fasilitas kesehatan, aplikasi klinik dapat membantu mengurangi antrian panjang di klinik dan rumah sakit.

Ini memungkinkan fokus lebih pada pasien yang membutuhkan perawatan langsung dan mengurangi waktu tunggu untuk konsultasi rutin atau masalah kesehatan umum.

Peningkatan Efisiensi

Dengan menggunakan aplikasi klinik, proses administrasi seperti pendaftaran, pengisian formulir, dan pembayaran dapat dilakukan secara digital. Ini mengurangi birokrasi yang tidak perlu dan mempercepat proses administrasi, sehingga mengoptimalkan waktu dan sumber daya kesehatan yang ada.

Peningkatan Kepatuhan Terhadap Pengobatan

Aplikasi klinik dapat mengingatkan pengguna tentang jadwal pengobatan mereka, mengirimkan pengingat obat, dan memberikan informasi penting tentang dosis dan efek samping. Hal ini membantu meningkatkan kepatuhan pengguna terhadap pengobatan mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil kesehatan.

Edukasi Kesehatan

Banyak aplikasi klinik juga menyediakan sumber daya edukatif tentang kesehatan dan penyakit tertentu. Pengguna dapat mengakses artikel, video, atau panduan yang membantu mereka memahami kondisi kesehatan mereka dan mengambil keputusan yang lebih baik terkait perawatan dan gaya hidup.

Aplikasi klinik telah membawa perubahan besar dalam industri kesehatan, memberikan akses yang lebih mudah dan efisien ke layanan kesehatan.

Dengan kemajuan teknologi, aplikasi klinik terus berkembang dan menghadirkan fitur-fitur baru yang memperbaiki cara kita merawat kesehatan kita.

Namun, penting untuk memastikan bahwa keamanan data dan kualitas pelayanan tetap menjadi fokus dalam pengembangan aplikasi klinik. Dengan semakin luasnya penggunaan aplikasi klinik, masa depan perawatan kesehatan dapat menjadi lebih terjangkau, efisien, dan terintegrasi secara digital.

Aplikasi Klinik Terbaik

Setelah mengetahui peran penting dari aplikasi klinik, maka selanjutnya Anda juga harus mengetahui kalau pemilihan aplikasi klinik apa yang ingin dipilih juga menjadi sangat penting.

Oleh karena itu, kami ingin menawarkan sebuah aplikasi klinik bernama Mejadokter. Lalu, apa saja sih yang menjadi keunggulan dari mejadokter hingga menjadi aplikasi klinik terbaik? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

a. Rekam Medis

Dengan menggunakan aplikasi mejadokter, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang sejumlah masalah yang sering terjadi saat antrian pasien, perekaman asuhan keperawatan dan permasalahan serupa lainnya.

Pendaftaran pasien akan sesuai dengan poli yang dituju dengan satu journey yang lurus dan jelas. Saat pembuatan data pasien juga bisa dilakukan dengan mudah.

Ketika melakukan asuhan keperawatan, perawat dapat mengurangi pekerjaan dokter dengan melakukan pemeriksaan awal untuk menanyakan keterangan dari pasien.

Pencatatan Catatan Dokter atau SOAP, Riwayat Penyakit, Alergi Pasien juga telah bisa dilakukan pembuatan file medis pasien dengan standar ICD 10.

Mengenai resep dari dokter, resume hingga surat keterangan sehat dan sakit juga sangat mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mejadokter.

b. Manajemen Data

Ini termasuk diantaranya untuk manajemen data dokter, perawat, pegawai, pasien, rumah sakit, dan lain-lainnya.

c. Point Of Sales

Pembukuan dan pelaporan untuk akuntan usaha klinik akan bisa dibuat dengan sangat mudah karena aplikasi hanya menggunakan satu, yaitu mejadokter.

Di sini, Anda bisa melakukan proses refund atau pengembalian barang secara otomatis. Proses pencarian juga sangat mudah dilakukan karena menggunakan sistem User-Friendly.

Perubahan resep akan dilakukan sesuai dengan ketersediaan stok obat. Ini nantinya juga akan tercantum ke dalam penatatan rekam medis pasien.

d. Buat Laporan Otomatis

Anda tidak perlu lagi repot dengan mengambil data manual satu per-satu pada setiap platform untuk membuat laporan.

Dengan menggunakan aplikasi mejadokter, Anda bisa membuat laporan secara otomatis, baik itu mingguan ataupun bulanan.

Format untuk pelaporan akan menggunakan aplikasi microsoft excel. Data akan dibuat dalam waktu yang sangat cepat.

Tak cuma itu, Anda juga bisa membuat auto report secara daily dengan ssitem pengaturan otomatis yang bisa dikirim ke email.

e. Laboratorium

Mitra dari Mejadokter bisa mengirimkan tautan ke pihak laboratorium agar mengunggah hasil dari pengujian labnya. Kemudian, nantinya akan diteruskan kepada pasien klinik.

Validasi bisa dilakukan dengan QR Code yang tentu saja akan memudahkan pasien. Laporan pun juga bisa dibuat dengan sangat mudah.

Mitra bisa menerbitkan dokumen verifikasi supaya dapat diakses lewat perambah web oleh pasien klinik. Canggih kan?

Laboratorium akan menerima tauran yang digunakan untuk mengunggah hasil pemeriksaan sampel laboratorium.

f. Stok Obat

Sistem penjualan akan langsung terhubung dengan manajemen stok obat serta halaman rekam medis dari dokter.

Dengan begini, dokter tidak akan mungkin salah dalam embuat resep obat yang tak tersedia di dalam apotek klinik.

Manajemen stok obat juga akan bergerak dengan sistem fast-moving untuk menghindari belanja obat yang berlebihan.

Mitra juga akan mendapatkan pengingat kalau ada obat yang sudah mau habis hingga dibuatkan daftar belanja obat.

Bacaan Lainnya

Rekam Medis Elektronik untuk Puskesmas
Aplikasi Klinik
Rekam Medis Elektronik untuk Puskesmas
Diterbitkan: 15 January 2024 01:55
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Praktik Fisioterapi
Aplikasi Klinik
Manfaat Aplikasi Klinik untuk Praktik Fisioterapi
Diterbitkan: 20 August 2023 04:40
Tingkatkan Pelayanan Klinik dengan Aplikasi, Ini Rekomendasinya
Aplikasi Klinik
Tingkatkan Pelayanan Klinik dengan Aplikasi, Ini Rekomendasinya
Diterbitkan: 06 June 2023 01:31
Jadi tunggu apa lagi? Segera request akses Mejadokter.
  • Keamanan data sangat terjamin
  • Banyak fitur bermanfaat
  • Sangat mudah dioperasikan
mejadokter

Rekam medis elektronik untuk Fasyankes, terintegrasi satusehat, bridging BPJS PCARE dan antrean online mobile JKN, akreditasi paripurna dengan mejadokter